Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

August 2007 - Posts

My Community Server License is Ready!
Hari ini dapat email dari sales Telligent, berisi lisensi untuk Community Server. Karena setiap peserta Extravanza Theme Contest akan diberikan lisensi ini. Sebenarnya ini tujuan ikutan Theme Contest, tapi ternyata diberikan lebih. Alhamdulillah Big Smile
Share this post: | | | |
Posted: Aug 30 2007, 01:39 PM by reyza | with 2 comment(s)
Filed under:
Menambah Halaman pada Community Server
Bagaimana meng-embed video player yang dibuat dengan Silverlight dan membuat form inputan pada Community Server serta halaman baru pada bagian Control Panel di Community Server?

Dari petunjuk Om Google, kebanyakan untuk embed content multimedia di Community Server dengan cara membuat modul tambahan. Membaca referensi pembuatan custom modul dapat dikira-kira akan membutuhkan waktu yang lama. Menggunakan contoh Silverlight 'Video Library', tetapi belum ada yang buat menggunakan Silverlight RC (Masih Silverlight Beta) setelah dicoba-coba untuk upgrade 'Video Library' ke RC, ternyata masih banyak error dan belum menemukan dimana error tersebut bersembunyi. Ingin menggunakan Video Library yang menggunakan Silverlight 1.1 Alpha tetapi terlalu riskan karena masih versi Alpha.

Jadi? Apa yang dapat digunakan agar video player yang digunakan dapat jalan di Silverlight versi berapa saja dan bisa diselesaikan dengan cepat?

Ternyata caranya mudah, tidak perlu melihat semut diseberang lautan tapi cukup melihat gajah yang ada di depan mata. Idenya membuat halaman baru yang didalamnya terdapat control Media dari ASP.NET Future. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Modifikasi web.config agar 'mirip' dengan web.config website yang mendukung ASP.NET Ajax dan ASP.NET Future.
  2. Copy .dll yang diperlukan ke direktori Bin milik Community Server.
  3. Buat halaman baru pada direktori Themes/default/Common dengan cara mengopy file home.aspx dan mengganti namanya menjadi video.aspx, jangan lupa untuk membersihkan isinya dan menyesuaikan dengan keperluan.
  4. Buka video.aspx Visual Studio (asumsi ASP.NET Future sudah diinstal sehingga pada toolbox Visual Studio sudah ada control Media).
  5. Drag control Media ke halaman video.aspx, tinggal di modifikasi sedikit agar bisa meng-handle banyak video.

Hasilnya : bisa dilihat pada http://binaisv.net/photos/

Untuk membuat form pada CS pun dengan menggunakan cara pintas juga bisa dilakukan, cukup gunakan pengetahuan akan ASP.NET dan hasilnya bisa dilihat jika anda sudah terdapat sebagai user Bina ISV dan telah login, maka di pada bagian bawah halaman Home akan bisa dilihat form untuk Newsletter Subscription.

Sedangkan untuk menambah halaman baru pada Control Panel, maka langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Menambah menu pada Control Panel, modifikasi file ControlPanel/SetupNavBar.config, ikutin pola pembuatan menu pada file tersebut.
  2. Buat direktori yang anda inginkan yang akan digunakan untuk menyimpan file baru.
  3. Buat file baru dari file-file yang sudah ada pada Community Server dan dibersihkan.
  4. Tinggal masukkan server control yang anda inginkan dan apabila method, event dan action yang diperlukan.


Hasilnya :


 

 

 

 

Share this post: | | | |
Posted: Aug 29 2007, 05:40 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Langkah-Langkah sebelum dan setelah Themes Extravaganza Contest

Pertama kenal Community Server mulai versi 2.1 untuk pembuatan portal Home Edutaiment  di Telkom RISTI dan bantu-bantu membuat halaman HTML untuk skin Algorythmus (www.algorythmus.com). Selesai membuat rancangan theme/skin untuk CS 2.1 ternyata berselang tidak sampai 2 minggu keluar Community Server 2007 jadilah Home Edutainment di upgrade menjadi CS 2007 dan otomatis pembuatan ulang skin. 

Community Server ternyata barang yang menyenangkan dan bisa buat refeshing kepala dari permintaan customer atau yang lainnya. Maka jadilah Ambigram Indonesia sebagai tempat bermain-main theme/skin CS2007.

Themes CS2007 berikutnya dibuat untuk PT Dycode Cominfotech Development , masih sederhana karena masih baru tahap belajar Chameleon milik CS2007. Theme ini merupakan 'turunan' dari theme lean and green milik CS2007.

Tidak lama berselang, di web Community Server diadakan Themes Extravaganza Contest. Menarik, tapi belum ada terpikir untuk ikutan karena terlintas akan bersaing dengan banyak orang dari banyak negara.

Langkah selanjutnya..Theme Shadow and Grey, merupakan theme CS2007 yang digunakan pada www.ambigramindonesia.com dan di gratiskan untuk di download. Theme ini merupakan turunan dari theme default milik CS2007.

Redesign theme untuk Bina ISV merupakan langkah berikutnya, ada lebih 9 design yang diajukan menggantikan design Bina ISV. sudah mengerahkan 2 graphic designer (Yuda Shofatah dan Yosep) untuk ini tetapi belum juga di dapat design yang cocok, jadi terpaksa harus mengeluarkan simpanan graphic designer Toddy Tamara, dan hasilnya bisa dilihat pada design Bina ISV sekarang. setelah itu baru tugas saya untuk mengubah format PSD menjadi halaman HTML dan skin web Bina ISV. dengan penambahan beberapa fitur yaitu implementasi animasi dan video player dengan Silverlight, subscription form untuk public dan halaman untuk admin pada Control Panel.

Berita dari Community Server (http://www.communityserver.org), setiap peserta Themes Extravaganza Contest akan mendapatkan gratis lisensi CS2007 Personal. Maka dikirimlah Themes Shadow and Grey kepada panitia Themes Extravaganza Contest untuk mendapatkan lisensi tersebut. Themes dikirim kan dengan menggunakan identitas Mic. Mic merupakan singkatan dari Chocolove Mic cuma identitas saat masih kuliah dan memegang lab UPK dan juga nama virtual untuk forum diskusi atau milis.

Themes Bina ISV selesai dibuat dan sudah digunakan secara online.

Sehari sebelum pengumuman Themes Extravaganza Contest, email masuk ke inbox mic@ambigramindonesia.com, intinya design theme Shadow and Grey termasuk dalam 3 besar pemenang kontes tersebut selain menanyakan alamat shipping dan pilihan hadiah yang tersedia, macbook, iphone dan xbox (hm...menggiurkan). Dan besoknya hasil kontes ini diumumkan. Pada  Theme Extravaganza Results akhirnya theme Shadow and Grey menjadi pemenang pertama kategori Track Two, dan macbook menjadi hak milik walau sayang barangnya tidak bisa dikirim ke Indonesia jadi cuma cash.

Apa setelah ini? Apakah ada theme lagi yang akan dibuat?
Semoga

Share this post: | | | |
When 'Criminal Cat' goes to ITB
Tanggal 25-8-2007 malam, ada 3 reuni di ITB, 1977, 198x dan Fisika. Sepulangnya dari reuni Fisika, dan lewat aula barat dan terdengar sayup-sayup lagu Criminal Cat (baca: Kucing Garong) di acara reuni ITB 1977. Jarang-jarang penyanyi dangdut yang berkostum 'menarik' masuk kampus setelah group GEGER manggung di kampus tahun 1999-2000an (kalau tidak salah).Kapan di reuni Fisika terdengar alunan lagu Criminal Cat dan goyangan penyanyi dangdut? biar bisa refresh dari goyangan dan alunan gerak Brown atau hentakan keras Fisika Kuantum, Fisika Inti dan hantaman Fisika Modern :)
Share this post: | | | |
Modul Mengenal C# untuk Programmer PHP
Rangkaian training pengenalan C# dan ASP.NET akan segera di gelar. Berikut modul yang telah dibuat hasil referensi dari C# for Kid dan Modul Training Java untuk Departemen Pertahanan RI (karangan : M Reza Faisal & Andri Yadi).
Share this post: | | | |
Me, My Self and Orcas
Kembali ke bandung, dan dvd Orcas sudah berada di meja tergeletak pasrah siap untuk diinstal. :)

waktu 8:44 PM 8/21/2007 adalah saat selesai installasi Orcas Beta 2 (hasil kiriman dari Microsoft Indonesia). Splash screen yang menarik karena beda dengan VS.NET 2005, pada Orcas Beta 2 ujung-ujung splash screen dibuat rounded jadi enak dipandang mata.  Sebelumnya paling anti dengan kata 'rounded', gara2 proyek pembuatan buku dan cd interaktif peta 33 provinsi untuk SD. Sekarang 'rounded' menjadi enak dilihat.

Start Page pun terlihat lebih menarik, memang benar istilah istri muda itu lebih menarik dari istri tua (orcas = istri muda, vs.net 2005 = istri tua, moga-moga dia ngga baca blog ini bisa-bisa tidur menghadap tembok ntar).

Saat melihat template project, saya kira template project untuk Office, Microsoft hanya akan mendukung Office 2007 ternyata juga mendukung Office 2003. Mengagetkan, biasanya Microsoft 'hanya' mendukung 'barang' baru biar orang mulai upgrade dengan produk baru Microsoft (semoga Bill Gate belum bisa bahasa Indonesia, jadi tidak tersinggung dg tulisan ini). Pada template project Office 2003 dan Office 2007, ada Visio Add-in, belum tahu apakah ini sama fungsinya dengan yang dulu ada di VS.NET 2003. pada VS.NET 2003 bisa dimanfaatkan untuk 'ngoding' Visio. Semoga Microsoft menepati janjinya untuk mendukung Visio lagi agar bisa di-'coding' dengan VS.NET setelah 2005 (baca : Orcas).

Karena 'cuma' bisa membuat aplikasi web, maka yang dicoba membuat project ASP.NET Web Application yang baru dilihat dibanding dengan VS.NET 2005 ada tab AJAX Extension secara default, tetapi juga ada AJAX ControlToolkit (apakah ini juga default). Begitu halaman Default.aspx dibuka langsung ingat Dreamweaver, karena sekarang selain Design, Source juga ada mode Split yang bisa melihat hasil Design dan Source. Hal seperti ini belum ada di VS.NET 2005.

Di Toolbox, pada Tab Data terlihata dua hal baru DataPager, hm...menarik kayanya. dan satu lagi adalah LinqDataSource, ini yang patut dicoba.

9:18 PM 8/21/2007 .... WOOW, dukungan terhadap ASP.NET Ajax dan AJAX ControlToolkit ternyata sudah terintegrasi pada server control terbukti dengan sangat gampang bisa ditambahkan Extender yang biasa ditemui pada AJAX ControlToolkit.  Sebagai contoh untuk membuat panel dengan ujung rounded (hm...rounded lagi) cukup dengan Add Extender dan pilih RoundedCornersExtender.  Bila ingin pada tombol ada fasilitas konfirmasi ketika akan melakukan suatu aksi maka cukup Add Extender dan pilih ConfirmButtonExtender. kemudian apabila ingin mengubah property seperti radius dari unjung yang rounded bisa dilakukan pada 'Properties' sudah terintegrasi. Selain itu pada 'Properties' juga terdapat untuk mengaturan CSS dan Style yang lainnya, jadi lebih gampang untuk membuat cantik aplikasi web nantinya.

Ada yang baru lagi, biasanya .aspx hanya mempunyai .cs sebagai code behind sekarang terdapat .designer.cs, bila dilirik dari isinya seperti memetakan sesuatu dengan server control yang ada pada .aspx.  sebagai contoh memetakan suatu server control menggunakan ajax controltoolkit extender apa saja. entah apa yang menguntungkan dari file .designer.cs ini, seperti akan menyulitkan (semoga tidak).

Generate Code Matrix ?? belum tau barang apa ini sepertinya ini salah satu fasilitas dari 'Developer', tapi saat di VS.NET 2005 belum melihat.
Share this post: | | | |
Posted: Aug 22 2007, 10:06 AM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under:
Silverlight dan Bina ISV

Hari ini, 17 Agustus 2007, Bina ISV (http://binaisv.net) sudah di upgrade menjadi Community Server 2007 (moga-moga Pak Risman tidak perlu sampai berdarah-darah waktu upgrade dari CS 2.0 ke CS2007) Smile

Lumayan banyak kendala, dari upgrade sampai implementasi Silverlight. Tetapi semoga saja semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Semoga 

Share this post: | | | |
Menjadi posisi paling atas pada mesin pencarian

Minggu kemarin di blog yang ada di Geek (http://geeks.netindonesia.net) tidak sengaja membaca tentang  G dan M, bulan kemarin baru membaca buku kisah sukses google dimana banyak orang Microsoft yang 'terobsesi' untuk minggat ke google. Kadang di mailing list .net juga kadang terlihat beberapa orang yang punya tujuan ke google, yang mungkin dengan cara mengikuti 'quiz' yang ada di google untuk dapat perhatian dari google atau cara lain.

Tapi yang pasti dua minggu yang lalu di window Yahoo Messager melihat status dari kaka kelas di Fisika ITB dahulu, singkat "Fase pertama dari google,  sukses" (telah di-Indonesiakan). Woow, saya sudah menghayal bisa nitip kaos google kalo benar semua fase dari google terlewati oleh dia.

Langsung tidak sabar untuk mengklik dua kali YM ID iyal (nama kaka kelas sekaligus salah satu guru linux saat redhat masih cuma berukuran 260MB dan slackware masih versi 3.0), "Kerja di google?", "Belum", jawabnya.

Ceritanya dia baru saja di telpon dari google Taiwan untuk penempatan di google Singapura untuk mengurusi infrastruktur disana. yang menariknya dia terkaget-kaget karena sama sekali tidak pernah apply ke google.  Yang saya tahu kegiatan dia selama ini mengurusi warnet di bandung dan mengurusi server hosting untuk perusahaan hosting Singapura (entah apa namanya lupa) yang pengelolaannya dilakukan secara remote, sempat bareng nyari peluang untuk melakukan pembuatan sistem informasi untuk goverment (walau belum ada yang goal), sempat saya bantu untuk 'menjual' server alocation untuk keperluan web Oakley Bali. Sampai beberapa bulan yang lalu dia menawarkan warnet yang dia kelola agar mau kami beli (saya dan teman2), karena dia akan mengurusi cyber village di daerah sekitar bandung juga.

Setelah itu...sering ngajak2 untuk membangun infratruktur di daerah batam dan sekitar dan...banyak lagi, yang pasti urusan dia tidak jauh dari infrastruktur jaringan atau setting server.

Google melirik dia, entah tidak tau apa yang dilirik, kenapa dilirik, mungkin karena keseriusan dia akan bidang yang dia kuasai yaitu dalam infrastruktur jaringan dan tetap fokus. Dia sendiri tidak tau bagaimana google bisa tahu nomor handphone dia. Mungkin sekarang google juga punya search engine untuk mencari calon pegawainya yang juga berdasarkan Page Rangking, jadi berapa sering nama seseorang terkait dalam suatu halaman atau orang untuk mengetahui berapa penting orang itu Big Smile

Ada dua cara bagaimana supaya kita 'dilirik', pertama dengan cara menarik perhatian secara langsung ke objek yang ingin kita tuju atau yang kedua dengan cara melakukan sesuatu yang membuat kita dikenal, memberikan sumbangan banyak untuk bidang yang kita geluti dan nama kita akan terkait di banyak 'halaman' sehingga apabila dilakukan pencarian nama kita akan menjadi yang paling atas. Memang cara ini akan memakan waktu yang tidak bisa diprediksi dan butuh kerja keras. Tapi mungkin lebih baik daripada cara pertama.

Cobalah kita untuk berbuat sesuatu yang terbaik dalam bidang masing-masing, tujuannya agar kita bisa lebih penting, penting karena apa yang dibuat berguna bagi banyak orang, dimulai dengan orang-orang disekitar kita, memberikan informasi yang dapat berguna bagi SDM kita yang sering kesulitan mendapatkan informasi yang mudah dimengerti yang artinya informasi dalam bahasa ibu. Kenapa AYU (http://geeks.netindonesia.net/blogs/zeddy/pages/introducing-ayu.aspx)  dibuat? tentunya karena awalnya banyak yang kesulitan untuk belajar logika pemrograman karena keterbatasan pengetahuan akan bahasa pemrograman yang di dominasi oleh bahasa yang bukan bahasa ibu.

Kenapa harus dimulai dari orang-orang disekitar kita? Logika paling mudah adalah sebagai berikut, bagaimana kita bisa dikenal oleh orang diluar sana apabila disekitar kita saja belum banyak yang mengenal kita. orang diluar sana apabila ingin mendapatkan informasi tentang kita tentunya akan menanyakan orang-orang yang ada disekitar kita. 

Share this post: | | | |
Joone dan C# Neural network library

Kemaren ketika lagi merapikan meja dan beres-beres buku, terlihat lagi buku "Detemining CO Consentration from Line Source at Jalan Juanda Area With Neural Network Approach" karangan M Reza Faisal (TA gue maksudnya) Smile dan juga manual Java Object Oriented Neural Engine (JOONE).

Dari manual JOONE secara ringkas : "Joone is an Artificial Neural Networks framework written in Java licensed under the LGPL. It's composed by a Core Engine, a GUI Editor and a Distributed Training Environment and can be extended by writing new modules to implement new algorithms or architectures starting from base components."

Apakah ada hal yang seperti ini di .NET terutama di C# (karena bahasa utama gue sekarang C#) ? ternyata ada C# Neural network library (http://franck.fleurey.free.fr/NeuralNetwork/index.htm). memang belum selengkap JOONE tapi ketika mencoba aplikasinya bagus juga, terutama "Face detection using neural networks"

 

 

Contoh pertama menggunakan foto sendiri, cuma jidat yang dianggap muka (yang di dalam kotak merah) dan kemudian coba foto keponakan kotak merah pas melingkupi muka dia.

Kesimpulan : muka gue ternyata bukan dianggap muka.

 

Share this post: | | | |
Besok hari terakhir

Besok hari terakhir di Bandung, sudah tidak sabar untuk istirahat di kampung halaman. Melepaskan seluruh beban teknologi, melepaskan dari radiasi dan gelombang elektromagnetik, lepas dari sistem deteksi keberadaan (internet), kembali ke 'hutan' kembali keringatan, kembali ke keluarga, kembali menyiapkan makanan dengan masak bersama orang tua dan saudara. Mulai mengamati mantan-mantan pacar yang sudah punya suami dan momongan tanpa alat yang sadap yang canggih, cukup dengan mata telanjang. Telanjang dari teknologi yang canggih.

 Aku pulaaaaaaaaang
 

Share this post: | | | |
Menerangi Web dengan Si Hitam : Animasi Sederhana

Walaupun Silverlight dapat dikembangkan dengan bermodal Notepad atau teks editor lainnya, tapi tentu saja akan lebih mudah apabila menggunakan tool visual yang lebih user friendly.  Tool development untuk Silverlight terbagi atas dua sesuai dengan fungsi, yaitu :
1.    Microsoft Expression Blend 2, tool yang ditujukan untuk para designer.
2.    Visual Studio 2008 Orcas, tool yang ditujukan untuk para developer.
Microsoft Expression Blend 2
Tool ini bisa digunakan untuk membuat design objek-objek grafik, animasi dan memasukkan media video atau audio secara WYSIWYG (what you see is what you get).  Artinya user dapat melakukan editing secara visual dan melihat hasilnya secara langsung.  User dapat dengan mudah melakukan drag dan drop objek-objek yang dibuat.  Serta dapat dengan mudah mengubah property objek-objek tersebut seperti ukuran, warna dan lain-lain.  Pembuatan animasi juga akan sangat mudah dari pembuatan timeline dan membuat pergerakan posisi suatu objek dari waktu ke waktu.  
Microsoft Expression Blend 2, selain digunakan untuk membuat aplikasi web untuk Silverlight juga dapat digunakan untuk mendesign antar muka aplikasi desktop.  Jadi aplikasi ini akan lebih berguna untuk membuat design yang outputnya berupa file XAML.  

 

File installer Microsoft Expression Blend 2 hanya berukuran 25MB dan dapat di download versi trialnya di http://www.microsoft.com/expression/.  Untuk menginstall Expression Blend dibutuhkan .NET Framework versi 2.0 dan 3.0 (atau 3.5).  Terlebih dahulu instal .NET Framework 2.0, setelah itu install .NET Framework 3.0 (atau 3.5).  .NET Framework 3.0 (3.5) hanyalah merupakan tambahan feature untuk .NET Framework 2.0.
Bagaimana menggunakan Expression Blend dengan contoh membuat animasi sederhana akan diterangkan di bawah ini.
Membuat Animasi Sederhana dengan Expression Blend 2
Berikut adalah tahapan membuat animasi sederhana dengan Expression Blend 2 :
1.    Buat Project baru dengan memilih menu File | New Project.  Pada window Create New Project terdapat empat project. Pilih Silverlight Application (Javascript).  Ketikkan nama project yang diinginkan pada kolom Name. kemudian tekan tombol OK.
 



Beda antara Silverlight Application (Javascript) dengan Silverlight Application (.NET) lebih kepada versi Silverlight yang telah diterangkan di atas.  Silverlight Application (Javascript) bisa dikatakan sebagai project yang mendukung Silverlight 1.0 sedangkan Silverlight Application (.NET) untuk membuat project yang mendukung Silverlight 1.1.
2.    Halaman design baru akan ditampilkan dengan nama Page.xaml.  Pada halaman ini dapat ditambahkan objek yang kita inginkan.  Misalnya ingin menambahkan objek berbentuk lingkaran.  Maka pada toolbar yang ada di sisi kiri pilih Ellipse.
 



Kemudian arahkan cursor mouse ke halaman design (Page.xaml) dan bentuk lingkaran yang kita inginkan.
3.    Untuk mengubah warna dari lingkaran yang telah dibuat. Dapat dilakukan dengan mengklik terlebih dahulu objek lingkaran yang telah dibuat kemudian pilih tab Properties yang ada pada sisi kanan.  Kemudian pilih warna yang diinginkan.
 



4.    Karena kita akan membuat animasi maka kita mesti mengubah ke mode Animation Workspace dengan cara menekan tombol F7 atau dengan memilih menu Window | Animation Workspace.  Maka tampilan tata letak kontrol pada Expression Blend akan berubah seperti berikut.
 

5.    Pada kolom bawah bisa dilihat bagian Object and Timeline.  Pilih tanda panah (lingkaran merah) dengan mengkliknya dengan mouse.
 

Maka akan muncul window baru seperti pada gambar.
 

Pilih tombol +, dan akan muncul window baru seperti berikut dan tekan tombol OK
 

6.    Maka tampilan bagian Object and Timeline akan berubah seperti gambar berikut.
 

7.    Langkah selanjutnya cukup gerakkan lingkaran yang ada pada halaman design (Page.xaml) ke tempat yang akan menjadi posisi awalnya.  Kemudian gerakan garis kuning yang ada pada bagian Object and Timeline ke waktu yang diinginkan, dan lanjutkan dengan menggerakkan lagi lingkaran tersebut ke posisi yang diinginkan.  Maka bisa dilihat perubahan pada bagian Object and Timeline seperti berikut.
 

8.    Untuk melihat hasil animasi ini bisa dengan menekan tombol Play (lingkaran merah).  Atau dapat juga dengan memilih menu Project | Test Project atau dengan menekan tombol F5 maka secara otomatis akan muncul Internet Explorer yang menampilkan animasi yang telah dibuat.

Visual Studio 2008 Orcas
Tool ini fungsinya akan lebih banyak untuk membuat kode-kode program untuk mengatur objek-objek yang telah dibuat.

Artikel lengkapnya bisa dibaca pada Majalah CHIP edisi bulan depan dengan judul RIA dengan Microsoft Silverlight (insyallah).
Belum banyak yang bisa ditulis tentang Visual Studio 2008 Orcas, karena belum pernah mencoba. Mungkin beberapa hari lagi bisa mencoba setelah mendapat kiriman dari Microsoft (sambil ngelirik Pak Risman) Smile

Share this post: | | | |
Posted: Aug 06 2007, 09:50 AM by reyza | with 2 comment(s)
Filed under: , ,
Langkah pertama dengan 'Komunitas PHP'

Hari ini beserta teman-teman yang sering menggunakan PHP mulai melakukan persiapan untuk installasi .netfx 2.0, Visual C# Express, Visual Web Dev Express dan juga SQL 2005 Express.  Hari ini cuma memberikan materi dan tahap-tahap installasi. Dan diskusi dengan mereka.  Ada pertanyaan menarik, ".NET itu segampang apa sih?" .. jawabanya "Nanti ya, 1 minggu lagi akan kita lihat kemudahannya".  Moga-moga satu minggu atau 2 minggu kedepan training pengenalan teknologi ini bisa terlaksana dengan lancar (karena mau pulang kampung dulu biar otak fresh lagi).

 Rencana topik yang di ajarkan :

  1. Pengenalan OOP dengan C# (1 kali pertemuan).
  2. Pengenalan ASP.NET dasar sampai operasi database ke SQL Express (2-3 kali pertemuan).
  3. Pengenalan ASP.NET AJAX (1-2 kali pertemuan).
Share this post: | | | |
I was a man who lead war against Microsoft

Iya benar pernyataan di atas, dikepala ini tidak pernah melekat teknologi Microsoft. Pertama karena lingkungan saat itu dominan teknologi non Microsoft. Semua server pasti keluarga Linux, jadi code-code yang melayang-melayang dikepala adalah PHP atau Java. Database pun kalau tidak MySQL maka PostgreSQL atau Oracle. Tool pendukung development pun tidak jauh dari VI ataupun PICO. Untuk membaca email cukup dengan PINE dan untuk browsing cukup menggunakan LYNX.

MS Windows cuma sistem operasi untuk menjalankan MS Office atau untuk hiburan dan membuat gambar dengan Photoshop. Tidak pernah terpikir untuk membangun aplikasi dengan 'sesuatu' yang telah disediakan Microsoft.Bila ada anggota baru di lab pun, sarat yang paling harus dia bisa adalah mampu bermain dengan keluarga Linux. Kalau belum bisa kita dengan *** rela untuk mengajari. Jarang terlihat anggota lab yang bermain dengan VB 6 apalagi .NET. Dominan lebih memilih Java (apabila ingin memilih cepat mati, karena susahnya) atau PHP (apabila ingin berumur panjang, karena gampangnya). Milis yang kami ikutin pun juga tidak jauh dari teknologi itu. Menulis Microsoft pun biasanya dengan kata Micro$oft :)

Training-training yang kita lakukan pun tidak jauh dari teknologi-teknologi tersebut. Karena kebanyakan semasa kuliah sebagian besar sudah bekerja baik mengajar ataupun sebagai developer, tetap memengang teguh teknologi non Microsoft. Sudah lumayan banyak kita selalu menawarkan sistem dengan teknologi-teknologi non Microsoft dan berhasil diimplementasikan. Kita sangat senang dengan teknologi-teknologi terbaru. jangan heran setiap ada teknologi terbaru bakal ada saja anggota yang 'ngulik' teknologi tersebut.

Sampai akhirnya sebuah kejadian terjadi...2005,
Ada vendor yang mengharuskan pembuatan aplikasi dengan teknologi Microsoft, tidak bisa ditawar lagi dan tidak bisa di nego. Saat itu .net 2 belum keluar versi 'stabil'-nya masih Beta. Jadi dibuatlah sebuah prototipe dengan .net 1.1 dengan tool VS.NET 2003. Project goal... .netfx 2.0 keluar, VS.NET 2005 sudah bukan barang Beta lagi. Atlas (nama sebelum ASP.NET AJAX) juga sudah keluar maka dimulaikan era baru.

Tidak ada yang salah dengan teknologi Microsoft memang, .net khususnya. Mudah dan meningkatkan produktifitas dalam pembangunan aplikasi. Selain itu banyak teknologi-teknologi unik, baru yang bisa dipelajari. Saya mulai membicarakan 'kemudahan' dan apa-apa saja yang menarik dan bagus ini ke lingkungan Lab, dan sekarang di lemari terdapat tumpukan CD atau DVD VS.NET dari yang express sampai yang developer edition, banyak mata mulai melek untuk membaca MSDN (maklum ternyata sudah terjadi Campus Agreement, ITB dengan Microsoft). Sampai akhirnya setiap ada tawaran project maka saya atau teman-teman menawarkan solusi dengan teknologi Microsoft, karena saya atau teman-teman malas untuk bersusah-susah dalam membangun aplikasi. lumayan banyak juga customer yang akhirnya mau beralih ke teknologi Microsoft, tepatnya .NET atau database keluarga SQL Server.

Kalau dulu kami merupakan pasukan Linux, PHP, Java..sekarang menjadi lebih lengkap yaitu pasukan .NET, PHP, Microsoft, Linux ........... dan Java (apaan tuh?). Sampai saat ini sudah banyak orang yang saya atau teman2 didik untuk mau menggunakan .NET.

Baru 2 minggu yang lalu, saya memperlihatkan .NET ke teman-teman diperusahan lain dan akhirnya mereka mulai mencoba untuk memakai .NET untuk develop aplikasi. Sudah 4 orang pemain Flash yang melirik saya ketika main-main dengan Silverlight. Dan rencananya 2minggu lagi akan ada pengenalan gratis .NET yang akan saya lakukan di-'komunitas' PHP yang ada di QCollege (http://www.qcollege.com). 1 minggu yang lalu satu lagi korban yang berhasil di-'hasut' dengan setelah diceritakan vs.net 2008, silverlight .netfx 3 dan 3.5, dan sekarang sudah mulai explorasi WF (walaupun yang menghasut belum bisa WF).

Lumayan bisa menjadi 'pasukan' baru buat saya untuk membangun aplikasi dengan .NET :) Tapi bukan berperang, tapi untuk membuat yang berguna. Implementasi teknologi-teknologi baru dan sukur-sukur ada sesuatu yang bisa diciptakan.

Share this post: | | | |
ASP.NET AJAX dan AjaxControlToolkit, memanjakan mata dan tidak membuat otot tegang

Pernah ketemu customer yang rewel? Ingin tampilan yang indah, tidak ingin menggerakan mouse hanya untuk melihat detail dari suatu record yang dipilih. Ingin mempunyai form inputan yang seperti aplikasi desktop berupa modal jadi daftar data masih terlihat di belakang modal, dan ketika data diinputkan modal hilang dan data pada daftar sudah bertambah atau terupdate tanpa harus refresh seluruh halaman. Tidak ingin memilih record pada grid kemudian mengklik satu tombol lagi untuk melihat detail atau menampilkan form update, tetapi inginnya cukup 1 klik saja.
Intinya ingin tampilan yang indah dan jangan sampai otot tegang karena harus menggerakan mouse atau scrol pada mouse.

Apakah logis customer minta hal-hal seperti itu? Apakah hal-hal seperti itu bisa dilakukan? Apakah hal-hal seperti itu gampang dilakukan? Apakah cukup dengan ASP.NET AJAX dan AjaxControlToolkit dapat membantu mempermudah hal-hal yang diminta tersebut? Jawabnya singkat IYA, BISA!! (iklan banget)


apa yang bisa diberikan oleh ASP.NET AJAX? jawabnya simple, kemudahan untuk implementasi AJAX pada ASP.NET. Nenek-nenek yang bukan MVP ASP.NET pun pasti bisa menggunakannya.

apa yang bisa diberikan oleh AjaxControlToolkit (ACT)? jawabanya juga simple yaitu kemudahan. Apa saja kontrol yang telah disiapkan oleh ACT? Banyak dan kalau ingin mengenalnya satu persatu bisa langsung mengunjungi http://www.asp.net/ajax atau http://ajax.asp.net.
Accordion, AlwaysVisibleControl, Animation, AutoComplete, Calendar, CascadingDropDown, CollapsiblePanel, ConfirmButton, DragPanel, DropDown, DropShadow, DynamicPopulate, FilteredTextBox, HoverMenu, ListSearch, MaskedEdit, ModalPopup, MutuallyExclusiveCheckBox, NoBot, NumericUpDown, PagingBulletedList, PasswordStrength, PopupControl, Rating, ReorderList, ResizableControl, RoundedCorners, Slider, SlideShow, Tabs, TextBoxWatermark, ToggleButton, UpdatePanelAnimation, ValidatorCallout.
Banyak bukan?

Mari kita mulai dengan halaman depan, karena Vista ber-motto WOW, maka tidak ada salahnya kita juga ingin kecipratan WOW, walau masih sederhana



Kemudian pada halaman setelah login terdapat 'dashboard', menu mencontek Ribbon Menu milik Office 2007. Untuk membuat menu seperti ini cukup dengan menggunakan kontrol Tabs milik AjaxControlToolkit, kontrol ini dapat kita ubah2 mukanya karena telah disediakan fasilitas Tabs Theming. Jadi dengan gampang kita dapat menyontek Ribbon Menu milik Office 2007.
Pada body halaman ini terdapat 'kotak-kotak' yang dapat di drag-drop serta dapat di-minimize, untuk membuat hal seperti ini cukup gunakan kontrol DragPanel (untuk drag-drop) dan CollapsiblePanel (agar kotak bisa diminimize).



Kontrol lain yang menarik dari AjaxControlToolkit adalah ModalPopup. Dengan kontrol ini seakan muncul modal (window yang membuat halaman dibelakang modal tidak aktif).



Dengan modal ini kita bisa membuat 'window' untuk menampilkan form ataupun detail dari sebuah record. Tujuannya untuk memanjakan user yang tidak ingin berganti halaman untuk mengisi data pada form. selain itu juga dapat menghindari kerja otot user yang berlebih (mungkin bisa menyebabkan terkilir atau salah urat) untuk men-scroll kebawah untuk melihat detail, karena detail juga ditampilkan dalam bentuk ModalPopup. selain itu (diluar kemampuan ModalPopup), kita juga dapat memodifikasi record pada grid agar ketika di-klik akan mengeksekusi script untuk langsung menampilkan detail dalam bentuk ModalPopup.



setiap detail atau form juga terdapat tab-tab yang akan mengelompokkan data sehingga user mengetahui lagi melihat atau meng-input kelompok data yang mana.

Kontrol AjaxControlToolkit yang juga sangat membantu yaitu : ConfirmButton. Kontrol ini dapat kita gunakan apabila ingin menampilkan kofirmasi terlebih dahulu sebelum aksi sebuah button dilakukan. Sebagai contoh ketika kita ingin menghapus sebuah record.



Kontrol AutoComplete pada ACT, dapat meringankan load data, karena data tidak diambil seluruhnya tetapi diambil sedikit-demi sedikit dengan keyword yang kita inginkan. selain itu kita juga dengan mudah melihat secara langsung data-data yang sesuai dengan keyword yang diketikkan tanpa harus melakukan postback dengan cara convensional seperti dengan harus meng-klik tombol terlebih dahulu.



pada aplikasi, kita dapat menggunakannya untuk memilih data yang sangat banyak, contohnya data equipment pada suatu pabrik.



Kontrol PopupControl, membuat textbox akan menampilkan kontrol standar ASP.NET seperti calendar, radiobuttonlist atau treeview.



Pada aplikasi dapat dimanfaatkan untuk memilih lokasi dalam bentuk treeview, karena dengan menggunakan cara berikut akan lebih efektif daripada menggunakan List of Value (LOV) dalam bentuk popup window. Hasilnya bisa diimplementasikan seperti gambar berikut.



dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan dari ACT.
kalau kita menganggap ASP.NET AJAX dan ACT sebagai roda, maka kita tidak perlu membuat roda baru. cukup gunakan rod a yang ada dan dimodifikasi untuk mendapatkan roda yang lebih bagus.

Share this post: | | | |
Posted: Aug 02 2007, 10:13 AM by reyza | with 3 comment(s) |
Filed under:
Microsoft, Teknologi dan Pendidikan
Minggu kemaren bertemu dengan guru bahasa inggris yang sedang (akan) mengambil S2 di bandung. Awalnya hanya melakukan pembicaraan biasa, tetapi sampai di topik tentang ide dia untuk tesis.

ide guru tersebut :
"membuat video yang berisi topik-topik ajar, jadi nanti siswa tinggal menonton apa yang akan ditayangkan pada video tersebut. dalam video itu nantinya ada penggalan-penggalan film-film yang menarik (tentu saja bahasa inggris) yang bisa menjadi acuan siswa dalam bagaimana pengucapan, serta dapat juga menambah kosa kata. bagaimana za menurut lo? menarik?"

dari tadi saya hanya mendenger ide dia tersebut, sembari menghidupkan service SQL Server 2005 yang ada di laptop. Kemudian membuka web browser dan mengetikakan http://localhost/HomeEdu. Tekan enter dan maka muncul tampilan seperti berikut.



Bisa menebak web ini dibangun dengan apa? Tentu saja dengan asp.net, kalau dengan Java pasti saya akan menulis blog di JUG Indonesia :) Web ini dibangun dengan Community Server 2007. Tampilan dan tata letak menu dirombak habis-habisan sehingga tidak tercium (terlihat lagi) lagi sentuhan Community Server walau rasa (engine) masih ada. Modifikasi juga terletak dengan membahasa Indonesia kan Community Server 2007.

Setelah itu saya mulai berceloteh tentang apa yang sekarang ditayangkan oleh web browser saya...
Apa itu Home Edu, dari animasi flash pada header web ini bisa diketahui Home Edu merupakan singkatan Home Edutainment. Web ini akan merupakan prototipe kerjasama dengan Telkom Risti untuk mengantarkan materi pendidikan, pengentahuan, permainan dan hiburan ke hadapan pengunjung.

Portal ini terdiri atas 3 bagian yaitu : Kid Area, Entertainmen Area dan Knowledge Area.

Kid Area
akan berisikan materi pelajaran formal, pelajaran non formal dan permainan edukasi. yang semuanya memanfaatkan engine Blog dari CS2007. perbedaannya pada Permainan edukasi, blog ini diisi dengan materi game-game Flash, bagian ini merupakan 'hack' dari engine Blog yang awalnya hanya dapat bisa diisi dengan content multimedia yaitu video.  pada materi pelajaran formal dan non formal, dengan memanfaatkan engine Blog maka dapat dimasukkan materi-materi pelajaran yang dapat dikelompokkan dengan memanfaatkan fasilitas TAG milih CS2007 dan terlebih lagi dapat di arsip berdasarkan waktu serta ada fasilitas search. saya yakin guru dan siswa akan terbantu dengan fasilitas ini.



Entertaiment Area
akan berisi fun game, video on demand, music on demand dan radio broadcasting. semuanya juga memanfaatkan engine Blog. masih merupakan hack dari fasilitas CS2007 yang dapat menangani content multimedia yaitu video tadi. yang unik pad radio broadcasting, kita memanfaatkan VLC untuk 'menyalurkan' siaran radio yang nantinya akan diudarakan lewat portal ini. Hal yang seperti ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan informasi ke pada siswa dimana pun dia berada.

Knowlege Area
terdiri atas forum diskusi, gallery foto dan file sharing. bagaimana pendekatannya apabila ini diimplementasikan pada lingkungan sekoalah? guru dengan guru, siswa dengan siswa atau guru dengan siswa dapat saling berinteraksi dan berbagi pada bagian ini.

bayangkan kalo di sekolah anda bisa meng-implementasikan sistem seperti ini, membuat suatu komunitas pendidikan yang dapat saling berkomunikasi, saling berbagi informasi, saling berdiskusi dan membuat data center dengan menggunakan engine seperti CS2007 ini maka dunia pendidikan akan lebih menarik. seni mengajar akan lebih menarik. siswa yang haus informasi bisa mengakses portal ini dimana pun berada dan kapan pun.

Sekarang giliran guru itu yang berbicara :
Ini yang gw cari. sesuatu yang menarik dan interaktif.

Tapi ada ide di otak saya yang belum tersampaikan kepada dia, karena konsep saya apabila ingin menyampaikan ide mesti ada 'barang' yang bisa ditunjukkan sebagai bukti.

Apa ide itu?
Ide itu tidak jauh dengan ide guru di awal pembicaraan, yaitu membuat video untuk bahan ajar. tapi dengan polesan. yaitu dari segi interaksi siswa terdapat video tersebut. Polesan itu muncul ketika ingat saat Zeddy memperlihatkan Silverlight manfaatnya bagi dunia bisnis. Menarik bagaimana Silverlight menampilkan content-content multimedia dengan menarik dan interaktif. Tentu itu akan menarik siswa untuk belajar bila materi ajar mereka semenarik itu. Tinggal dipoles agar terbentuk sebuah sistem untuk memberikan kemudahan dalam memasukkan informasi dan materi2 ajar serta manajemen materi dan informasi tersebut agar dengan mudah 'ditayangkan'. siswa dengan mudah mencari informasi dan materi yang telah dimasukkan, memutar file-file audio video, melakukan percobaan-percobaan dengan visualisasi animasi dengan menggunakan Silverlight... hmm.... mimpi kah?



Tergantung 'Kekuatan Komunitas', mungkin hal-hal yang seperti ini bisa menjadi proyek sebuah komunitas. Dulu masih kuliah pernah membangun Laboratorium Online yang memberikan 'tempat' dalam sebuah web site untuk melakukan percobaan dari topik-topik yang sudah disediakan yang dibangun dengan Java Applet. Tentu saja dikerjakan karena adanya hibah DUE LIKE PROJECT sehingga ada dana operasional buat mahasiswa untuk mengerjakan 'hal-hal aneh' tersebut. Mungkin Microsoft juga bisa melakukan hal saya, memberikan hibah atau beasiswa untuk mahasiswa dengan 'keharusan' mengerjakan sesuatu yang berguna dan dapat dikembalikan ke dunia pendidikan...contohnya yang seperti Silverlight sebagai bahan ajar interaktif buat siswa dan guru.

PS :
Bila saya bisa ikutan quiz Deal or Not Deal dan bisa mendapatkan 2 milyar. Maka uang 2 milyar itu seluruhnya akan saya sumbangkan bagi mahasiswa-mahasiswa yang dapat melakukan hal-hal menakjubkan untuk dunia pendidikan.
Lalu buat saya? Gampang tinggal menghayal lagi aja untuk mendapatkan 2 milyar berikutnya :)
Share this post: | | | |
More Posts Next page »