Unduhan piranti lunak Microsoft semakin cepat melalui layanan Akamai

Keluhan lambatnya proses unduhan akan piranti lunak yang diletakkan di server luar negeri bukanlah hal yang baru di negeri ini. Mahalnya biaya jaringan koneksi internet ke luar negeri sering kali dituding sebagai penyebab biang keladinya. Kondisi ini yang membuat ISP berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitas jaringan internet keluar negeri dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang besar dari kebutuhan ini. Bahkan, ada salah satu operator telekomunikasi mengklaim bahwa organisasinya sudah memiliki 100 Gbps untuk akses ke luar negeri sehingga para pelanggannya tidak perlu khawatir ketika mengakses konten multimedia menggunakan jaringannya.

Apakah pendekatan penambahan kapasitas jaringan internet ke luar negeri menjadi solusi yang terbaik ?

Ternyata peningkatan jaringan ke luar negeri juga diiringi dengan inisiatif lain seperti memanfaatkan layanan Content Delivery Network (CDN). Layanan ini memungkinkan para pengguna internet dapat diberikan konten dari cache server terdekat dari lokasi pengguna. Salah satu perusahan penyedia layanan CDN adalah Akamai Technologies, Inc. yang berkantor pusat di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Pada awal tahun 2000, saya seringkali mengunduh komponen kerangka kerja (framework) maupun piranti lunak berbasiskan teknologi Java dari website open source. Namun saya sering pula melihat URL dari file yang diklik saat ingin mengunduh kemudian berbeda dengan URL yang tertera pada piranti lunak pengelolaan unduhan yang saya gunakan. Awalnya ini membinggungkan hingga akhirnya saya mengetahui mengenai CDN dan Akamai ini.

Apakah pusat layanan unduhan Microsoft juga CDN ?

Pertanyaan yang cukup menarik untuk dijawab dan dibuktikan mengingat selama ini memang saya tidak pernah mendengar layanan Akamai ini telah digunakan oleh Microsoft. Saya pun melakukan sedikit aktifitas sederhana untuk membuktikannya beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang saya lakukan kala itu adalah menjalankan perintah ping dan tracert dengan tujuan server awal file yang di unduh dengan menggunakan 2 koneksi internet dari ISP berbeda. Kebetulan saya sedang dalam proses transisi penggantian ISP yang digunakan di rumah. Sedangkan file diunduh adalah file instalasi piranti lunak pengelolaan data center System Center 2012 Pre-Release yang baru saja di publish kala itu.

Download Manager

Berdasarkan tautan yang muncul pada piranti unduhan diatas, saya coba ping dan tracert menggunakan koneksi Firstmedia:

image

ping dan tracert menggunakan koneksi Telkom Speedy

image

Berdasarkan hasil diatas nampak bahwa piranti lunak System Center 2012 Pre-Release sudah berada di server mirror Akamai yang terdapat di ISP masing-masing. Data ini juga menunjukan bahwa proses unduhan dari Microsoft sudah menggunakan Akamai dan dilayani oleh server lokal sehingga hanya menggunakan jaringan internet domestik.

Share this post: | | | |
Published Saturday, November 26, 2011 11:47 AM by Darmawan Suandi

Comments

No Comments
Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems