iMulai - Pengembangan ide Pasar

Education is an ornament in prosperity and a refuge in adversity.
-Aristotle- Opportunity is missed by most people because it is dressed in overalls and looks like work.
-Thomas A. Edison- Dengan mengutip kata kata dari Aristoteles seorang filsuf yunani kuno yang pengetahuan dan filosofinya masih digunakan hingga saat ini, Pendidikan adalah kebanggan pada saat kita kaya dan juga perlindungan saat kita sedang miskin. Pada jaman yunani kuno pun aristoteles sudah menyadari mengenai pentingnya pendidikan untuk setiap individu. Pendidikan dapat meningkatkan status kita dalam masyarakat dan juga sekaligus berfungsi sebagai pegangan kita pada saat kita membutuhkannya untuk melakukan suatu pekerjaan atau mengambil suatu kesempatan. Beberapa abad kemudian, Thomas Alfa Edison berbicara mengenai kesempatan, kesempatan yang sering disiasiakan oleh individu karena datang dalam bentuk pekerjaan. Padahal pekerjaan tersebut merupakan jalan menuju sebuah kehidupan yang lebih baik lagi. 

The right man for the right job dan The right job for the right man,  nampaknya di indonesia ini amat sulit untuk mendapatkan hal tersebut, tidak jarang seseorang terus menerus berganti pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan impiannya, dan tidak jarang juga sebuah perusahaan mengganti pegawainya untuk mendapatkan pegawai yang cocok. Jika kedua hal diatas yaitu perusahaan dan pegawai memang terbagi secara merata, mungkin hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah. Namun untuk daerah yang tidak memiliki baik banyak perusahaan maupun banyak tenaga kerja yang tepat, mungkin akan menjadi masalah. Saat ini pendidikan adalah barang yang langka di daerah, fasilitas pendidikan seperti gedung kuliah, tempat penelitian dan sarana lainnya jarang ada di daerah seperti kalimantan, sulawesi, maluku dan irian jaya.hal tersebut mendorong para mahasiswanya untuk pergi merantau ke pulau jawa, bali ataupun sumatra hanya sekedar untuk mendapatkan pendidikan. Dan ironisnya saat mereka selesai mendapatkan pendidikan, maka pilihan yang mereka ambil adalah untuk tinggal diperantauan tersebut dan bekerja disana, hingga akhirnya menetap dan melupakan kampung halamannya. Saat hal tersebut terjadi maka daerah akan kehilangan putra putri terbaiknya yang pada awalnya pergi merantau untuk mencari ilmu. Jika kita amati dengan lebih dalam, hal tersebut dikarenakan daerah tidak memiliki tawaran pekerjaan yang cukup dibandingkan dengan perantauan, dan untuk memulai sebuah usaha di daerah dengan berbasiskan pengetahuan yang didapat akan sangat menyeramkan untuk dilakukan. Oleh karena itu banyak individu yang memilih untuk play it save dengan tinggal di daerah perkotaan. 

Untuk mencegah masalah ini terus terjadi secara berulang ulang, dan menyebabkan gap yang semakin besar saja antara kota dan desa/daerah, kami memiliki ide untuk membuat sebuah sistem yang berbasiskan internet yang dapat memberikan kesempatan pendidikan untuk bidang tertentu serta pekerjaan yang berkaitan dengan bidang tersebut. Dengan begitu para putra putri daerah tidak perlu jauh jauh merantau ke kota untuk belajar dan mencari pekerjaan. System yang kami tawarkan ini akan memiliki 5 pilar utama, yaitu :
  • Pendidikan
Berbagai topik ilmu ditawarkan disini, mungkin kami akan mulai dengan IT, dan diperluas ke elektronik, administrasi dan bidang ilmu lainnya. Materi dari masing masing topik akan dikemas kecil kecil sehingga akan dapat dipelajari dalam waktu 1 – 2 jam saja setiap topiknya, diikuti dengan tugas dan latihan sehingga konsep Learning By Doing dapat diterapkan sehingga pengguna system dapat lebih mengerti mengenai apa yang mereka pelajari, kedepannya mungkin penyampaian ilmu melalui multimedia akan diadakan pada saat yang tepat.

  • Benchmarking
Saat seorang individu sudah menguasai beberapa topik tertentu, ia dapat mengambil tantangan selanjutnya, yaitu benchmarking untuk melihat seberapa jauh ia memahami tentang topik topik tersebut dan seberapa baik ia dalam menerapkan topik tersebut. Benchmarking ini bukanlah ujian, melainkan kesempatan untuk mengukur kemampuan penguasaan materi sebuah topik secara teoritis dan praktis.

  • Job Opportunity
Ilmu tanpa tempat untuk mengaplikasikannya adalah sesuatu yang mubazir, disini kami memiliki visi untuk membuat semacam bursa kerja untuk project2 kecil, menengah hingga besar untuk dikerjakan oleh mereka yang menuntut ilmu di system ini. Benchmarking bisa menjadi salah satu referensi dari buyer untuk memilih orang yang tepat untuk pekerjaan ini, dan karena buyer perlu untuk mendefinisikan requirement terlebih dahulu, maka para programmer bisa memilih milih pekerjaan yang tepat untuknya. Disini kami berusaha untuk mencapai keadaan “The right man for the right job, dan the right job for the right man”.

  • Consulting
Jika penggunan system ini bingung, ia dapat bertanya baik kepada rekannya maupun pembina system ini untuk menentukan baik study coursenya, topik topik yang perlu dipelajarinya, topik mana yang sedang populer, dll maupun jika ia memiliki sebuah pekerjaan yang ingin ditawarkannya via system, ia dapat berkonsultasi mengenai kebutuhan requirement untuk mengerjakannya sehingga tidak terjadi kesalahan pemilihan orang untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

  • Kerjasama global
Virtual workspace, adalah sebuah konsep yang kami tawarkan agar para pengguna system ini dapat dengan nyaman bekerja sama dengan sebuah virtual workspace sehingga masalah jarak dan waktu tidak lagi menjadi masalah untuk mereka. Fasilitas seperti group storage area, group CVS dan group Document management System dapat menjadi pilihan baru bagi mereka yang ingin bekerja di rumah di kampung halamannya. Bagaimana jika sistem ini benar benar diterapkan, apakah benar sistem ini dapat mengubah gaya hidup anda, coba bayangkan seperti ini, sebagai seorang pekerja & pelajar, bayangkan jika berikut ini adalah jadwal perkerjaan anda sehari hari :
  • Anda bangun pagi diikuti dengan mencek email dan sistem ini
  • Wah ada pekerjaan baru yang ditawarkan dan anda pun mulai memasukkan bid untuk pekerjaan ini sambil mengisi forum
  • Kemudian anda mulai mandi dan sarapan, setelah itu mulailah anda mempelajari bahan untuk sebuah topik.
  • Siang tiba,.. dan anda merasa siap untuk melakukan benchmarking dan anda mengambil benchmarking tersebut dalam 1 jam… selesailah benchmarking.
  • Wuih, udah jam 3 mulai jenuh nih…. Keluarlah anda untuk hangout dengan teman2 anda di kedai kopi (Starbucks could be fun)
  • Setelah 2 – 3 jam anda kembali lagi ke meja kerja anda dan anda melihat hasil benchmarking sudah keluar dan anda passed, dan bersamaan dengan itu…. Ternyata ada yang menerima bid anda.
  • Berikutnya anda mengambil detail dari pekerjaan tersebut dan mulai mengerjakan project tersebut
  • Dan begitu hari malam, anda tertidur dengan tenang di kampung halaman anda, setelah makan malam bersama keluarga.
 
  • Hari hari berikutnya… setelah proyek selesai, anda memasukkan bid yang lebih besar lagi karena hasil benchmark anda sudah lebih banyak lagi dan hari2 indah tersebut terulang kembali
 Sebagai seorang buyer / manajer, bayangkan jika ini adalah rutinitas anda sehari hari
  • Pagi hari anda bangun dan pergi ke kantor
  • Sampai di kantor anda melihat dokumen dari project yang akan dijalankan, dan kemudian membacanya
  • Selesai membaca anda bingung… wah ini ada teknologi baru(misal WWF di .NET3.0) dan saya ga punya yang bisa ngerjain, saya ga punya pengetahuan apa2 soal ini
  • Lalu anda beralih untuk masuk ke sistem kami, dan mulai menanyakan di forum konsultasi mengenai project anda. Tentu saja anda dapat membuat konsultasi ini private, tetapi anda memutuskan untuk mensharenya dengan yang lain
  • Tak lama berselang… muncul hasil konsultasi dan ternyata terdapat beberapa point dari materi pengajaran yang diperlukan untuk dikuasai untuk mengerjakan project anda.
  • Mulailah anda mem-post job di forum, dengan spesifikasi seperti yang diberikan seperti hasil konsultasi
  • Dan pada akhir hari sebelum anda pulang, sudah terdapat 17 bid untuk pekerjaan ini, ada beberapa orang yang memenuhi spesifikasi dan ada juga yang tidak, anda memilih yang paling meyakinkan dan mempost spesifikasi pekerjaan
  • Malamnya anda tidur nyeyak karena orang yang dipilih tersebut sudah dibenchmark dan keesokan harinya anda pergi kembali ke kantor
  • Anda melihat bahwa dari orang yang anda pilih tersebut sudah mempost rencana pekerjaan beserta timelinenya
  • Dan kemudian anda mengingat bahwa dulu anda pernah berpusing-pusing ria mencari orang dan mengajari orang baru dan anda pun tersenyum
 Pendidikan merupakan basis utama dari seseorang untuk mendapatkan pekerjaan disini, dengan melakukan pembelajaran materi dan juga benchmarking, seorang user mendapatkan kepercayaan dari customer untuk melakukan sebuah pekerjaan, dengan melakukan bencmarking lebih banyak lagi, lebih banyak pula jenis pekerjaan yang dapat dilakukan. Seorang worker tidak perlu untuk seorang diri melakukan seluruh pembelajaran maupun pekerjaan, mereka dapat membentuk tim dalam sistem ini, bahkan sebuah tim tidak perlu berada di tempat yang sama untuk melakukan sebuah pekerjaan. Intinya sistem ini memfasilitasi worker dan buyer untuk mendapatkan the right job for the right man, dan the right man for the right job. Dengan menyediakan fasilitas benchmark dan learning serta consulting, anda akan mendapatkan sebuah sistem yang menyerupai keadaan di dunia nyata pada umumnya. Dan karena ini berupa dunia virtual, anda akan dapat mengatasi masalah jarak dan waktu.

Ide ini merupakan pengembangan dari ide PASAR yang pernah di post oleh reyza, Ide ini terinspirasi oleh masukan dari kawan2 sekalian yang diolah oleh saya & reyza, thanks guys.... masih ditunggu komen2nya :)

Share this post: | | | |
Published Wednesday, November 28, 2007 11:17 AM by De_Joker
Filed under:

Comments

# re: iMulai - Pengembangan ide Pasar

Sunday, December 2, 2007 4:31 PM by Risman Adnan

Ini ide bagus untuk iMULAI. Coba pikirkan bagaimana solusi ini nantinya menjangkau orang-orang yang belum punya internet diluar pulau jawa. Misalnya via Video yang bisa di distribusikan via media cetak. Kerja sama dengan majalah seperti PCMedia yang distribusinya menjangkau daerah2.

Yang kedua adalah realisasi ide juga perlu planning yang jelas. iMULAI akan dinilai dari implementasi, apakah masuk akal atau tidak dalam tenggang waktu yang ada.

# re: iMulai - Pengembangan ide Pasar

Monday, December 3, 2007 7:13 AM by De_Joker

wah ide yang menarik pak risman, trims atas masukannya

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems