Farhad Alaydrus - Yet Another Geek's Blog

See also: Other Geeks@INDC

Silverlight 5: H.264 Hardware Decode

 *Tulisan adalah hasil dari percobaan sederhana di laptop saya. Hasil mungkin dapat berbeda di perangkat lain. 

Generasi terbaru di dunia web experience development sudah muncul dalam versi beta, Silverlight 5. Versi terbaru Silverlight muncul dengan berbagai fitur baru yang belum ada di generasi sebelumnya.  Sebagai usaha Media Support Improvement, Silverlight 5 mendukung penggunaan H.264 Hardware Decode. Silverlight 5 menggunakan hardware decode dengan memanfaatkan GPU untuk merender high-definition video pada low-power devices. Penggunaan H.264 membuat video dapat diputar dengan penggunaan CPU yang minim. Berdasarkan percobaan sederhana yang dilakukan oleh Mike Taulty pada salah satu tulisannya, sayapun mencoba memperhatikan CPU usage video yang berjalan di aplikasi silverlight 5 sedehana.

Sebuah video yang diputar di windows media player menunjukkan penggunaan CPU yang tidak tinggi seperti dapat dilihat pada gambar di bawah:

 screenshot 1

Kemudian saya mencoba menjalankan video tersebut di aplikasi silverlight tanpa mengaktifkan GPU Acceleration. Task manager menunjukkan penggunaan CPU yang cukup tinggi ketika aplikasi dijalankan.

 screenshot 2

Kemudian saya aktifkan GPU Acceleration dengan menambahkan kode <param name="enableGPUAcceleration" value="true"/> serta menambahkan propertyCacheMode="BitmapCache" pada tag media element dan mendapatkan hasil yang menggembirakan. CPU usage menjadi sangat rendah ketika aplikasi silverlight yang memutar video dijalankan.

 screenshot3

Dapat disimpulkan bahwa GPU Acceleration pada Silverlight 5 menunjukkan hasil yang memuaskan dari segi CPU usage. Beberapa fitur lain akan diulas kembali di tulisan berikutnya di blog ini. Salam.

Share this post: | | | |

Comments

pebbie said:

cool! btw SL5 bisa copy current frame ke bitmap dan streaming via rtsp nggak yah?

# July 12, 2011 1:16 PM

farhadalaydrus said:

Hi pebbie..

Kalo copy current frame ke bitmap rasanya bisa. Kita bisa render control tertentu ke bentuk bitmap image. Mungkin lebih jelasnya di sini ada pencerahan, 10rem.net/.../silverlight-5-vector-and-bitmap-printing-for-reports-and-more :)

Nah kalo rtsp streaming apakah udah disupport, saya juga masih penasaran pengen coba di sl5.. Tapi kata dokumentasinya kok "RTSP not supported by silverlight but it supports mms with windows media services only." Hmmm.. Kata orang-orang sih ga bisa langsung, misalnya pake silversuite.. Mari kita explore lagi..

# July 12, 2011 3:09 PM