Talk a little about Microsoft Expression Blend

Selalu ada yang pertama untuk segalanya, dan Sabtu, 9 Jan 2010 lalu menjadi pengalaman pertama saya untuk berbicara di depan banyak orang dan menyampaikan materi tentang teknologi WPF. Agak berbeda rasanya ketika menjadi trainer SSDK pada saat PMB ITB dua tahun lalu, atau ketika jadi trainer di beberapa training yang diadakan MIC ITB, kali ini meski hanya berbicara tidak lebih dari 10 menit, di menit2 awal saya sempat grogi juga.

Jadi ceritanya, Ronald Rajagukguk, selaku mantan bos di MIC mengajak saya untuk berduet dengan beliau membawakan presentasi tentang WPF pada event Weekend with MUGI di Politeknik Pos Indonesia. Point penting yang ingin disampaikan disini adalah bersama dengan WPF, MS juga mengeluarkan produk Microsoft Expression Blend dan Visual Studio yang memungkinkan desainer dan developer bekerja bersama untuk menghasilkan aplikasi yang robust dan ber-UX menarik. Nah, jadi saya berkesempatan untuk menyampaikan sedikit mengenai Expression Blend,serta melakukan live demo kolaborasi developer-desainer bersama bos Ronald.

DSC01819

Menarik ternyata. Untungnya demo berlangsung cukup baik. Kita mendemokan bagaimana membangun sebuah login form memanfaatkan teknologi WPF, kemudahan membuat animasi menggunakan Blend dan pengkodeannya dengan Visual Studio.

Nah, kebetulan setelah sesi tersebut, Ronald diminta kembali untuk mengisi materi sambil menunggu pembicara selanjutnya hadir. Maka VSTO pun menjadi menu berikutnya dan saya diajak kembali untuk mendemokan sebuah aplikasi VSTO yang baru2 ini coba saya buat, yaitu WordTwitt . Kebetulan saat demo sempat ada masalah dengan koneksi internet (saya menggunakan telkomesel flash pada saat itu) sehingga percobaan pertamanya gagal. Sambil menunggu koneksi stabil , saya akhirnya mendemokan saja aplikasi Add-In lain yang pernah dibuat untuk memenuhi tugas Kripto , MusicianAddIn, add-in Word untuk melakukan enkripsi terhadap isi dari dokumen Word. Untungnya pada percobaan kedua, tweet yang saya input dari add-in di word berhasil masuk ke twitter sehingga applause meriah pun hadir dari para hadirin.

DSC01815

Pengelaman yang menarik mejadi speaker dalam suatu event :p . Mari bos, kapan2 duet lagi , jadi nagih :D

Share this post: | | | |
Published Tuesday, January 12, 2010 12:05 AM by poedja_p
Filed under: , ,

Comments

# re: Talk a little about Microsoft Expression Blend

Tuesday, January 12, 2010 8:03 AM by Narenda Wicaksono

ngemeng itu memang nyandu :)

# re: Talk a little about Microsoft Expression Blend

Tuesday, January 12, 2010 11:55 AM by ronald

ntar gw ngemeng lagi di sumedang, ikutan ja

asal ntar elo jgn bikin project pake VB aja, hampir mati gaya gw

# New Year...New Challenge!

Monday, January 3, 2011 4:33 PM by Puja Pramudya

  Microsoft Innovation Center Challenge Kira-kira satu tahun yang lalu, ketika rekan Ronald akan

# Amazing 2010 in Microsoft Innovation Center

Wednesday, January 5, 2011 7:04 PM by Amazing 2010 in Microsoft Innovation Center

Pingback from  Amazing 2010 in Microsoft Innovation Center

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems