Bernad Pakpahan Blog

real Geek or young Entrepreneur?
See also: Other Geeks@INDC

November 2007 - Posts

DotNetNuke market share
Karena sedang jatuh cinta ama DNN.Aku tadi malam mengadakan research kecil-kecilan tentang DNN market share.Metode yang digunakan adalah seberapa banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan DNN untuk bisnis mereka.  Tool yang aku gunakan untuk mengambil sampling bukan wawancara, kuisiner atau pooling tapi Google. Lho kok google sih...Karena dari google kita bisa indeks portal-portal yang menggunakan DNN. Keyword yang  aku gunakan adalah "FriendlyUrl"nya DNN yaitu tabid. Hasilnya adalah sebagai berikut. 

Sebenarnya ada banyak  portal yang belum disebutkan diatas. Namun aku hanya mengambil  sample dari perusahaan dan instusi penting. Harus diakui popularitas DNN tidak sepopuler open source portal lainnya seperti joomla atau mambo. Namun jika dilihat dari perkembangannya jumlah pengguna DNN semakin lama akan cepat meningkat. Hal ini dilihat dari semakin banyak perusahaan besar seperti BEJ, BNI dan PLN yang menggunakan. Sehingga perkembangan akan mengarah ke perusahaan dengan skala menengah keatas. Ini adalah potensi bisnis!

  Issue clasic yang sering dikemukan adalah hosting cost yang tinggi karena yang gratis cuma portalnya saja (tidak termasuk konsultasi). OS dan dan mungkin databasenya harus license. Mungkin karena database bisa saja SQL Server Express. Meski mana ada hosting yang databasenya SQL Server express.Meskipun demikian DNN memiliki kelebihan dibandingkan dengan CMS lainnya karena DNN bukan hanya CMS tapi juga framework sehingga custom development akan sangat mudah dan professional karena dibangun kaidah development yang benar. Meskipun DNN tidak pernah memaksakan kita harus mendevelop module harus sesuai kaidahnya. 

 

Dari semua portal tersebut hanya BNI dan BEJ yang tidak hanya menggunakan DNN sebagai portal biasa tapi dari hasil-hasil pejelajahan ke beberapa pagenya. DNN juga terhubung dengan bisnis proses mereka seperti indeks saham, simulasi kredit, dll dengan menggunakan custom module. Sedangkan PLN sendiri masih belum mature dengan portal mereka dengan banyaknya broken link dan modul-modul yang tidak bekerja. Yang benar saja simulasi pemasangan baru membuat browserku hang. Walah....

Share this post: | | | |
ASP.NET MVC Framework

A awesome post from ScottGu

ASP.NET MVC Framework expose controller above the process.

1. It is highly extensible and pluggable.
2. Mapping URLs to Controller Classes
3. Mapping URL Parameters to Controller Action Methods ("skinny controllers")
4. Unit Testing support using IOC Container  (I love this feature)

BTW framework ini katanya merupakan adaptasi dari subsonic

 Please keep on eyes on his blog
http://weblogs.asp.net/scottgu/archive/2007/10/14/asp-net-mvc-framework.aspx

Hemmm... can't wait CTP release..katanya akhir tahun ini akan release.

Share this post: | | | |
My First blog after 1 year

Setelah sekian lama tidak ngeblog, Akhirnya aku mulai ngeblog lagi, setelah lihat last blog, woaw aku nggak ngeblog udah 1 tahun 18 hari. Gila abis itu sudah nggak pernah lagi ngumpul di Microsoft. Abis nggak pernah lagi ada Community In touch. Klo developer day sih ngambil jam kantor ya nggak mungkinlah… Secara aku sekarang kerja di perusahaan semi end user.  Hanya bisa mengikuti perkembangan .NET dari milis

 

Pekerjaan dikantor banyak banget, maklum masih kerja sebagai kuli, Gimana mau ngebloog mana malamnya aku kuliah lagi. Capek deh..Ini juga mulai ngeblog karena di kompor-komporin bos  MCA . Om AK aja kuliah juga masih sempat ngeblog and bisnis juga hehehehe….

 

Yang parahnya ketika om MCA memberitahukan bahwa tulisanku tentang ASP.NET dipublish di IlmuKomputer aku nyantai-nyantai aja. Tapi beberapa hari yang lalu aku nyasar ke ilmukomputer dan menemukan artikelku tentang ASP.NET  , di anthornya tertulis kalau aku sudah MCPD, walah info darimana nih, Emang terakhir ketemu beliau aku memang berencana mau ambil MCPD Enterprise Application, tapi sampai sekarang nggak sempat2 ngambilnya padahal tinggal 1 ujian lagi. Ya udah deh bulan depan aku ambil sekalian ambil fasilitas buy 1 get 2. Hehehe promo ini bermanfaat waktu aku pernah sekali gagal ambil MCTS Windows Application, abisnya aku khan web developer.

 

Ini juga bisa ngeblog karena I reach the deadline earlier. Abis itu beberapa hari bosku nggak nerror kerjaanku sibuk nyambut kedatangan BOD dari UK. Review tentang current bisnis dan ngomongin bisnis baru. Nah kalo udah ngomongin bisnis baru siap-siap untuk sibuk R&D mulai dari hanya prototype atau demo. Nah klo prototype disetujui user siap-siap jadi romusha ……kaykaaakakakakaa…..

 Sekarang mau bagi waktu untuk kerja, kuliah dan community. Nggak terasa .NET framework udah 3.5. Padahal waktu itu kita oprek-oprek teknologi masih CTP dan masih add-ins di VS 2005. WWF,WCF dan WPF , dan LINQ. Dan sekarang udah jatuh cinta ama DotNetNuke, padahal i hate VB tapi karena sebulan ini aku dapat project membuat portal lama-lama jadi familiar dengan VB.NET 

Sialnya pertama-pertama belajar DotNetNuke nggak dapat resource dengan C#.  Banyak ebook DNN tapi semua yang ada di perpustakaan cuma menggunakan VB.NET mana aku udah banyak yang lupa sintaksnya. Dan tugas pertama harus membuat custom module. Should I use VB.NET to create DNN module. No absolutely no setelah beberapa saat mengingat syntax-sintax dasar VB aku makin familiar dan gampang belajarnya. Untung otak adalah sebuah compiler yang canggih hehehehe Thanks God.. Setelah contoh  dibaca lalu di compile jadi algoritma. Dan ketika aku mau tulis ulang modul tersebut aku tulis dengan C#. (reflector) Hehehehehe jadi translator nih ceritanya…

  

 

Share this post: | | | |