New Post Category: Student Developer Days

Published 17 April 05 12:20 AM | adrian

Please bookmark this link for latest update on Student Developer Days.

Student Developer Days akan diadakan (tentatif) pada akhir bulan Juli (berhubung rencana pernikahan Mas Risman (gosip... gosip..., ayo diklarifikasi!) atau awal Agustus sebelum awal kuliah. Waktunya yang dipilih dengan pertimbangan ada cukup waktu untuk persiapan serta waktu tersebut adalah akhir liburan, jadi dapat menarik lebih banyak peserta.

Untuk temanya, akan berkisar sekitar ".NET Technologies in Real Life Companies". Bisa diterjemahkan menjadi penggunaan, perencanaan, serta potensi .NET di dalam perusahaan-perusahaan IT.

Acara akan dibagi menjadi beberapa topik, untuk sementara sebagai berikut:
1. Starter Pack
Bagian ini akan meliputi pengenalan dasar mengenai .NET Framework serta Visual Studio IDE. Bagian ini difokuskan pada orang-orang yang benar-benar baru belajar .NET. Untuk bagian ini akan disediakan self-paced hands-on laboratory, yang akan dibimbing oleh instruktur yang kompeten.

2. Migration Pack
Bagian ini akan meliputi perubahan/perbedaan dengan konsep programming yang terdahulu (i.e. "Visual Basic 6 Migration"), jadi peserta dianggap sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai pemrograman, baik dengan teknologi Microsoft atau non-Microsoft. Bagian ini akan disertai dengan studi kasus keadaan real-world, aplikasi yang sudah diport ke .NET, apa latar belakang, masalah, serta hasilnya.

3. Architecture Pack
A good code without a good architecture is like building materials without a blueprint (my own quote). Pengenalan OOAD, Design Patterns, serta Best Practices perlu sedini mungkin diperkenalkan kepada para pelajar. Dengan menggunakan pengetahuan berdasarkan pengalaman, maka kita dapat belajar lebih cepat tanpa perlu mengulang pengalaman tersebut. Experience is the best teacher. Bagian ini akan difokuskan pada pentingnya sebuah arsitektur ketika merancang sebuah aplikasi serta perbandingan antara pengembangan aplikasi dengan arsitektur dan tanpa arsitektur.

4. Community Update Pack
Bagian ini akan meliputi kegiatan-kegiatan komunitas yang dapat diikuti oleh para peserta. Hot topics are Indonesia .NET Developer Community program and projects, Student Ambassador program, serta Imagine Cup 2005 (tidak ketinggalan persiapan untuk Imagine Cup 2006). Bagian ini purely tentang community, knowledge sharing, and important informations.

5. Partner/Technology Update Pack
Bagian ini akan meliputi perkembangan terakhir yang terjadi pada teknologi Microsoft, seperti .NET Framework 2.0 serta Windows Longhorn. Selain itu, bagian ini pula dapat dimanfaatkan oleh vendor-vendor yang sedang mencari fresh graduate untuk rekrutmen. Just tell the audience what qualification you need, and let them find your company. All in one place at one time.

6. Developer Competition (low probability)
Untuk menambah aspek interaksi antar pelajar, dapat pula diadakan suatu kompetisi kecil yang berkaitan dengan Software Development secara umum. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh pelajar, sedapat mungkin menggunakan teknologi .NET yang dapat dilatih sebelumnya pada hands-on laboratory.

That's it for today, if you have anything to say or ideas, please put them on the comments section. We'll see you on the Student Developer Days...

Share this post: | | | |

Comments

# adrian said on April 27, 2005 12:09 AM:

dude, can you please make it in weekend? So you can do it 2 days straight Saturday and Sunday. So I can nebeng temen ane pulang Bandung :p