Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

November 2007 - Posts

Our CS Theme will goes to Singapore

Terima kasih buat Mas Choirul Amri (salah satu MVP kita yang sekarang lagi berada di Singapore) yang telah memperkenalkan saya secara pribadi kepada Mr Chewy Chong (Developer Evangelist – Microsoft Singapore) sebagai CS skin maker. Mr Chewy lagi membutuhkan CS Skin maker tapi belum tahu untuk kebutuhan apa. Jadi tadi mencoba memperkenalkan apa yang sudah kami buat seperti CS untuk PT Telkom dan juga andalan saya Bina ISV, karena sudah implementasi Silverlight dan Live ID :)

Semoga kami segera menjelajah ke Singapore.

Sekali lagi terima kasih untuk Mas Choirul Amri.

Share this post: | | | |
Posted: Nov 30 2007, 10:36 PM by reyza | with 8 comment(s)
Filed under:
Aku pulang

Aku pulang ... tanpa dendam

Disana aku akan melanjutkan anganku untuk menatap dunia

Tunggu kabar kami dari sana

Akan ada sayup-sayup angin segar dari sana

Akan ada hiruk-pikuk dan geliat kode-kode dari sana

Aku pulang

Selamat tinggal 

Share this post: | | | |
Posted: Nov 26 2007, 03:42 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Pasar Virtual untuk Industri Software called PasUTri-ware?

Indonesia, faktanya adalah :

  • Terdiri atas wilayah yang luas dari Sumatra sampai Irian.
  • Kuliah dengan jurusan yang berhubungan dengan IT menjadi salah favorit untuk diambil.
  • Perusahaan-perusahaan IT terfokus di pulau Jawa dan Bali, tidak tersebar merata diseluruh pulau Indonesia.
  • Proyek-proyek IT juga sepertinya lebih banyak di pulau Jawa dan Bali, proyek IT masih langka ditemui di daerah-daerah diluar pulau Jawa dan Bali (masih opini, diluar sana pasti sudah mulai banyak geliat-geliat proyek IT).

Fakta tersebut hanya opini saya, perlu ada survey atau data resmi yang untuk membuktikan hal tersebut. Dengan mengasumsikan (ini kebiasaan di Fisika, harus ada asumsi bila ingin memulai analisa masalah) bahawa fakta tentang Indonesia di atas itu valid, maka berikut juga fakta yang sering terlihat selama ini.

  • SDM yang telah menyelesaikan kuliahnya di bidang IT jarang yang mau pulang ke kampung halaman karena kawatir tidak ada pekerjaan yang sesuai bidang IT.
  • Menjadi pengusaha IT di daerah masing-masing? Itu juga menjadi ketakutan para SDM tersebut untuk membuat ISV di kampung masing-masing.

Ada yang merasa seperti itu? (sambil melihat cermin dan melihat sosok orang tersebut)

Di atas telah dipaparkan dari sudut pandang dari para SDM IT, perlu juga dilihat dari sudut pandang para customer yang membutuhkan produk-produk IT. Berikut fakta yang bisa disampaikan :

  • Para customer di daerah-daerah diluar Jawa dan Bali sering kesulitan mencari SDM / ISV lokal yang bersedia memberikan solusi atas masalah yang ada.
  • Kebanyakan ISV dari pulau Jawa atau Bali merambah ke daerah-daerah luar pulau Jawa dan Bali, memang tidak ada yang salah tetapi sering terlintas bahwa hal ini kurang efisien. Bila dilihat dari sisi biaya yang mesti dikeluarkan untuk pulang pergi antar daerah dan ada beberapa hal lagi yang lupa untuk disebutkan.

Fakta lagi. . .

Kita akan memandang ISV dari software yang mereka bangun. Kadang kita bertemu dengan ISV yang kurang memperhatikan bagaimana teknis software dibangun, bagaimana konsep-konsep design database, konsep design software sampai pemilihan teknologi sampai framework (maaf kurang tau juga bagaimana konsep-konsep mutakhir dalam pembuatan software). Kita akan memandang dari tingkat yang paling sederhana dahulu karena hal berikut pernah saya temui.

  • Programmer sering diberi kebebasan untuk membuat aplikasi dari segi design database sampai kebebasan menulis code program, kadang ISV mempunyai kebijakan untuk memperkerjakan developer dengan pengalaman yang masih baru dengan spesifikasi kerja seperti di atas dengan pertimbangan penghematan. Hasilnya software yang dibuat akan mempunyai status 'asal jadi'. Mungkin ini bisa disebut sebagai implementasi XP (bukan eXtreme Programming, tetapi extremly programming).
  • Selain itu kadang ISV tidak mau berbenah diri dan melek dengan perkembangan teknologi, selalu memakai teknologi usang yang digunakan terus menerus tanpa mau memperbaharui.

Apa akibat dari fakta di atas? Fakta pertama akan berakibat ketika developer tersebut keluar/resign maka ketika developer lain ditugaskan untuk melakukan perbaikan atau penambahan modul pada aplikasi tersebut akan sangat susah karena konsep extremly programming tadi. Fakta kedua akan membuat kualitas software menjadi ikut-ikutan usang.

Dari dua kelompok fakta di atas maka dibuat pernyataan untuk memecahkan masalah tersebut :

  • Perlu dibuat sistem yang memungkinkan untuk diakses dimana saja dan memberikan kesempatan yang luas untuk mendapatkan proyek IT dmana saja, dikerjakan dimana saja hubungan yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu (maksudnya bisa dilakukan kapan saja).
  • Sistem yang memberi kemudahan kepada customer untuk memberikan proyek IT kepada siapa saja.
  • Sistem yang dapat dilihat banyak orang, sehingga sistem ini dapat berperan sebagai kontrol atas code yang ditulis dan teknologi yang digunakan.

Jadi ada 3 tujuan dari sistem ini. Apakah ini ide baru? Bukan, ini bukan ide baru hal yang baru. Bila anda pernah mengunjungi website www.rentacoder.com maka akan dilihat sistem dengan feature berikut ini :

  • Ada dua tipe user anggap saja ada 2 kubu, yaitu Buyer dan Coder. Buyer adalah orang yang mempunyai proyek dan melemparkan keinginannya itu ke pasar lelang (www.rentacoder.com) dan Coder adalah para orang-orang atau team yang menjadi pengikut lelang untuk mendapatkan proyek itu dan tentu saja mengerjakannya. Buyer bebas memberikan harga maksimal yang dia sanggupi.
  • Disini tidak ada 'wasit external' yang menjadi penentu siapa yang berhak mendapatkan proyek tersebut, yang menjadi penentu tetap si Buyer.
  • Disini yang diutamakan adalah kualitas dan harga yg kompetitif. Tetapi ada kemungkinan extremly programming terjadi disini. Belum ada control bahwa code yang di-delivery itu 'standar' atau apalah istilah yang cocok.
  • RentACoder seperti pasar, pasar untuk solusi IT. Untuk masuk pasar ini tidak ada biaya registrasi atau pungli-pungli liar. Ang ada hanya seperti ketika kalau anda makan di foodcourt di Ciwalk Bandung. Kita dapat kartu magnetik (CMIIW). Setiap orang bila ingin pesan sesuatu di counter tinggal gesek itu dan nanti apa yg dia pesan terekam disitu. Setelah itu tinggal membawa kartu itu ke 1 kasir (cuma 1 kasir, terpusat) maka dikasir kan tertera memesan item apa saja dan tinggal bayar. Sama seperti di RentACoder, kita punya history apasaja kerjaan yang sudah sukses kita lakukan (sukses tidaknya ditentukan oleh Buyer) dan pembayaran dari Buyer akan dilakukan ke pusat. Kita tinggal bisa mengambil uang tersebut kapan saja dan tentu saja dengan jumlah yang kita inginkan.
  • Pembayaranpun dibuat mudah dan simple, ada paypall dan western union. Dilakukan 2x dalam 1 bulan (kalau tidak salah).
  • Kepercayaan adalah yang utama pada RentACoder. Karena kita tidak diikat oleh suatu hukum. User bisa dibuat dengan bebas dan tentu saja dari situ unsur penipuan mungkin sekali terjadi. Bisa saja Buyer yang menipu setelah selesai kerjaan selesai tidak bayar, atau Coder menipu setelah dapat uang muka menghilang entah kemana. Di pasar ini ada proses verifikasi sejauh mana kevalidan Buyer atau Coder. Tetapi bukan berarti yang tidak valid tidak bisa berperan. Masih bisa diberi kebebasan. Sama seperti dipasar, ada pedangan yang 'valid' karena punya toko dan ijin resmi. Ada juga pedagang yang 'kurang valid' karena cuma membuat lapak untuk berjualan. Hal yang sama juga berlaku untuk pembeli (tapi di RentACoder, dipasar kurang diperlukan valid tidaknya seorang pembeli).

Itu fakta tentang RentACoder. Fakta lain?

  • Bisa dibilang Buyer dari Indonesia tidak ada disitu. Tanya kenapa? Karena mungkin salah satunya kesulitan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, tapi itu bukan yang utama. Yang utama adalah, bila kita ingin membuat suatu produk IT, software misalnya tentu sebagai orang Indonesia pasti inginnya software tersebut menggunakan bahasa Indonesia juga. Itu menjadi kesulitan bagi Coder disana untuk memenuhinya karena memang mayoritas yang menjadi Coder disana adalah orang diluar Indonesia.
  • Coder dari Indonesia terbilang banyak disana, persaingannya pun dari sisi teknis tidak kalah disana. Terbukti saya berhasil mendapatkan 2 proyek disana dalam kurun waktu (5 tahun) hehehehe. Bukan berita yang bagus untuk dibaca memang. 1 client dari USA dan satunya lagi dari Ausie. Perbedaan delta waktu untuk dijumlahkan dengan nilai inisial GMT kadang menjadi hambatan bagi Coder Indonesia berperan disana. Hambatan karena komunikasi susah dilakukan, begitu alasan mereka (Buyer), karena begitu kita tidur, mereka melek disana. Jadi begitu mereka mengirim message via RentACoder, kita baru membaca pesan itu beberapa jam berikutnya karena baru bangun. Begitu juga sebaliknya.

RentACoder adalah pasar 'global', tidak ada salahnya kan bila kita di Indonesia membuat pasar 'lokal' dengan fungsi yang sama seperti halnya pasar global yang sudah ada. Apa goal yang ingin dicapai dengan adanya 'pasar lokal' ini? Berikut sebagian yang ada dikepala ini :

  • Pasar ini akan menjadi wadah bagi para buyer dan coder lokal untuk saling bertemu, saling berinteraksi untuk memberikan proyek dan mengerjakan proyek.
  • Pasar ini akan menjadi wadah yang akan mengatur proses pembayaran dari buyer ke coder.
  • Pasar ini akan dapat diakses oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja (tidak perlu ada lagi pertanyaan WHO? WHERE? WHEN?).
  • Ada keingingan agar teknologi yang digunakan oleh Coder bisa dilihat oleh orang-orang pada pasar ini. Kenapa? Hal ini akan menjadi kontrol agar Coder melek dengan teknologi, karena pasti akan malu bila orang-orang pasar melihat kalau si Coder A masih menggunakan teknologi usang. Ini akan menjadikan kontrol secara tidak langsung kesetiap orang yang ada di pasar. Begitu jugabagi Buyer, akan melek dan melihat bahwa teknologi yang digunakan sangat penting untuk digunakan sehingga mungkin akan lebih selektif terhadap Coder yang sembarangan.
  • Pasar ini diharapkan dapat menjadi katalisator untuk untuk bermunculannya ISV atau team developer bukan hanya di daerah Jawa dan Bali saja tapi diseluruh Indonesia. Bukan hanya dari para professional tapi juga dari akademisi. Bila ini berjalan, kelip-kelip lampu di daerah, kampus akan mulai bernyala. Geliat orang untuk menjadikan produk IT sebagai solusi dikehidupan mereka akan ikutan menjadi intens (bener ngga ya penggunaan kata ini). Proyek-proyek IT akan bermunculan dari hanya sekedar membuat proyek kecil seperti untuk rental DVD atau pun untuk cafe-cafe kecil.
  • Pasar ya pasar, pasti untuk jualan. Maksudnya? Coder bukan hanya menerima proyek, kerjakan, dan simpan code yang sudah dibuat. Coder disini harus pintar untuk 're-use' apa yang telah dibuat. Code yang sudah dibuat akan menjadi portfolio, dan bisa dijual kembali dengan kemasan lebih baik tentunya. Artinya setelah proyek dari satu buyer selesai, hasilnya mesti dipajang oleh Coder, sehingga Buyer sebelum melontarkan proyek IT ke pasar, lebih baik dia keliling pasar dulu untuk melihat produk-produk yang sudah jadi dan tinggal berhubungan dengan Coder via pasar ini dan melakukan transaksi. Waktu tidak akan terbuang, ini menguntungkan buat si Buyer dan juga buat Coder. Dengan ini Coder akan saling bersaing atau akan fokus ke satu produk tertentu dengan tidak menutup kemungkinan untuk proyek lain tentunya.
  • Pasar ini diharapkan menjadi komunitas. Orang-orang didalam pasar adalah anggotanya. Sebagai anggota maka diharapkan akan 'care' terhadap komunitasnya. Komunitas ini akan menjadi rumah bagi setiap anggotanya. Pasar ini akan menjadi pelindung bagi anggotanya. Transaksi yang terjadi di pasar (baca: komunitas) ini akan disisihkan sedikit untuk kelangsungan dan operasional pasar (ini juga terjadi pada RentACoder-RAC). Keuntungan pagi founder tentu ada (siapa tau bisa jadi Goole-nya Indonesia...dreaming? crazy dreaming?), tapi pasar mesti care juga terhadap anggotanya. Setiap tahun ada keingingan untuk penghargaan terdapat anggotanya yang paling produktif, ini akan membuat iklim persaingan sehat terjadi. Tidak tertutup kemungkinan Coder untuk membawa Buyer-nya ke pasar ini, tidak tertutup kemungkinan Buyer dan Coder main mata terjadi disini, tapi bukan main mata yang merugikan tentunya. Kenapa? Coder akan membawa Buyer ke pasar, si Buyer akan melempar proyek IT kepasar dan pasti akan banyak yang ikut serta dalam proses lelang termasuk Coder yang membawa Buyer tersebut. Buyer pasti akan memilih Coder tersebut untuk mengerjakan, ada 'biaya' yang disisihkan untuk keperluan operasional pasar. Tidak merugikan siapapun bukan? Yang merasa rugi, ngacung!
  • Ada keingingan membuat pasar ini menjadi Silicon Valley (bukan Silly con Valley) Online di Indonesia. Artinya? Tempat ini juga menjadi rumah bagi anggota buat menyimpan code, dokumen, memberikan tasklist, manajemen proyek dari timeline dan resource yang digunakan dan lain-lain. Terpikir untuk membuat TFS terbesar didunia (Indonesia dulu aja lah) untuk manage code dari setiap team yang ada dipasar tetapi terlalu gila kayanya.
  • Pasar (baca: komunitas) mesti melek ke lingkungan sekitarnya, pasar mesti juga memberikan kontribusi ke lingkungan sekitarnya dalam hal ini Indonesia. Pasar ini harus mempunyai efek ke orang banyak (begitu yang pernah saya dengar dari Pak Risman, sistem yang bisa merimbas ke orang banyak seperti alibaba.com, bukan seperti lumpur panas lapindo). Goalnya adalah pasar memberikan kontribusi ke bidang pendidikan, ekonomi dan lain-lain. Tapi ini langkah masa depan setelah pasar memang sudah mampu berdiri tegak, berjalan bahkan berlari.
  • Masih ada lagi dikepala ini tapi biasanya keluar saat shalat...sungguh menjadi penghalang ke-khusyu-an shalat saja.
  • Tambahan (baru ingat pas lagi shalat dzuhur), pasar ini akan menjadi Indonesia dilirik oleh dunia (ini ide dari Andri Mirandi ketika lagi makan-makan di Shin Men). Kenapa? Kita akan asumsikan suatu pasar lokal ramai dan sudah terkenal, orang-orangnya solid dan kualitasnya sudah teruji, maka suatu saat akan ada berita yang keluar Indonesia menceritakan hal ini. Dunia akan melirik pasar ini. Dunia akan mencari tahu apa isi pasar ini. Sampai akhirnya dunia akan mulai berani berinteraksi ke dalam pasar. Buyer akan berdatangan, bukan Coder karena kita tidak perlu Coder dari luar Indonesia dipasar ini. Cukup Buyer.
  • Yang terakhir, ini mungkin termasuk forbidden dream (just joke). Pasar ini menjadi sangat ramai sehingga menyedot iklan untuk dipajang disini sampai akhirnya iklan menghidupi pasar ini, saatnya pasar ini bisa sekali-sekali berubah menjadi Buyer, memberikan something like iMulai does. Memberikan hibah kepada anggota pasar untuk berinovasi dengan iming-iming biaya. Inovasi harus selalu diluncurkan, pasar ini adalah wadah dan pasar ini adalah komunitas untuk saling membantu.
  • Ini juga terlupakan, baru ingat saat lagi membuat mie goreng kriuk. Apakah anda tahu bagaimana repotnya bikin perusahaan/badan hukum. Repotnya menyiapkan dana untuk membuat legal, mengurusnya dan tetek bengek lainnya. Dengan pasar ini hal-hal seperti itu tidak diperlukan lagi. ISV-ISV online akan bermunculan, cukup dengan kemampuan dan komitment maka

Sekarang kita sudah punya barang yang namanya PASAR. Sistem tentu harus dibuat, perlu dana dan tenaga. Biaya tentu saja dari iMulai. Dana tidak hanya untuk membuat sistem ini, tapi perlu dana operasional untuk pasar sendiri dan juga untuk promosi dan lain-lain. Di awal kami, saya dan Andri Mirandi (bukan Andri Yadi, maklum banyak nama Andri di Fisika) akan membuat sistem ini, setelah itu kamarin ada ide dari Andri Mirandi untuk membuat sistem ini open source, agar menjadi tanggung jawab bersama komunitas. Sistem ini tidak hanya bicara sistem untuk PASAR tetapi juga akan menjadi framework sekaligus software platform. Mungkin Bung Andri Mirandi akan menjelaskan detailnya nanti.

Ini cuma ide saya dan Andri Mirandi untuk mencoba ikutan iMulai, dengan cara menghayal. Ada masukan?

Share this post: | | | |
Posted: Nov 22 2007, 04:46 PM by reyza | with 20 comment(s)
Filed under:
MSDN Day | Web Application Framework

The Dynamic Duo, Andri & Reza from Dycode will be speakers in MSDN Day, Web Application Framework.

These are the details about what we'll share in MSDN day.

Title: Building Community Portal using Community Server 2007.

Detail :

Community Server is all about community. It is a platform for rapidly enabling online communities and includes all the integrated tools you need to create your own community. These tools include discussion forums, distribution lists, newsgroups, weblogs (blogs), file galleries, content management, and other integrated tools required to enable online communities. During its evolution, Community Server is also considered as most used portal engine and web application framework in .NET framework.

In this session, we'll get deep dive into the new Community Server 2007 (CS 2007). We'll introduce what Community Server is all about and the newest CS 2007 features. We'll show you the newest engines included in CS 2007, including Chameleon as the theme engine, Zion as the new file storage system (I hope we have enough time to present this topic), Morpheus as the new membership system (I hope we have enough time to present this topic too). We'll demonstrate to you how to build custom page using controls available in those engines. Building a custom module will be also demonstrated using Community Server SDK and then we'll show you step by step guide to get that module be online immediately.

Like we always do, you're gonna have some fun with us in configuring, customizing, and deploying Community Server. It's all about making of Community Server Skin, you can see how easy to make Community Server Skin direct from Telligent's Extravaganza Theme Contest Winner :)

Where : Auditorium, Microsoft Indonesia, Jakarta Stock Exchange Building, Tower 2, 18th Fl. Jl.Jend.Sudirman Kav 52-53, Jakarta 12190

When : Friday, November 30, 2007 (please be there by 8.30 for registration)

How Do I Register?

  • Send Email to : dpeevent@hotmail.com. For further information, call Fitri @ 62-21-25518100 ext. 8163.
  • In the email, tell us your name, company name and URL.
  • Only 50 seats are available.

See you there.

Share this post: | | | |
Posted: Nov 22 2007, 06:53 AM by reyza | with 4 comment(s)
Filed under:
CS Skin for foreign company

Membuat Skin/Theme Community Server adalah hal yang menyenangkan dan tanpa perlu pusing-pusing dibanding dengan membuat aplikasi web seperti yang biasa saya lakukan. Hanya sekedar hobby? Apakah menguntungkan bagi finasial pribadi atau perusahaan?

Siapa bilang dengan hanya membuat Community Server saja tidak akan menguntungkan. Seperti kata mas Agung, bila fokus terhadap sesuatu, suatu saat orang akan melirik kita. Hari ini hal itu terjadi. Hari ini saat kepala didera tumpukan beban kerja, satu email melayang ke inbox untuk negosiasi pembuatan skin siap pasang untuk website komunitas perusahaan mereka. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan software Northeast Mesa, USA.

Lalu apalagi? Pasti diterima karena membuat skin CS adalah menyenangkan. Sama menyenangkannya membuat ide gila untuk iMulai.

Share this post: | | | |
Posted: Nov 19 2007, 05:32 PM by reyza | with 3 comment(s)
Filed under:
Menampilkan video pada Blog

Memang bukan barang baru dan pasti para pengguna Community Server pasti banyak yang sudah tahu bahwa kita bisa menampilkan video pada Blog. Apa gunanya Blog yang dapat menampilkan video? Mungkin banyak dari kita yang sudah pernah membuat webcast atau apaun dalam bentuk media audio dan video dan ingin meng-share media tersebut pada pengunjung.

Agar suatu blog pada Community Server dapat menampilkan video maka user dengan level Administrator mesti ikut campur tangan, karena fasilitas ini hanya dapat diberikan oleh user dengan level Administrator. Ada dua cara setting bisa dilakukan :

  • Setting untuk 'sebuah' blog.
  • Setting untuk 'semua' blog.

Sayangnya tidak bisa dilakukan untuk 'group' blog tertentu saja.

Untuk setting pada 'sebuah' blog, Admin cukup mengunjungi halaman pada Control Panel | Administration | Blogs | Blogs, pilih awalan huruf dari blog, kemudian pilih blog yang ingin dimodifikasi permission-nya kemudian pilih tab Permission. Pada kolom Video tinggal cek pada record Owners. Jadi hanya pemilik blog saja yang dapat menambahkan video pada blognya.

Untuk setting pada 'semua' blog, Admin harus mengunjungi halaman pada Control Panel | Administration | Blogs | Global Permissions, kemudian Admin tinggal men-cek pada kolom Video pada record Owners.

Setelah setting dilakukan, user pemilik blog saat ingin menambahkan video pada blognya saat menulis blog mesti melakukan cek Advanced Option, maka bisa dilihat tab Video. User tinggal menambahkan URL dari video yang ingin ditampilkan.

Video yang ditampilkan pada blog hanya dapat dilihat apabila pada sistem sudah terdapat Windows Media Player, atau pada web browser Firefox mesti diinstall plugin Windows Media Player.

Lagi dicari jalan untuk mengganti player tersebut dengan Silverlight Media Player.

 

Share this post: | | | |
Posted: Nov 12 2007, 08:18 AM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under:
INDC Geeks Portal Skin with Silverlight

Akhirnya sudah dibuat dua theme untuk kompetisi pembuatan skin untuk INDC Geeks Portal Skin, yaitu :

Selamat mencoba.
Share this post: | | | |
Posted: Nov 11 2007, 01:49 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Paint the world Web 2.0

Jumat, tanggal 16 November 2007 di Sasana Budaya Ganesha Bandung.

Sun University Day, seperti MSDN Day?

Jam 09.30 – 10.00, Java FX Rich GUIs Made Easy by Chuk Munn Lee, Java FX = saingannya Silverlight? Paint the world Web 2.0 (Java FX) dan Light up the Web (Silverlight) ? Bagaimana Java FX bekerja dibandingkan Silverlight dan Adobe Flex? Event yang menarik untuk dikunjungi, untung melihat sisi lain dari suatu teknologi untuk menjalani dunia Web 2.0.

NetBeans? Opensolaris? Weeew sudah lama tidak mendengar kalimat ini.

Kostum yang dipakai apabila sempat berkunjung ke event ini? Apakah baju dengan tulisan XBox 360 dibelakang dan Visual Studio 2005 di dadanya? Atau baju dengan tulisan Unified Communication di belakang dan Office Communication Server 2007 di dadanya (jangan karena bajunya terlalu besar, mesti dikecilin dulu) ? Atau kostum matador? Atau cukup dengan baju taqwa karena jumat, jadi bisa sekalian jumatan di mesjid Salman :)

Jam 15.45 – 16.00, Clossing & Door Prizes (door prizes hunter : mode on)

Sayangnya di daftar acara tidak ada nama "F**** T******" :)

Share this post: | | | |
Submit skin untuk INDC Geeks Portal

Karena belum tau mesti submit filenya kemana, jadi nulis blog dulu untuk memperlihatkan screenshot skin untuk INDC Geeks Portal yang telah dibuat, secara keseluruhan halaman depan seperti gambar berikut :

Untuk halaman agregate blog menggunakan seperti yang ada pada skin lean and green agar pengunjung dapat melihat sudah berapa banyak yang mengunjungi blog dan comment untuk blog tersebut.

Pada form sign in, create user dan beberapa form lainnya dimodifikasi seperti berikut, cuma menambahkan 'logo' sederhana pada title dari masing-masing form tersebut.


Pada forum juga dilakukan modifikasi agar terlihat berbeda dengan CS2007 standar, modifikasi yang paling terlihat adalah pada bagian antarmuka detail dari thread, seperti pada gambar berikut

 

 Hal yang sama juga dilakukan pada bagian Gallery/Photo.

Skin versi sore ini (tanggal 10 Nov 2007, jam 17.23) masih belum menggunakan animasi Silverlight.  Masih dalam tahap 'produksi', dan di jadwalkan akan selesai dan di submit sebelum jam 12 malam.

Setelah itu baru mulai tidur yang nyenyak menikmati suasana bandung yang hujan sejak tadi siang. Nikmatnya selimut (sayang cuma selimut, uuups lupa ada jaket Microsoft Office hasil Office 2007 Competition) yang hangat dan besoknya kembali ke Community Server untuk proses convert skin Cabe Ijo ke CS2007. 

Share this post: | | | |
13 Agustus

Tigabelas Agustus Bersatu
Menjalani Kisah Cinta Ini
Naluri Berkata Engkaulah Milikku
Bahagia Selalu Dimiliki
Bertahun Menjalani Bersamamu
Kunyatakan bahwa Engkaulah jiwaku

Akulah Penjagamu
Akulah Pelindungmu
Akulah Pendampingmu
Di setiap langkah-langkahmu

Pernahku Menyakiti Hatimu
Pernah kau melupakan janji ini
Semua Karena kita ini manusia

Akulah Penjagamu
Akulah Pelindungmu
Akulah Pendampingmu
Di setiap langkah-langkahmu

Kau bawa diriku
Kedalam hidupmu
Kau basuh diriku
Dengan rasa sayang
Senyummu juga sedihmu adalah Hidupku
Kau sentuh cintaku dengan lembut
Dengan sejuta warna

Share this post: | | | |
Posted: Nov 08 2007, 01:03 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Ide Cemerlang Jangan Cuma Dipajang

Itu kalimat yang ada di iMulai , dengan iming US$25.000 sungguh menggiurkan belum lagi ditambah dengan 3 buah laptop dan 3 set software untung pengembangan. Bukan hanya itu, hadiah itu akan diberikan masing-masing untuk 3 pemenang.

Apa yang akan kami usulkan sebagai inovasi kami? Yang pasti sesuatu yang mempunyai impact pada banyak orang dan banyak kepentingan, berhubungan dengan kata archipelago, berhubungan dengan gelar nenek moyang kita dan yang terakhir adalah berhubungan dengan 'gerbang emas' yang akan segera dibuka.

Semoga ini bukan hanya bisa menjadi inovasi baru tetapi juga banyak pengaruhnya baik banyak orang.

Share this post: | | | |
Pengenalan Silverlight pada CHIP

Karena insting 'marketing' beberapa bulan belakangan ini mulai muncul lagi, jadi mencoba mengenalkan sesuatu yang baru, teknologi baru kepada pembaca majalah tempat saya sering memberikan kontributor.  Bulan ini yang dikenalkan adalah Silverlight dilihat dari sisi para 'pengguna Adobe Flash' dengan harapan mereka punya alternatif lain dalam membuat aplikasi web yang rich. 

What's next? Sebenarnya ada dua hal lagi yang ingin dikenalkan ke pembaca yaitu Community Server dan All About LIVE, tapi karena kekurangan waktu (karena bukan PNS seperti kata Om Rully) jadi artikel itu dipending dulu untuk sementara.

Back to Visual Studio again. . . 

Share this post: | | | |
Posted: Nov 07 2007, 10:27 AM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under:
Silverlight 1.1 in Action

Seterlah Essential Silverlight dari OReilly yang lebih fokus ke Silverlight 1.0 dengan Javascript sebagai 'bahasa pengontrol', sekarang Manning mengeluarkan Silverlight 1.1 in Action.  Artinya bahasannya lebih menggunakan managed code dan memerlukan VS2008 dengan .NET 3.5-nya.

 1. Introducing Silverlight
 2. Silverlight: Harmony with the Web
 3. Managing the basics
 4. Handling user interaction
 5. Working with data
 6. Networking and communication
 7. Managing multimedia
 8. Getting a grip on graphics
 9. Let's get animated
 10. Skinning
 11. Content delivery and storage
 12. Share the Light: Distribution and deployment

Selain itu juga akan ada buku dari Apress, Pro Silverlight 1.1

Dan juga Silverlight and ASP.NET Revealed, juga dari Apress

Buku ini akan sangat menarik, karena diterangkan bagaimana render kontrol Silverlight via ASP.NET. 

Share this post: | | | |
Posted: Nov 06 2007, 04:50 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Community Server semakin mahal

Sekarang Community Server 2007 hanya tersedia dalam 3 edisi, yaitu :

  • Express Edition. Edisi gratis dari CS2007. Sekarang CS2007 Express Edition mengalami peningkatan 'kemampuan' yaitu penanganan 15 blog dan 250 file.
  • Professional Edition dengan harga $2000.
  • Enterprise Edition tentu saja dengan harga lebih mahal.

Tidak ada lagi edisi :

  • Personal Edition.
  • Small Business Edition seharga $400 yang biasa kami gunakan.

Sudah pasti CS2007 sekarang makin mahal.

Apalagi berita terbaru dari Telligent? Grafitti CMS akan segera bisa di-review versi beta-nya. Tidak sabar menunggu untuk melihat CMS ala Telligent, terlihat menarik dari video demo yang pernah dilihat. Semoga tidak mengagetkan dari segi harga, karena sudah pasti Grafitti CMS merupakan sesuatu yang berbayar.

Apakah dengan berita di atas nanti harus berpindah hati ke CMS gratis yang paling populer saat ini pada 'platform .NET'? Jawabnya tentu tidak, selalu ada jalan untuk mendapatkan 'peluang'.

Share this post: | | | |
Posted: Nov 04 2007, 06:41 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Developer atau Matador?

Developer dengan kostum untuk menghalau banteng? Apakah matador atau developer? Hari ini seorang developer yang tidak tau menahu tiba-tiba harus berkostum matador. Sayang tidak sempat di dokumentasikan, kalau sempat pasti ditampilkan pada blog ini >:)

Share this post: | | | |