Kresna's Blog

Just trying to learn and learn
See also: Other Geeks@INDC
Add MenuItem to ApplicationBar in Expression Blend 4

 

Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan secara singkat mengenai trik untuk menampilkan dan menambahkan icon pada ApplicationBar di windows phone 7. Kali ini akan dibahas mengenai cara pada expression blend untuk menambahkan MenuItem di ApplicationBar. Karena secara default MenuItem pada ApplicationBar itu tidak ada.

Jika belum menambahkan ApplicationBar pada project windows phone, maka ikuti langkah saya sebelumnya. Jika ApplicationBar sudah ada maka, klik kanan pada Object ApplicationBar, pilih Add ApplicationBarMenuItem.

image

 

Akan muncul MenuItem di bawah Icon applicationBar, seperti gambar di bawah ini.

image

 

Pada property inspector, hanya terdapat property text yang dapat kita ubah. Ubah text tersebut sesuai keiinginan dan tambahkan beberapa menu item lagi untuk melihat perubahannya ketika aplikasi dijalankan.

image

 

Untuk setiap MenuItem, dapat diberikan eventHandler sendiri – sendiri. Pilih Events tab jika ingin membuat eventHandler, dalam hal ini yang tersedia hanyalah Click.

image

 

Silahkan buat apa yang diinginkan ketika menuItem tersebut di click

image

 

Tekan F5 untuk melihat hasilnya. Mudah bukan? Smile

Share this post: | | | |
Add Application Bar in WP7 using Expression Blend 4

 

Tips & trik kali ini akan membahas bagaimana kita membuat aplication bar pada aplikasi Windows Phone 7 dengan menggunakan Expression Blend 4. Langsung saja kita coba buat project Windows Phone baru pada Blend.

Pada MainPage.xaml, klik kanan di root yaitu [PhoneApplicationPage], pilih Add Application Bar.

image

 

Hasilnya Blend akan otomatis menambahkan [ApplicationBar] dan MenuItems di panel Objects and Timeline, dan meletakan object tersebut berada di bawah halaman pada windows phone.

image

 

Untuk menambahkan sebuah icon pada application bar, klik kanan pada object [ApplicationBar], pilih Add ApplicationBarIconButton.

image

 

Akan muncul icon seperti gambar di bawah ini.

image

 

Untuk mengganti gambar icon tersebut, pilih icon yang ingin digunakan pada property IconUri. Secara default Windows Phone SDK sudah menyediakan beberapa gambar icon untuk digunakan, contohnya adalah seperti gambar di bawah ini.

image

 

Untuk mengganti text dari Icon tersebut adalah ubah property Text yang terletak di bawah property IconUri.

image

 

Tekan F5 untuk melihat hasilnya. Text pada icon akan muncul jika titik – titik yang ada di sebelah kanan application bar ditekan. Mudah bukan? Smile

Share this post: | | | |
Page Navigation in WP7 using Expression Blend

 

Pada postingan ini akan membahas trik sederhana dalam membuat aplikasi di Windows Phone 7 dengan menggunakan Expression Blend 4 yaitu, membuat navigasi antar halaman dengan menggunakan expression blend. Oke, langsung saja kita mulai.

Buat sebuah Windows Phone project baru pada Blend, kemudian bikin sebuah button, beri saja dengan nama “Page 1”.

image

 

Kemudian tambahkan sebuah halaman xaml baru dengan cara, klik kanan pada project kita, pilih Add new item seperti gambar di bawah ini.

image

 

Pilih Windows Phone Page dan beri nama xaml tersebut (contoh: page1.xaml), kemudian tekan Ok

image

 

Kita ganti PageTitle pada halaman page1.xaml menjadi “Page 1”. kemudian kembali lagi ke halaman MainPage.xaml, klik kanan pada button yang bertuliskan '”Page 1”, pilih Navigate to, pilih page1.

image

 

Tekan F5 untuk melihat hasilnya. Mudah bukan? Smile

Postingan berikutnya akan dibahas lagi mengenai trik – trik mudah dalam expression blend untuk membuat aplikasi di Windows Phone 7.

Share this post: | | | |
Armanovus is still Armanovus!

Untuk menjawab mengenai gosip2 yang ada, pada postingan ini saya cuma mau memberi tahu bahwa armanovus tetap menjadi armanovus. Armanovus tetap terdiri dari Zeddy Iskandar, Kresna Dewantara Siahaan, Hafiz Arraja, Renggo Pribadi, dan Irvan Vickrizal (plus tenaga outsource :p). Walaupun bapak Zeddy harus merantau sebentar ke negri sebrang, bukan berarti dia meninggalkan Armanovus, yg terjadi justru sebaliknya. :)

Kami semua bisa mengencangkan ikat pinggang sambil menunggu client menepati janjinya, tapi seorang Zeddy tidak bisa melihat armanovers itu kurus2 (Inilah salah satu alasan mengapa kami semakin hari perutnya semakin membuncit. :D). Saya yakin ini memang sudah jalan yang terbaik dari yang maha kuasa untuk kami. :) Untuk kedepannya Armanovus tetap akan membuat gebrakan. Kami adalah sekumpulan orang yang haus dan ingin terus belajar akan teknologi terbaru. Dan alhamdulillah kami adalah sebuah tim yang solid, sehingga kami akan menjawab tantangan yg ada bersama-sama. 

Jika ingin menghubungi Armanovus tetap dapat ke z@armanovus.com atau jika dibutuhkan meeting bisa ke saya, kresna@armanovus.com. Semoga dengan postingan ini dapat memperjelas bahwa Armanovus tetap ada dan tetap passion.

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.. :)

Share this post: | | | |
Officially Resign from MIC UI

Yap.. Sesuai dengan judulnya, per hari kemarin saya sudah tidak lagi menjadi MIC Lead untuk Universitas Indonesia. Saya ucapkan selamat kepada Raufan Multahada atas terpilihnya sebagai MIC UI manager/lead yang baru, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik.. :)

Saya ingin berterima kasih kepada teman – teman yang sudah membantu saya selama ini. Mulai dari teman2 Microsoft Indonesia dari zaman dulu sampai sekarang (zeddy, naren, mba devi, mba sheila, mba fitri, mba riany, irving, mba dhita, ronald, pa risman, dan mungkin masih banyak lagi yang belum kesebut), teman2 MIC UI dari jaman dulu hingga sekarang (amri, ellan, yanuar, fu, sagi, hafiz, mic 2005, mic 2006, mic 2007), bu betty dan pak mursanto selaku MIC Advisor, dan mungkin masih banyak lagi yang mungkin belum disebutkan di atas. Sekali lagi saya benar2 mengucapkan terima kasih sebanyak – banyaknya atas kesempatan dan tanggung jawab yang diberikan kepada saya.. :)

Langkah berikutnya, saya akan lebih fokus di Armanovus. Mengejar mimpi2 yang mungkin sebelumnya belum tercapai atau bahkan belum terpikirkan bersama armanover lainnya. :)

Share this post: | | | |
Kompas ePaper @ silverlight.net Showcase

Akhirnya setelah menunggu penantian yang cukup lama, kompas epaper bisa mejeng di showcasenya silverlight.net. Bapak Zeddy beberapa kali men-submit kompas ePaper agar dapat muncul pada showcase di silverlight.net namun ditolak dengan alasan jika ke epaper.kompas.com, user harus membuat login terlebih dahulu. Akhirnya dibuatkanlah 1 edisi yang dapat dilakukan tanpa login, kemudian di submit lagi. Dan hasilnya.. :)

 

kompas at silverlight.net

Dan tentunya menambah lagi satu buah showcase dari Indonesia, sehingga menjadi 4 buah showcase. Ayo maju terus Indonesia.. (halah). :p

 

kompas at silverlight.net 2

Share this post: | | | |
Making Prototype with Sektchflow (Introduction)

Jika kita lihat postingan bapak ronald disini, salah satu tujuan dari Sketchflow adalah membuat prototype dari aplikasi yang diinginkan oleh user, sehingga user dapat memberikan feedback atas prototype yang kita buat dan demokan. Pada postingan tersebut sudah diajarkan dasar – dasar bagaimana menggunakan sketchflow untuk membuat sebuah aplikasi prototype. Sebelum saya menunjukan lebih dalam mengenai membuat sebuah prototype, kali ini saya akan membahas mengenai kegunaan sketchflow untuk membangun aplikasi web maupun desktop berdasarkan pengalaman saya.

Jika kita buka expression blend 3 kemudian kita buat project baru, maka terdapat 2 buah pilihan untuk membuat sebuah skechflow. Yang pertama adalah silverlight (web based) dan yang ke dua adalah WPF (desktop based).

image

 

Pada dasarnya mungkin yang kita dapat buat hanyalah Silverlight Sketch dan WPF sketch, namun saya melihat bahwa sebenarnya Silverlight skech dapat kita gunakan jika kita ingin membuat protype sebuah website solution. Walaupun nantinya website yang dibangun tidak menggunakan Silverlight, hanya asp.net (misalnya). Tapi jika kita menggunakan Silverlight sketchflow minimal kita akan mendapatkan seperti hal di bawah ini:

  1. user akan tau flow dari jalannya aplikasi nanti (dari link ke link).
  2. user dapat memberikan feedback terhadap prototype kita.
  3. user akan mendapatkan gambaran user interface dari aplikasi yang akan dibangun.

Sehingga aplikasi yang nantinya kita bangun sesuai dengan requirement user. Tentunya juga meminimalisir kesalahan flow atau alur jalannya aplikasi ketika pembuatan aplikasi sebenarnya. Karena mungkin banyak user atau client yang baru keluar maunya seperti apa jika dilihatkan aplikasi yang menyerupai aslinya. Dan jangan sampai ketika kita sudah mendevelop aplikasi yang sebenarnya, ternyata user atau client maunya berbeda lagi dengan requirement yang sudah kita dapatkan sebelumnya (ini berdasarkan pengalaman juga sih.. hehehe).

Secara User Interface skechflow sendiri memiliki style bawaan yaitu “SketchStyles”. Apa itu SketchStyles? yaitu control – control yang biasanya ada pada silverlight / WPF (seperti button, rectangle, tab, dll) namun diberi “style” atau design seperti gambaran tangan. Tujuannya adalah memberi kesan “Aplikasi ini hanya sketch atau dalam perancangan”, sehingga tidak ada user atau client yg mengira prototype itu sudah bisa langsung dipakai di mesin production.

image

Nah.. pada postingan berikutnya kita akan mencoba membuat sebuah prototype sederhana untuk kasus Web application.

Share this post: | | | |
My first look on expression blend preview for .NET 4

Selain visual studio 2010 beta 2 yang sudah dapat dicoba, microsoft juga mengeluarkan expression blend preview untuk .NET 4 dan silverlight 4. Perlu diperhatikan bahwa expression blend preview ini hanya untuk membuat dan memodifikasi aplikasi yang berbasiskan .NET 4 beta 2 dan silverlight 4 beta. Jadi jika masih ingin membuat aplikasi berbasiskan .NET 3.5, sketchflow, dan silverlight 3, maka tetap gunakanlah expression blend 3.

Adapun persiapan – persiapan sebelum menggunakan expression blend 4. Jika sebelumnya sudah menginstall visual studio 2010 beta 2, maka download silverlight 4 tools untuk visual studio 2010 beta 2 di sini untuk dapat membuat aplikasi berbasiskan silverlight 4. Ketika kita menginstall silverlight 4 tools, secara otomatis menginstall juga developer runtime dari silverlight 4 beta. Setelah menginstall silverlight tools untuk visual studio, download expression blend preview for .NET 4 di sini.

Kemudian setelah terinstall, dapat diperhatikan ketika kita ingin membuat sebuah project baru tidak ada sesuatu yang “new” di sana. Sama seperti versi sebelumnya, kita dapat membuat silverlight 4 application + website, atau hanya ingin membuat silverlight application saja, atau yang terakhir kita dapat membuat silverlight 4 control library.

image

Jenis sample yang disediakan juga tidak berbeda dengan expression blend 3 yang sudah di release. Dan setelah lihat – lihat lebih lama lagi, tidak ada perubahan yang cukup signifikan sampai saat ini pada toolsnya, yaitu expression blend preview for .NET 4 (selain dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasiskan silverligt 4 dan .NET 4).

image

Share this post: | | | |
First Impression of Expression Blend 3 (Sketchflow)

 

Yap,, akhirnya slesai juga downloadnya setelah ditinggal cukup lama.. Dan akhirnya keluar juga fitur yang buat pnasaran dari kemaren,, yaitu Sketchflow (karena waktu masih beta, fitur ini cuma diomongin doang). Dapat kita lihat splash screen yang baru terlihat lebih damai, =p

image

 

Yang membuat menarik adalah ketika kita melihat samples, hampir semuanya merupakan samples baru. Saya coba buka SnowboardSketch (karena satu2nya samples wpf disana), dan mencoba aplikasi sketchflow tersebut. Saya rasa ini akan banyak membantu ketika kita akan membuatkan aplikasi untuk client yang banyak permintannya.. =p

Semua komentar dari user akan tersimpan dan akan terlihat maunya si user itu sebenrnya apa. User dapat langsung corat coret diatas aplikasi prototype tersebut..

 

image

 

Setelah mencoba2 sedikit, rasanya banyak sekali perbedaan expression blend 3 yang sudah release dengan expression blend 2. Dan itu membuat rasa ingin mencoba2 sangat besar.. Postingan2 berikutnya akan saya coba bahas satu persatu apa perbedaan dan fitur baru yang ada pada expression blend 3.

Nengok Ziggy dulu ah… =)

Share this post: | | | |
Intellisense in Expression Blend 3 Preview

Bagi teman-teman yang ingin mendevelop aplikasi Silverlight 3.0 beta, selain menggunakan silverlight_tools di visual studio 2008, teman-teman dapat menggunakan tools yang satu ini (Expression Blend 3 Preview). Intellisense merupakan salah satu fitur yang baru pada Microsoft Expression Blend 3, fitur yang cukup penting ini tidak ada pada versi sebelumnya.

Jika kita buka pada XAML view, maka kita dapat langsung menikmati intellisense yang disediakan seperti ketika kita menggunakan visual studio.

 

image


Dan tidak hanya itu,, pada Microsoft Expression Blend 3 Preview ini, kita dapat membuka sebuah code behind dari XAML yang ada tanpa harus membuka Visual Studio. Pada versi sebelumnya, ketika kita klik misalnya: program.xaml.cs, maka akan terbuka di Visual Studio. Tetapi pada Microsoft Expression Blend 3 Preview ini, ketika kita klik code behind tersebut (.cs nya) maka akan terbuka di tab yang baru (masih dalam expression blend).

 

image

 

InstelliSense juga dapat kita gunakan disini. Dengan menekan ctrl + space, kita dapat menikmati intellisense seperti pada visual studio.

 

image

 

Postingan berikutnya akan mengupas lebih banyak lagi tentang perbedaan dari versi sebelumnya atau feature baru yang ada pada  Expression Blend 3. Terima kasih, semoga bermanfaat..

Share this post: | | | |
Microsoft Tag Beta

Barusan mampir di portalnya student partners, trus ngeliat2 news ternyata ada barang baru yang cukup menarik, namanya Microsoft Tag. Jadi kalau saya liat dari videonya, microsoft tag ini fungsinya adalah seperti bar code, dan bar code ini bisa kita capture dengan windows mobile (kayaknya sih harus windows mobile). setelah kita capture pake windows mobile, maka akan tampil informasi yang berhubungan dengan tag (bar code) tersebut.

Jadi kalau ada iklan di majalah dan ada microsoft tag di bawahnya. kita tinggal capture tag tersebut maka akan langsung dapet informasi mengenai iklan atau informasi yang ada di halaman majalah tersebut. Gak perlu cari URL dan ketik URL tersebut. hohoho… Belum dicoba sih.. tapi akan segera dicoba.. menarik kayaknya.. =)

 

ini linknya,, http://www.microsoft.com/tag/

Share this post: | | | |
Expression, Robotics Studio, XboX, and VSTS Session in Install Fest 2.0

Pada tanggal 17 Desember 2008, FASILKOM UI mengadakan Install Fest 2.0. Dimana tujuan acaranya adalah membagi-bagikan CD gratis dan memberitahukan bagaimana cara menggunakan sebagian besar dari tools yang disediakan pada MSDNAA. Dan yang coba kita highlight adalah VSTS, Expression Studio, Robotic Studio, dan XNA+XboX. Sesi VSTS dibawakan oleh Hafiz (ex-MSP), XNA+XboX dibawakan oleh Zeddy (ex ADE), Robotic Studio dibawakan oleh Nulad, dan Expression Studio dibawakan oleh saya sendiri. =)

Sesi pertama adalah VSTS yang dibawakan oleh hafiz, dengan judul sesi “krezzzi tool”. (maap gambarnya agak burem)

DSC00010

 

Saya mendapatkan sebuah foto yang cukup menarik. Keharmonisan antara ADE Microsoft Indonesia (Julius Fenata) dan ex ADE Microsoft Indonesia (Zeddy Iskandar). xD

DSC00020

 

Ini dia zeddy lagi demo mengenai XNA. Coba perhatikan baik2 bagian perutnya.. (kira2 berapa centimeter ya tebalnya?).  xD

DSC00021

 

Yang ini nulad lagi mendemokan Robotic Studio.

DSC00024

 

Dan yang terakhir adalah saya sendiri, mendemokan expression untuk membuat aplikasi WPF & Silverlight. Pada sesi ini, saya juga memperlihatkan Windows 7 dan World Wide Telescope. =)

DSC00042

Share this post: | | | |
Training Silverlight 2.0 with Microsoft Indonesia Designer

Kemaren tanggal 17 Desember, saya, niko, dan wely memberikan materi tentang Silverlight 2.0 & WPF. Namun lebih diberatkan pada Silverlight 2.0. Pesertanya rata - rata dari bagian BMO, ada juga beberapa dari vendornya microsoft, dan ada 1 orang yang udah jago yaitu si kaka. =p

Materi yang dibahas adalah:

  1. Overview Silverlight 2.0 & WPF with cool demo (by Wely)
  2. Introduction to Expression Design (by Niko)
  3. Hands on Lab with Expression Design (by Niko)
  4. Introduction to Silverlight 2.0 using Expression Blend (by me)
  5. Hands on Lab with Expression Blend + Visual Studio (by me)
  6. DeepZoom in Silverlight (by me)
  7. Showing Silverlight & WPF demo which made by MIC guys (video puzzle, wpf drag & drop media player, silverlight wall of fame, deepzoom in kaskus, etc)

ini dia wely lagi garuk2, niko lagi nge charge MBPnya.. xD

DSC00087

Niko in action!

DSC00091

Semua peserta terhipnotis oleh niko, kecuali si kaka (kiri belakang). =p

DSC00094

Kalau kita lihat foto di bawah, kliatan si wely lagi serius banget. Tapi dia megang mouse siapa ya? Kyknya lagi pusing install windows 7 dia.. xD

DSC00111

Dan yang terakhir..  =)

DSC00113

Share this post: | | | |
Tips & Trick Using Expression Blend (Coming soon..)

Setelah selesai menulis buku User Experience for WPF & Silverlight with Expression Blend,

e-book

 

berikutnya saya berencana mencoba memberikan tips & trick lainnya pada Expression Blend untuk membuat aplikasi WPF dan Silverlight di blog ini. Karena masih banyak sekali yang masih dapat di explore lebih jauh mengenai ke dua teknologi ini jika dipandang dari sisi Expression Blend. Nantinya saya juga akan membahas mengenai kolaborasi antara masing - masing tools yang ada pada Expression Studio.Big Smile

 

Share this post: | | | |
Pre-release Visual Studio 2010 and .NET Framework 4.0 Community Technology Preview (CTP)

 Bagi yang mau download ini linknya. File ini berupa VPC image, jadi ukurannya agak besar. Tapi kalau dilihat lagi, requirement space yang dibutuhkan min 75GB dan processor min core 2 duo.. Big Smile.

Saya sendiri belum mencobanya karena ukuran filenya cukup besar untuk di download.. Big Smile

Share this post: | | | |
More Posts Next page »