7Musician Add-Ins on top Microsoft Word

Ternyata keputusan saya untuk ambil kuliah kriptografi semester ini  memang baik adanya. Selain kuliahnya menarik , tugas2nya pun seru dan up to date. Setelah pada postingan sebelumnya saya sempat mengatakan ingin melakukan studi kemungkinan file XAML dijadikan cover object untuk steganografi, tugas berikutnya keluar untuk merancang dan implementasi algoritma blok cipher. Tentu saya saya memilih .NET untuk kakas perancangan.

Bagi yang belum mendengar apa itu blok cipher mungkin bisa saya informasikan secara singkat. Blok cipher adalah suatu teknik enkripsi/dekripsi  data pada mode operasi bit dengan ukuran blok tertentu. Dalam hal ini saya implemen 64 bit, setara 8 byte. Spesifikasi soal, blok cipher harus dapat menghilangkan hubungan statistik dari plainteks dengan cipherteks, menggunaka cipher berulang dan jaringan feistel (agar fungsi enkripsi =  fungsi dekripsi).

Terima kasih juga untuk bung irwansyah dan bung ronal yang udah memberikan inspirasi dalam hal penggunaan kelas BitArray. Keyakinan saya bahwa .NET bener2 memudahkan developer adalah benar adanya :p .

Oke, algoritma yang saya dan kelompok pilih tidak begitu sulit. Alurnya seperti ini : Ambil file yang ingin dienkripsi, baca dalam byte, ubah menjadi BitArray, enkripsi dan simpan menjadi file lain. Fungsi enkripsi yang kita pilih tidak berdasarkan fungsi matematis tertentu, semuanya dirancang berdasarkan intuisi, agar prisnsip penyamaran yang diinginkan tercapai. Kita menggunakan operasi shift rows sejauh 7 bit, Rjindael Transposition S-Box, Snakey Permutation Order dan operasi XOR dengan kunci masukan user. Fungsi diulang 7x dalam jaringan feistel agar memperkuat keamanannya.

Masalah baru muncul ketika spek soal mengharuskan isi file yang mau dienkripsi harus dapat ditampilkan pada text area. Saya gunakan text box pada mode multi line. Namun terdapat permasalah dimana pada saat membaca file dan menuliskannya, pada saat develop sering terjadi context switch deadlock. Jujur sampai sekarang saya tidak tahu permasahannya ada dimana. Namun pada akhirnya saya coba atasi dengan membatasi jumlah byte yang dibaca tiap waktu dan menuliskannya pada text box. Meski berhasil namun ternyata prosesnya cukup lambat. Berbeda dari teman saya yang menggunakan library hex editor .NET yang diunduhnya dalam salah satu situs. File berukuran 1 GB dapati ditampilkan dengan sangat cepat.

Beranjak dari soal wajib, saya langsung beralik ke soal bonus. Algoritma yang dirancang boleh dipasang sebagai plug in notepad++, messenger atau Microsoft Office. Tidak begitu sulit untuk memutuskan Microsoft Office sebagai target karena dengan adanya VSTO, hal ini menjadi tidak sulit dilakukan. Apalagi, kode yang sudah dibuat untuk soal pertama dapat direuse karena berapa pada platform yang sama.

Add-Ins saya impelementasikan sebagai elemen pada Ribbon class agar lebih menarik . Hasilnya seperti ini :

 

 

Untuk mengambil konten dari file saya gunakan method Document.Content.Range.Text lalu diubah menjadi BitArray dan idem dengan algoritma diatas. Akan tetapi setelah saya coba2 untuk file yang ada elemen tabel, chart dan gambar jadi tidak bisa. Sepertinya return value dari method yang saya gunakan adalah tipe string. Karena waktu yang memang sudah terbatas, (biasanya mahasiswa suka deadliner kan ya), akhirnya saya putuskan begitu saja. Mau bertanya juga bingung karena rata2 temen belum ada yang oprek VSTO juga.

Pesan moralnya, .NET bener2 powerful. Akibat beberapa tugas lainnya, saya dan kelompok hanya punya efektif 2 hari untuk implemen algoritma ini dan untungnya berhasil. Beda banget waktu jaman kuliah programming dimana harus bikin converter sendiri, container sendiri dan macam-macam lainnya yang bikin masa develop aplikasi jadi begitu lama.

Bagi yang mau coba pakai, mangga di unduh . Hehe.. tapi gak jamin yah , Add-Insnya.

 
Share this post: | | | |
Attachment: 7Musician.zip
Published Saturday, March 21, 2009 10:16 PM by poedja_p
Filed under:

Comments

# re: 7Musician Add-Ins on top Microsoft Word

Sunday, March 22, 2009 12:03 AM by irwansyah

Sepertinya begitu lulus bakal ditarik sama dedengkot VSTO di sini nih ;)

# re: 7Musician Add-Ins on top Microsoft Word

Monday, March 23, 2009 6:16 AM by andriyadi

Wow...another VSTO coder...Good job Puja

Kayaknya bisa gabung sama DyCode nih :)

# re: 7Musician Add-Ins on top Microsoft Word

Monday, March 23, 2009 10:53 AM by poedja_p

huaaa.... dedengkotnya VSTO datang...

thx udah  mampir ..

# re: 7Musician Add-Ins on top Microsoft Word

Thursday, April 23, 2009 9:23 PM by tgxgjtnxi

qcWBE9  <a href="ekcxomhkakod.com/.../a>, [url=http://tdoqjjzorrem.com/]tdoqjjzorrem[/url], [link=http://llabymlmfahd.com/]llabymlmfahd[/link], http://tzdqkfpeynlt.com/

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems