Selayang Pandang Indonesian Silverlight Games di Facebook

Ketika mendapat kabar bahwa Agate Studio (founded by Arief , pentolan jawara Imagine Cup 2008, MSP ) merilis game silverlight di facebook , tangan ini pun segera gatal untuk mencoba. Apalagi, game ini merupakan game pertama yang dibangun menggunakan silverlight di facebook dan karya asli anak bangsa pula. Lalu dimulailah petualangan ini dengan bergerak ke url : http://apps.facebook.com/agatestudio/ .

Begitu sampai, ternyata agate menawarkan tidak hanya satu atau dua , akan tetapi 5 game yang dapat kita mainkan. Game2 tersebut adalah  Kiri-Kiri, Gado-gado Sibuk, Defend the Monas, Art of Pencak Silat dan Climb the Pinang. Sebagai informasi anda memerlukan run-time Silverlight 3 untuk dapat memainkan game ini dan tentu saja akun facebook (sapa coba dijaman ini yang tidak punya :p).

Saya pertama kali memainkan game Kiri-kiri. Pada game ini kita berperan sebagai supir angkot yang memiliki target setoran yg harus dicapai selama bensin angkot masih tersisa. Permainannya cukup seru. Terdapat halang2an berupa mobil-mobil lain dan orang-orang sombong yang pura-pura ingin naik angkot (jadi ingat pengalaman pribadi). Untuk menghindari mobil kita dapat melompat , dan untuk mengambil penumpang cukup dengan berhenti di depan penumpang tersebut. Kita harus cekatan melihat balon bertuliskan "Kiri" yang menandakan kita harus berhenti untuk menurunkan penumpang. Game ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari saya sebagai mahasiswa sehingga sangat menyenangkan untuk dimainkan :p

Game kedua saya memainkan Gado-gado Sibuk. Bagi yang familiar dengan game serupa Diner Dash mungkin segera mengerti maksud dari permainan ini. Objektifnya adalah kita harus melayani pembeli gado-gado, sambil menjaga dagangan kita bersih dari lalat dan supply bahan tidak habis. Saya tidak terlalu lama memainkan game ini karena segera saja game over akibat susah sekali mengingat pesanan-pesanan pembeli cerewet itu :p. Tapi sekarang saya jadi mengerti susahnya menjadi pedagang gado-gado, pembeli maunya macam-macam tapi apa daya tangan ini cuma dua.

Selanjutnya saya menjajal Climb the Pinang. Pada permainan ini kita seperti mengikuti lomba yg amat mashyur di 17-an, yaitu panjat pinang. Game yang cukup seru karena selain memanjat  kita dapat menghalau lawan2 disekitar kita dengan menendangnya :p.  Hati-hati dengan orang yang tiba2 jatuh dari atas karena kalau kita terkena maka akan segera pula kita ikut terjatuh. Game yang menarik namun membuat jari saya cukup pegal untuk selalu menekan panah atas :D.

Kemudian, saya mencoba memainkan game Defend the Monas. Ini merupakan game yang bertipe point-click based, dimana kita berperan sebagai penjaga monas dan harus menyelamatkan monas dari serbuan makhluk2 hitam, yang kadang memiliki senapan dan peluru kendali. Game ini sangat menarik dan menyenangkan. Makin lama serbuan makin dahsyat sehingga saya tidak kuasa lagi menahan serangan dan monas pun hancur. Maafkan saya warga jakarta :p

Terakhir, saya mencicipi Art of the Pencak Silat. Dalam game ini kita berperan sebagai seorang pesilat yang harus menghalau penjahat yang berupaya menembus perguruan. Diantara game2 sebelumnya, game ini sangat kental unsur kekerasannya :p . Lawan akan muncul dan kita harus menghalaunya dengan menendang atau memukul atau mengeluarkan jurus spesial jika kondisinya memungkinkan. Jangan lupa wanita-wanita cantik harus dibiarkan lewat karena sudah sewajarnya sebagai manusia kita menyayangi wanita :D.

Game-game yang ditawarkan agate studio seluruhnya memiliki unsur Indonesia yang sangat kental. Sangat kreatif. Membuat ide game dari keadaan disekitar kita. Desain dan animasinya pun sangat menawan. Tampaknya game ini digarap dengan sangat serius sehingga membawa efek "ingin bermain kembali" yang sangat kuat. Kelima game ini sangat fully integrated dengan facebook (tidak hanya sekedar tempel dan tembak ke domain sendiri) karena memanfaatkan pula update score ke wall di profile facebook dan semacamnya. Sedikit komentar saya adalah waktu loading game yang cukup lama (atau memang koneksi inet saya yang batuk-batuk :p) ketika awal permulaan game, terutama pada game pencak silat. Meski begitu, waktu loading yg lama diganjar dengan gameplay yang menarik. No problemo then. Perlu dicatat, saya bukan lah seorang gamer (bermain doTa atau CS pun tidak bisa) namun melihat sebuah game dengan unsur kedekatan yang sangat kuat justru mampu menarik saya untuk menghabiskan waktu bermain game. Berbeda ketika saya melihat game2 facebook seperti geochallenge,music challenge dan lain-lain yang kurang memiliki "rasa" Indonesia.

Salut, buat Agate Studio , sebagai pioneer dalam penghasil game-game Indonesia yang sangat berkelas (dan tentu saja microsoft-based). Sejauh ini agate menunjukkan tajinya dengan menghasilkan game untuk Xbox dan Silverlight. Glad to know and waiting for the next big bang :D .

Maju terus developer Indonesia.

Share this post: | | | |
Published Monday, December 21, 2009 11:44 PM by poedja_p
Filed under: , ,

Comments

No Comments
Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems