Bagaimana memulai belajar pemrograman komputer

Published 18 October 07 12:32 AM | norman

Sering saya mendapat pertanyaan dari teman-teman yg masih student (SMA maupun kuliah, terutama yg nemu messenger ID saya dari www.ilmukomputer.com Smile) tentang bagaimana cara memulai belajar programming. Atau juga dari teman-teman yang sudah familiar dengan programming di bahasa pemrograman lain tapi baru mau mulai belajar programming di .NET (C# maupun VB.NET). Mereka kebanyakan akan bertanya, mulainya gimana? Saya perlu install apa saja? Gratis gak? Dsb.

Jawaban saya selalu seperti yang ada dibawah ini, jd daripada saya menulis di messenger berulang-ulang hal yang sama, saya summary-kan saja dalam satu post di blog saya ini, jd next time ada yg tanya, saya tinggal refer ke post ini. Smile

  1. Kalau anda baru belajar programming, pilih suatu bahasa pemrograman untuk dipelajari. 
    Yang mana? Yang skrg populer itu:
     - Java
     - C# (dibaca "Si Sharp") 
     - VB.NET (dibaca "Vibi Dotnet")
    Kenapa memilih yg populer? Simple. Biar bisa dipakai cari kerja. Setelah menguasai suatu bahasa pemrograman, anda akan bisa belajar bahasa pemrograman lainnya.
    Kalau anda memilih C# atau VB.NET, lanjutkan membaca artikel ini. Kalau anda memilih Java, silahkan googling lebih jauh. Smile O ya, saya juga tidak menyarankan untuk belajar Java lagi. Kenapa? Lihat ini: http://geeks.netindonesia.net/blogs/norman/archive/2007/12/31/java-is-becoming-the-new-cobol.aspx
    Kalau anda benar-benar baru dlm belajar programming, saya rekomendasikan pilih bahasa C#.
    Kalau anda pernah belajar C, C++, Java, saya rekomendasikan pilih bahasa C#.
    Kalau anda pernah belajar VB6, anda bisa memilih VB.NET, karena ada kemiripan. Tp, saya tetap rekomendasikan pilih bahasa C#.
    Singkatnya, mulailah dengan C#. Smile 
  2. Kunjungi dan explore website ini: http://msdn2.microsoft.com/en-us/express/default.aspx
    Ini adalah website dari Microsoft Visual Studio Express. Versi Visual Studio yang gratis, yang bisa anda download dan install di komputer anda. Visual Studio adalah tool/software yang akan anda pakai dalam membuat program.
    Dengan Visual Studio Express ini anda sudah bisa belajar untuk membuat berbagai jenis program/aplikasi:
    - Desktop/Windows, atau program yang running di PC anda seperti halnya Word, Excel, Internet Explorer, dsb.
    - Web, program yang anda akses via browser seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, dll. Misalnya: myspace.com, friendster, klikbca.com, dll
    - Game, ya anda bisa membuat program game.
    - Hardware/Robot, jika anda suka robot. Anda juga bisa bikin program untuk robot.
    - Database, membuat program untuk menyimpan data.
    Kalau mau langsung download Visual Studio Express, silahkan langsung ke sini: http://msdn2.microsoft.com/en-us/express/aa975050.aspx
    Seperti yang saya bilang tadi, download yang C#.
  1. Mulailah belajar membuat program. Sering2 latihan membuat program. Anda bisa memulai belajar dengan membaca di link ini : http://msdn.microsoft.com/vstudio/express/beginner
    Pokoknya, explore seluruh halaman yang saya sebut tadi: http://msdn2.microsoft.com/en-us/express/default.aspx
    Jika anda kesulitan, ini ada tutorial "C# for Kids": http://msdn.microsoft.com/vstudio/express/beginner/kids/csharp Smile Iya, turorial bagi anak kecil yang pengen belajar pemrograman C#. Serius.
  2. Sering baca buku/artikel tentang pemrograman C#, anda bisa beli, atau cari eBook, atau baca2 artikel di internet. Bila perlu cari mentor/teman yg sdh bisa untuk membantu belajar. Sering2 latihan membuat program.

That's it. Sambil jalan anda akan semakin tahu banyak hal tentang C# dan pemrograman secara umum, dan anda juga akan semakin tahu bahwa banyak yang anda belum tahu. Smile Anda akan kenal apa itu Compiler, .NET Framework, ASP.NET, ADO.NET, CLR, Garbage Collector, XML, AJAX, JSON dan lain-lain.

Kunci sukses-nya adalah: anda harus proaktif, jangan manja/malas explorasi sendiri, dan anda mesti semangat. Misal, sambil jalan anda akan butuh SQL Server Express. Barang apa itu? Well, harapannya mestinya anda sudah harus bisa cari tahu sendiri barang apa itu.

Satu lagi: English. You gotta know English. At least you can read English text. If you just counting on Programming books in Bahasa Indonesia, you'll get nowhere. Cos there are very few titles of programming books in Bahasa Indonesia, while there are tons of programming books in English. Especially on advanced topics. So, learn some English. Smile

Belajar pemrograman itu seperti belajar bela diri. Sering latihan, jadi lancar saat pakai jurus2nya. Kalau cuma tahu jurus tapi jarang latihan, kagok nantinya saat benar2 akan dipakai.

Mudah2an tulisan kecil ini bisa membantu teman-teman yang baru mau belajar programming dan C#. Dan saya tidak perlu cerita hal yang sama ini berulang-ulang. Tinggal refer ke post ini jika ada yang tanya: "Bagaimana cara belajar pemrograman komputer (dengan .NET)?". Smile

O, did I miss something? Silahkan add di comment. Thanks.

Share this post: | | | |
Filed under: ,

Comments

# Joe said on October 18, 2007 08:52 AM:

Mungkin bapak bisa rekomendasiin buku atau e-book apa yang bagus buat belajar C#.

Saya dulu *** beli buku pemrograman bahasa indonesia. Eh, bukannya tambah mahir malah tersesat. Makanya sekarang saya kapok beli buku pemrograman yang bahasa indonesia mendingan download e-book :D.

# luki ishwara said on October 18, 2007 11:33 AM:

hehehehe... e-book plus sample code seringkali lebih membuat pembacanya mengerti hakikat programming c#, be a programmer not a coder ;)

# Bibin said on October 19, 2007 12:19 PM:

Mas norman ajarin saya wcf dong. Masi baru ni.

Saya udah coba binding lewat code bisa, tapi lewat configuration file di app.config ga bisa.

Oh iya saya belajarnya dari Professional WCF Programming .NET Development with the Windows® Communication Foundation nya Scott Klein. Di akhir bab 5 mentoq...

# friendster » Bagaimana memulai belajar pemrograman komputer said on October 20, 2007 06:09 PM:

Pingback from  friendster » Bagaimana memulai belajar pemrograman komputer

# Jason said on November 12, 2007 02:07 PM:

Saya bingung ni. Kenapa mas merekomndasikan C# ketimbang VB.Net kasih alasan dong ?

# norman said on November 14, 2007 09:24 AM:

:)

Kenapa C#, kenapa bukan VB.NET?

Well, buat saya simply karena C# is the .NET language. C# adalah bahasa baru yg dibuat khusus oleh Microsoft yg memang ditujukan sbg bahasa-nya .NET. C# adalah bahasa utama-nya .NET. Jd jgn heran kalau fitur2 baru, inovasi2 baru akan ada di C# duluan. Dgn kata lain, di .NET itu C# adalah first class citizen.

VB.NET sih gak lebih dari sekedar .NET version-nya VB. Dibuat agar orang2 yg ngerti VB juga bisa target .NET Framework. Jd, dia setara dgn Delphi.NET yg "cuma" .NET version-nya Delphi, Cobol.NET yg "cuma" .NET version-nya Cobol, IronPyhton yg .NET version-nya Phyton IronRuby yg .NET version-nya Ruby, dll. Ada banyak sekali language2 yg lain. So, artinya VB.NET tidak "istimewa". Di .NET dia "kelas dua"-lah.

Beda dgn C# yg memang didedikasikan utk .NET.

# Teguh said on November 14, 2007 10:53 AM:

Thanks Norman,

Saya akan pakai saran2nya buat murid2 saya yg belajar programmer di level SMU.

Ada copyright utk tekst di atas??

# putra said on December 12, 2007 02:41 PM:

duh , bahasa pemogramannya sudah tinggkat tinggi ya , tapi ko tidak ada soal pemograman java? padahal yang saya tau , bahasa pemograman java tingkat keamanannya lebih terjamin .

hanya untuk rekomendasi saja, silahkan kunjungi :

http://www.putralovers.com

ada macam - macam tulisan tentang dunia IT,

terima kasih

# norman said on December 31, 2007 07:15 AM:

Putra,

Java is done! If you’re a Java developer, now’s the time to invest in new skills. More on this here: geeks.netindonesia.net/.../java-is-becoming-the-new-cobol.aspx

# samohai said on January 5, 2008 01:23 AM:

saya bingung belajar dari vb, pascal, ato delphi enaknya dan yang mudah yang mana?

tolong kasih kabar

# ikang said on March 22, 2008 11:53 AM:

Pak, saya bingung nih, dket2 ini saya udh di target bwt ambil TA, tapi saya bingung enaknya amnil judul apa?

tapi saya punya obsesi mw ambil TA pk judul bikin robot,tpi saya ksulitan tentang item2 apa aja yg di pake?

mohon diberi referensinya pak? soft copy,hand out,modul atau apa ajalah.... yg pntg ilmu,,,

# ReeZ said on April 1, 2008 04:14 PM:

hidup ruby! hidup .net!

hidup ruby.net!

# Anggra said on April 24, 2008 03:17 PM:

Mr Norman..

Apa lagi sih kelebihan C# dibandingkan VB.Net selain "inovasi" yang mungkin lebih dulu ada pada C# dibandingkan VB.Net atawa bahasa .net lain??

Bukankah setiap inovasi di .net ber efek pada bahasa .net lainnya... karena .net menjaga konsistensi bahasanya kan?? melalui framework nya??

Simplenya, yang bisa dilakukan di C# seharusnya bisa dilakukan di bahasa .net yang lain...

I don't Understand -- Mohon penjelasannya ??

Trims

# norman said on April 25, 2008 05:36 PM:

Well, ada banyak hal yg ada di C# tp gak ada di VB.

Memang .NET menjaga konsistensi, tp bukan berarti fitur2 lebih yg ada di C# gak bisa dipakai. Maka itu di .NET ada attribute "CLSCompliant" yg kalau di isi "True" baru akan maksa fitur2 unik C# td jd gak bisa dipakai agar library yg ditulis dgn C# bisa juga diakses oleh VB. Tp kalau saya gak peduli dgn VB user, saya isi aja "CLSCompliant" dgn "False", dan pakai fitur2 unik C# yg gak ada di VB, dan gak peduli orang VB gak bisa pakai. He..he..he..

Contoh-nya: unsigned integer, unsafe code (access pointer spt halnya C++), dll.

# bohye said on May 4, 2008 12:59 AM:

kalau yang belum pernah belajar bahasa pemrograman gimana?dari mana saya harus mulai klaua saya belajar bahasa c

# zainal said on May 8, 2008 02:29 PM:

tolong buat rekan2 yg punya pengalaman belajar programing bagi2 dong bisa kirimkan artike kesya

dengan email zainalpos@posindonesia.co.id

# Fai said on June 25, 2008 03:07 PM:

smua......

bantuin donk kmi2 ini yg br mau bljr pemograman dengan Bahasa C#!!!

KM hars mulai dari mana??

trus...

klo mu buat program, dimulai dari apanya dulu?

dr coding? or desing ? or analisa logika? or?????

tlong bantuin ya....

dengan teknik yg simpel ja......

thank's before

# ERIS RISO said on October 7, 2008 01:43 AM:

sumbang sikit....

kebetulan saya seorang programmer dan dosen tidak tetap...

sering mahasiswa atau kenalan saya bertanya bahasa pemrograman apa yang bagus untuk belajar? dan ga sedikit pula yang menyarankan bahasa pemrograman A, B atawa C dengan embel-embel cross platform dan segala macam bahkan adapula bahasa pemrograman yang punya motto "write once run anywhere" tapi menurut saya malah "write once ERROR anywhere...." :)

berdasarkan pengalaman saya yang dulunya juga belajar sebagai mahasiswa trus jadi dosen trus disebut programmer oleh kenalan-kenalan saya, bahasa pemrograman adalah sebuah tool yang dilengkapi fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan sebuah desain sistem sehinngga apa yang kita angan-angankan terhadap sebuah proses komputer dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita rancang sebelumnya (...ini jangan dicatet ya... soalnya ga ada referensinya :) ...)

dari situ kita dapat mengambil sebuah kesimpulan sederhana bahwa antara bahasa pemrograman satu dengan yang lainnya mempunyai satu kesamaan yaitu sebuah ALGORITMA, istilah algoritma dalam dunia komputer mungkin tidak asing lagi karena tidak bisa dipisahkan dari pemrograman. bagi mahasiswa sering ini merupakan mata kuliah yang terabaikan padahal dari situlah kita berawal jika ingin belajar bahasa pemrograman. dengan mempelajari algoritma pemrograman kita akan disuguhkan bagaimana cara memecahkan suatu masalah, mengasah logika, karena jadi seorang programmer tidak akan pernah lepas dengan bermain logika.

Jadi, sebelum menentukan bahasa pemrograman apa ada bagusnya mempelajari terlebih dahulu sebuah algoritma pemrograman. kalo ini sudah dikuasai saya yakin bahasa pemrograman apapun yang akan dipelajari kita akan sangat terbantu dengan memahami algoritma pemrograman.

seperti salah satu motivasi saya adalah "Logika bukan hanya milik orang pintar..."

dan jangan lupa untuk sering berlatih, menurut einstein "Belajar melalui contoh bukan salah satu cara tapi satu-satunya cara..."

dan entah siapa yang mengatakan "...dalam dunia IT tidak ada sesuatu yang baru dibawah matahari..."

selamat belajar...

# abie web said on December 25, 2008 07:00 AM:

Pingback from  abie web

# jonathan_giuliano said on January 7, 2010 09:56 PM:

yep nambahin aj

langsung ke teknis memang tidak salah,

tapi bakalan lebih baik lagi kalo diawali dengan konsep dan teori programming itu sendiri, salah satu contohnya adalah algorithm (seperti kata pak erisriso).

selain itu juga mungkin seperti data structure, system design & analysis, OOP concept, discrete mathematics, database system, etc...

# B210 Replacement Nissan 280zx, Datsun B210 Specs said on May 21, 2010 07:39 AM:

Pingback from  B210 Replacement Nissan 280zx, Datsun B210 Specs

# Tredia Tube Vin, Tredia Replacement One said on May 22, 2010 11:12 AM:

Pingback from  Tredia Tube Vin, Tredia Replacement One

# J2000 Lightning Auto Parts Aftermarket, Pontiac J2000 Bulb H4 Replacement Headlight said on May 23, 2010 09:51 AM:

Pingback from  J2000 Lightning Auto Parts Aftermarket, Pontiac J2000 Bulb H4 Replacement Headlight

# 1990 Dodge Mirada Value, Mirada Officer Down Memorial - 312.jordanbrandallamerican.com said on May 24, 2010 11:46 PM:

Pingback from  1990 Dodge Mirada Value, Mirada Officer Down Memorial - 312.jordanbrandallamerican.com

# Canon Bp 819 1780mah Li Ion Battery Pack, 2002 L300 P1780 Saturn Sl1 - 297.binggreen.com said on May 25, 2010 02:44 PM:

Pingback from  Canon Bp 819 1780mah Li Ion Battery Pack, 2002 L300 P1780 Saturn Sl1 - 297.binggreen.com

# 2002 - 1980 @ B150 Aftermarket Dakota Dodge Ram 3500, B150 Bulb - 10.computeronlinebingo.com said on May 31, 2010 09:45 AM:

Pingback from  2002 - 1980 @ B150 Aftermarket Dakota Dodge Ram 3500, B150 Bulb - 10.computeronlinebingo.com

# no ways to go | gobex90 said on November 20, 2011 02:15 PM:

Pingback from  no ways to go | gobex90

# no ways to go | gobex90 said on November 20, 2011 02:15 PM:

Pingback from  no ways to go | gobex90

This Blog

About Me

Syndication