Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

December 2007 - Posts

Posting terakhir

Ada yang baru dan yang lama disini, tetapi baru buat saya.

2008 semakin dekat, tetepi bau 2008 sudah keluar, bahkan VS2008 sudah RTM, bahkah Windows Server 2008 sudah mulai mengeluarkan taringnya.  Dalam 2 minggu ini banyak yang baru dari pengalaman dan juga teman.  Yang pasti sekarang di tempat kami terdapat orang baru yang sangat membantu kami, Sultan, Microsoft Student Partner yang sedang kerja praktek.  Semoga dapat saling berbagi ilmu disini.

Buku yang sedang dibaca dan baru dipegang dalam 2 minggu ini banyak yang menarik :

What!?? The Compiler Design Handbook? tentu tidak, itu cuma salah insert gambar saja dan malas untuk mengarahkan mouse ke gambar tersebut kemudian menekan tombol Del.  Menyenangkan membanca buku dengan beraneka ragam, seperti yang dibilang Aidh al-Qarni kalau buku akan membuat kepala terisi dan otak tidak akan berkelana kemana-mana, ketempat yang tidak penting.

Seperti Luki bilang, "yang penting mau berbagi" semoga setelah selesai akan ditulis lagi ringkasan tentang apa yang telah dibaca.  Yang pasti tentang LINQ, ASP.NET 3.5, sedangkan untuk buku warna merah muda dan biru-putih-merah silakan membaca sendiri :)

LINQ, karena seringnya bermain dengan Silverlight maka permainan LINQ tidak akan jauh dari lingkungan Silverlight 1.1 (biar tidak jauh dari .netfx 3.5).

Ada hal baru lagi yang sering terpikirkan.  Dahulu bila membuat aplikasi, saya sangat alergi dengan memakai kemampuan dari database, entah itu store procedure, view ataupun yang lainnya.  Sangat alergi untuk menggunakan  ADO.NET murni pada aplikasi yang dibuat.  Biasanya lebih suka tergantung pada sisi programming dengan tujuan agar ketika aplikasi ganti database engine tidak perlu mengeluarkan keringat terlalu banyak.  Tetapi setelah sering melihat aplikasi mapan dari luar yang dilihat justru sebaliknya.  Penggunaan kemampuan database sangat sering terlihat digunakan.

Pada aplikasi terbaru nanti mungkin akan dilakukan research untuk penggunaan kemampuan alami yang dimiliki oleh teknologi .NET dan juga database engine yang digunakan (SQL Server 2005).

Semoga.

Ini posting terakhir di akhir tahun 2007.  Selamat berjumpa di 2008.

Share this post: | | | |
Posted: Dec 29 2007, 03:13 PM by reyza | with 6 comment(s)
Filed under:
CS Theme untuk BiztalkForums.com

Memang ada jargon 3G, Gold, Glory and Girl yang intinya dalam bahasa Indonesia adalah Harta, Tahta dan Wanita :-)   Tapi sebagai CS Theme developer yang paling nikmat adalah ketika theme yang dibuat digunakan oleh orang lain.

Bila anda sempat berkunjung ke http://dycode.com dan http://biztalkforums.com, maka dapat dilihat kesamaan CS Theme yang dipakai.  Hari ini saya memberikan support untuk http://biztalkforums.com dengan menjawab pertanyaan untuk menghilangkan ciri http://dycode.com pada CS Theme tersebut.  Dan saya berikan secara gratis.

Kenapa gratis? Ini cuma trik jualan untuk mendapatkan tangkapan lebih besar.  Kalau anda adalah developer yang tidak mengharamkan keluar malam dan nongkrong di club-club malam maka ada kemungkinan ada 'sales obat-obatan' yang menawarkan sesuatu dengan gratis.  Tujuannya agar kita nantinya akan 'tercekoki' dan tergantung akan produk atau service yang mereka berikan.  Hal itu juga yang saya lakukan, bedanya produk dan service yang saya berikan adalah halal, yaitu seputar Community Server :) 

Banyak tip dan trik lain yang bisa dilakukan ketika kita ingin menjual produk atau layanan yang kita punya, mungkin anda-anda akan membaca banyak referensi formal yang banyak dijual dipasaran.  Tapi itu tidak berlaku untuk saya, tip dan trik yang saya dapatkan justru dari adik saya yang kuliah di Kedokteran Gigi UI.  Tip dan trik yang dia berikan berupa 3 buku berseri dengan judul Daikichi's Salesmanship. Silakan mencari di google.com atau WIKI untuk mencari tahu tentang buku itu. 

Tidak semua ilmu harus didapatkan dari sesuatu yang formal bukan? :)

Kenapa Community Server ? Mungkin anda bisa tanya dengan Om Luki karena dia yang hari ini dengar cerita saya kenapa saya memilih Community Server.

Semoga 2008 bisnis CS Theme akan lebih baik lagi.  Semoga Microsoft Singapore kembali mengontak saya lagi untuk membuat CS Theme yang lain :)

Selamat menjelang 2008 buat semua. 

Share this post: | | | |
Posted: Dec 29 2007, 02:32 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Book of Secret, page 47

Bila anda berhasil melihat Buku Rahasia Presiden US, jangan lupa buka halaman 47.


Share this post: | | | |
Posted: Dec 23 2007, 08:47 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Sabtu, Berkumpul, iMulai

Sabtu, hari ini mendadak para 'purnabakti' UPK berkumpul untuk mengunjungi salah satu UPK-er yang kini telah mempunyai penerus keturunan. Selamat Meru (ex programmer Java yang banting setir juga ke .NET). Ketika para 'purnabakti' UPK berkumpul banyak yang menyenangkan, yang pasti harus ada sponsor yang mengasih makan banyak mulut. Selain itu pasti akan ngobrol yang tidak penting.

Siapa saja? Yang pasti ketua UPK 3 generasi datang. Agus Mustofa (kalau mas MCA baca ini blog pasti kenal dia, kalau yang sering ketemu Om Wo pasti kenal dia juga), Andri Mirandi (ketua UPK terbaik sepanjang jaman …hehehe), mereka para guru .NET gw karena mereka yang terlebih dahulu kenal .NET dibanding gw. Mereka yang sering ngasih jawaban atas semua pertanyaan gw walau kadang ngga ngerti mereka lagi ngomongin apa, sudah terlalu tinggi. Jadi mending bilang 'iya iya' saja daripada mereka tersinggung :) Yang lain : Raya, Boim dkk. S***, what happened to these people, semuanya sekarang jadi .NET Developer yang dulunya adalah Java Developer.

Hal yang tidak penting apa yang kami bicarakan? Cerita kegiatan salah seorang dari kami yang lagi banyak proyek .NET di pemerintahan, soal segala sesuatu yang biasa terjadi disana. Tentang lelang, tentang aturan dan undang-undang ataupun tip & trik. Membahas tentang undang-undang ataupun 'hmm…lupa namanya' yang sering berubah. Yang kadang selalu (kalimat yang rancu nih, kadang tetapi selalu) juga akan berpengaruh dengan aplikasi yang dibuat, seperti yang pernah gw alami juga dulu.

Undang-undang, aturan kerja atau yang lain-lainnya (kurang tahu istilah bakunya) yang sering berubah-berubah dalam waktu yang kadang relatif cepat menjadi obrolan sabtu itu, tidak penting banget kan? Karena kita bukan PNS dan hanya seorang developer. Kenapa harus berubah, kenapa sangat cepat, terus apa gunanya, perubahan itu justru sangat menyulitkan bagi mereka sendiri, buku-buku yang tebal sebagai hardcopy dari undang-undang, aturan dan lain-lain tersebut. Sempat dibahas bagaimana mereka (pada pegawai pemerintahan tersebut) dapat menguasinya. Bahasan selesai.

Sekarang ada yang membahas iMulai, beberapa teman belum tahu tentang iMulai jadi diterangkan sedikit, sekita hadiah yang bakal di dapat.

Membahas tentang ponsel dan alat komunikasi, membahas tragedi teman yang selalu kehilangan ponsel sudah lebih dari 5 kali, kemudian mulai menunjukkan ponsel masing-masing yang bisa dibilang ponsel jaman batu, karena ponsel atau alat komunikasi hilang. Dari kecopetan di bus sampai hilang saat tidur di kos (seperti gw).

Kemudian tiba-tiba ada cine nyeletuk (si ketua UPK terbaik sepanjang jaman maksudnya hehehe…peace), kenapa kita ga ikut iMulai aja dengan ide ini. Maklum dia lagi terobsi dengan iMulai dan pengen bisnis yang berbuntut panjang :) PDA dengan sistem operasi Windows Mobile akan menjadi rumah aplikasi. Dan aplikasinya adalah ber-content UU, aturan kerja dan lain-lainnya yang dibutuhkan oleh setiap pegawai pemerintahan. Content ini akan dapat ter-update secara otomatis. Update data cukup dilakukan server dipusat dan nanti server pada kantor pemerintahan setiap daerah juga akan melakukan update. Dan ketika PDA yang dibawa oleh pegawai itu masuk kelingkungan kantor secara otomatis sistem pada PDA akan melakukan cek dan akan secara otomatis melakukan update.

Bukan hanya itu kata ketua UPK yang satunya lagi (bukan gw yang pasti), aplikasi ini akan mempunya fasilitas pencarian berdasarkan keyword. Pegawai akan melakukan pencatatan pada aplikasi apa saja yang sudah dilakukan yang baik atau yang buruk, dan sistem akan dilengkapi dengan engine AI atau ANN yang berfungsi akan memberikan early warning ketika suatu ambang batas akan terlewati seperti kesalahan yang bisa menyebabkan terjadinya sangsi. Akan ditampilkan sanksi yang mungkin di dapat, UU atau aturan yang mana saja yang mungkin dilanggar dan juga ada panduan lain yang akan menampilkan UU atau aturan lain yang bisa menjatuhkan UU atau aturan yang dilanggar tadi. . . . halah halah ngga penting banget kayanya :) Obrolan yang ngga penting.

Tetapi kata om Aidh al-Qarni, segala sesuatu pasti ada pasangannya, mungkin hal yang tidak penting akan ada sesuatu yang penting. Mungkin bagi orang-orang yang sering membuat sistem buat pemerintahan bisa dapat ide dari sini :)

Sudah. Bahasan tadi dilupakan. Sekarang pembicaraan tentang SDM UPK yang semakin punah. Tidak seperti dahulu, banyak ragam yang ada di UPK dari jagoan Linux, Java, Quick Basic, Delphi, Pascal, PHP, Fotran dan tentu saja tidak ada yang mau menyentuh .NET. Tetapi sekarang all of us adalah .NET Developer. Dari ragam tersebut sudah banyak yang dibuat, dari perhitungan dan visualisasi Nuklir dengan PHP, analisa gelombang dengan Delphi atau sang legenda Meru dengan Java-nya yang membuat . . . hm lupa apa yang dia buat, yang pasti hampir setiap orang di UPK turun tangan membantu dia :) Pemantauan rumah dengan kamera ponsel yang dibuat dengan J2ME, loh…fisikanya dimana? (Sambil melirik CEO Dycode). Atau prediksi konsentrasi zat CO dengan jaringan syaraf tiruan dengan menggunakan Matlab (awalnya ingin menggunakan Joone/ java object oriented neural engine tapi dibatalkan karena ingin hidup lebih lama). Padahal kami sudah ingin kembali masuk ke UPK (bisa dibaca : kampus) untuk mengenalkan .NET, untuk diimplementasikan dalam bidang riset.

Mungkin perhitungan dan visualisasi nuklir kan lebih menarik apabila menggunakan Silverlight atau memanfaatkan XNA Studio. Mungkin fraktal akan lebih indah dibuat dengan .NET, mungkin waktu pengerjaan aplikasi akan lebih cepat dengan .NET. Mungkin Pak Beny yang dulu menggunakan VBA akan lebih membuat kagum kami apabila menggunakan VSTO. Mungkin teman-teman di Bio Fisika akan lebih terbantu dengan framework yang telah dibuat untuk keperluan ini dengan .NET (kalau ngga salah pernah ada di blog Geeks INDC ini). Mungkin sensor-sensor akan di handle oleh .NET FX, mungkin alur percobaan akan dapat memanfaatkan WF. Mungkin teman-teman di Fisika Bumi akan membuat framework sendiri dengan WCF untuk meng-handle sinya WITS dan mungkin teman-teman mahasiswa di fisika akan membuat Imagine Cup lebih berwarna :) Itu yang kami bicarakan ngalor ngidul sambil menghabiskan makanan di depan mata dan membuat anak meru terbangun dan menangis.

Saatnya pulang. Dan melupakan hal-hal tidak penting di atas tadi.

Hm…I will miss you guys.

Selamat tinggal.

Share this post: | | | |
Willy Wonka here he is!

Willy Wonka, Willy Wonka...
The Amazing Chocolatier.
Willy Wonka, Willy Wonka...
Everybody give a cheer!

He's modest, clever, and so smart,
He can barely restrain it.
With so much generosity,
There is no way to contain it...
To contain...to contain...to contain...to contain.

Willy Wonka, Willy Wonka...
He's the one that you're about to meet.
Willy Wonka, Willy Wonka...
He's a genius who just can't be beat.
The magician and the chocolate wiz...
The best darn guy who ever lived.
Willy Wonka here he is!

Share this post: | | | |
Posted: Dec 21 2007, 02:48 PM by reyza | with 3 comment(s)
Filed under:
Extension Method ?

Jangan pikirkan dulu maksud judul blog ini.

Pernah melihat atau menggunakan kode seperti dibawah ini ?

namespace TestNamespace

{

   public static class TestClass

   {

     public static bool IsMyEmailAddress(string s)

     {

       if (s.Equals("reza@dycode.com"))

       { return true;}

       else { return false;}

     }

   }

}

Kemudian kita akan menggunakan baris kode di atas itu seperti baris kode di bawah ini :

using TestNamespace;

namespace ClassLibrary3

{

   public class Class1

   {

     public void Test()

     {

        string email = "reza@dycode.com";

        bool myEmail = ExtensionMethodExample.IsValidEmailAddress(email);

     }

  }

}

Bila telah menggunakan Visual Studio yang support .NET Framework 3.5, artinya mesti VS2008 entah itu yang express atau versi berbayar maka bisa menggunakan 'cara lain' yaitu dengan menggunakan Extension Method. Extension method ini tidak dapat digunakan apabila target solution menggunakan .NET Framework 2.0 atau 3.0. Cara pembuatan method ini hampir tidak jauh berbeda dengan cara di atas, berikut contohnya :

namespace ExtensionMethod

{

   public static class ExtensionMethodExample

   {

      public static bool IsMyEmailAddress(this string s)

      {

         if (s.Equals("reza@dycode.com"))

         { return true; }

         else { return false;}

      }

    }

}

Bedanya hanya ada penambahan keyword this ada 'kolom' parameter. Penggunaan method ini pun masih bisa dengan cara yang telah dilakukan di atas, tetapi juga bisa digunakan dengan cara berikut :

namespace ClassLibrary3

{

   public class Class1

   {

      public void Test()

      {

         string email = "reza@dycode.com"; 

         bool myEmail = email.IsValidEmailAddress();

      }

   }

}

Kode di atas adalah contoh dari Extension Method, bahasa sederhananya adalah method tambahan yang langsung dapat digunakan pada suatu objek karena method tersebut seperti menjadi bagian method yang dimiliki oleh objek tersebut (lihat gambar di atas).

Kalau menurut om ScottGu, Extension Method adalah :

"Extension methods allow developers to add new methods to the public contract of an existing CLR type, without having to sub-class it or recompile the original type. Extension Methods help blend the flexibility of "duck typing" support popular within dynamic languages today with the performance and compile-time validation of strongly-typed languages.".

Dengan Extension Method ini kita dapat membuat 'seperti' apa yang bisa kita lihat pada LINQ.

Contoh yang lain adalah method berikut :

public static bool AdaDalam(this object o, IEnumerable c)

{

   foreach (object i in c)

   {

      if (i.Equals(o))

      { return true; }

   }

   return false;

}
 

Dan berikut cara penggunaannya :

string[] programmingLanguage = { "C#", "PHP", "Java" };

int[] daftarAngka = { 3, 13, 23 }; 

bool apakahAda = "PHP".AdaDalam(programmingLanguage);

bool adaAngka = 13.AdaDalam(daftarAngka);

Dengan Extension Method maka penulisan kode akan lebih mudah, karena kita tidak perlu menulis class seperti yagn telah dicontohkan pada kode paling atas, dan dengan ini mungkin kita akan lebih dekat dengan LINQ :)

Share this post: | | | |
Posted: Dec 21 2007, 03:05 AM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under:
Yang BARU (kutahu) pada VS2008

VS2008 makan memanjakan para penggunanya, makin membuat otot-otot lebih relax karena tidak perlu bekerja terlalu lama dan keras. Banyak penulisan code yang bisa dipangkas bila menggunakan VS2008 sebagai contoh adalah :

Automatic Properties

Sekarang ini biasanya untuk menulis class persistence untuk Nhibernate atau keperluan lain adalah seperti berikut :

class Dycoder

{

   private string _name;

   private string _skill;

 

   public string Name

   {

      get { return _name;}

      set {_name = value;}

   }

 

   public string Skill

   {

     get{return _skill;}

     set{_skill = value;}

   }

}

 

Tapi dengan VS2008 maka yang cukup ditulis adalah sebagai berikut :

class Dycoder

{

   public string Name { get; set; }

   public string Skill { get; set; }

}

 

Kenapa saya menyebut ini adalah 'kemampuan VS2008' bukan 'cara baru penulisan sintaks C#'. berikut kronologisnya :

Cara kedua penulisan class Dycoder saya coba di VS2005, sudah pasti akan terjadi error. Kemudian cara kedua saya coba pada VS2008 dengan menggunakan solution .NET Framework 3.5, sudah tentu berhasil ketika proses build dilakukan. Bagaimana bila dengan menggunakan VS2008 dengan menggunakan solution .NET Framework 2.0 (artinya masih menggunakan C# 2.0 bukan?) dan penulisan class Dycoder dengan cara kedua dilakukan, di build dan BERHASIL.

Karena masih belum yakin apakah ada perbedaan akan output yang dihasilkan maka hasil yang dikeluarkan oleh :

  • VS2005 dengan cara penulisan pertama class Dycoder.
  • VS2008 dengan cara penulisan pertama class Dycoder.
  • VS2008 dengan cara penulisan kedua class Dycoder

Saya coba lirik dengan Reflector (pengaruh ngga sih kalau mengintip dengan Reflector?)

Berikut gambar yang dihasilkan oleh VS2005


Berikut gambar yang dihasilkan oleh VS2008


Sama bukan, yang berbeda hanyalah pada nama properties yang terlihat pada gambar VS2008, hal ini karena VS2008 (C# Compiler pada VS2008 mungkin tepatnya?) memberikannya secara otomatis.

Inisialisasi Object

Yang biasa saya lakukan adalah :

Dycoder dycoder = new Dycoder();

dycoder.Name = "Reza";

dycoder.Skill = "Nothing";

 

Dengan VS2008 maka anda dapat melakukan dengan cara seperti ini :

Dycoder dycoder = new Dycoder { Name = "Reza", Skill = "Nothing" };

 

Inisialisasi Collection

Di VS2005 yang dilakukan adalah sebagai berikut :

List<Dycoder> dycoders = new List<Dycoder>();

dycoders.Add(dycoder);

 

Sedangkan pada VS2008 maka dapat dilakukan seperti berikut :

List<Dycoder> dycoders = new List<Dycoder>

{

new Dycoder { Name = "Reza", Skill = "Nothing" },

new Dycoder { Name = "Wahyu Agung", Skill = "Java" }

};

 

Apabila sudah menggunakan VS2008 mungkin cara ini bisa digunakan agar kalori sarapan, makan siang atau makan malam tidak terlalu terbuang untuk menulis banyak baris kode seperti saat menggunakan VS2005. Selain itu tidak hati akan tetap tenang karena kode yang ditulis tersebut masih bisa dibaca dilingkungan .NET Framework 2.0, 3.0 dan 3.5 (CMIIW).

Semoga (masih belum yakin sebelum dicoba dikomputer yang hanya terinstall .NET Framework 2.0).

Share this post: | | | |
Posted: Dec 20 2007, 01:31 PM by reyza | with 8 comment(s)
Filed under:
Fun with VS2008

Kali ini males menulis yang berat dan membuat otak terlalu bekerja.

Bosen dengan tampilan editor VS2008 yang berwarna putih dan warna-warna font yang itu-itu saja dan ingin mengubah itu semua tanpa perlu bersusah payah.  Caranya tinggal download VS2008 Color Scheme yang telah orang lain buat dan kemudian tinggal gunakan fasilitas Import and Export Settings yang ada pada menu Tools.

Untuk mendapatkan VS2008 Color Scheme, dapat di-download pada blog milik Thomas Restrepo. Hasilnya bisa dilihat seperti gambar berikut ini :

Lumayan biar mata tidak sakit, tapi susahnya adalah mencari cursor dari mouse yang juga berwarna hitam, menyusahkan saja.

Yang kedua adalah menggunakan VS2008 untuk bermain Warcraft, tepatnya bagi anda yang ingin membangun World of Warcraft (bukan Whorecraft loh...sambil melirik De_Joker) maka bisa mengunjungi CodePlex.

Kalau dibaca-baca sepertinya add-on ini 'mengijinkan' kita untuk membuat game atau item-item pada game. Ngomong-ngomong soal game, kemaren sudah install XNA 2.0, akhirnya bisa juga terintegrasi dengan VS2005 (bukan VS C# Express lagi).  Setelah install maka akan ada template project pada group C# (walau belum terlihat pada VS2008).

Yang terakhir adalah Add-In Spell Checker HTML, ASP.NET, JScript, VB, C#, CSS and C++ yang bisa didapat pada blog milik Visual Web Developer team.

PS :

  • Berita menarik ini didapat rangkuman blom milik om ScottGu.
  • Bulan ini sepertinya akan menarik bagi saya, karena akan explorasi banyak mengenai LINQ dan teman-teman pendukungnya, selain ASP.NET 3.5 juga.
Share this post: | | | |
Posted: Dec 18 2007, 08:56 PM by reyza | with 3 comment(s)
Filed under:
Am I Legend? Yes, I am Legend

Yes...I am Legend.


Film kedua yang ditonton dalam satu hari, sebelumnya The Kingdom dan setelah I am Legend dilanjutkan dengan Stephen King's The Mist (kurang menarik kalau yang satu ini) 

 

 

Share this post: | | | |
Posted: Dec 15 2007, 06:53 PM by reyza | with 3 comment(s)
Filed under:
Merah Putih

 

Anda orang Indonesia, Anda cinta negara ini? Harusnya tahu apa yang mesti Anda lakukan untuk negeri ini. 

 

Share this post: | | | |
Posted: Dec 10 2007, 11:27 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Silverlight Media Player pada Blog Community Server

Community Server mempunyai dukungan terhadap content multimedia (video dan audio). Dukungan ini dapat kita dapatkan pada salah satu fasilitas Community Server yaitu Blog. Secara default, dukungan content multimedia pada Blog belum dihidupkan untuk menghidupkannya dapat diikuti langkah-langkahnya pada post Menampilkan video pada Blog. Hasilnya adalah seperti gambar berikut :

Dapat dilihat video player yang digunakan adalah Windows Media Player. Artinya untuk menikmati content multimedia ini di komputer client yang mengakses website ini mesti memiliki Windows Media Player dan web browsernya pun mesti sudah terinstall plugin Windows Media Player. Agar content multimedia dapat dinikmati oleh client yang menggunakan dari berbagai sistem operasi (Windows, Linux dan Mac OS) dan juga dari berbagai web browser (IE, Firefox, Safari) maka kita dapat mengganti 'player' multimedia tersebut dengan Silverlight Media Player. Silverlight Media Player yang akan digunakan adalah server control <asp:media yang terdapat pada ASP.NET Future.

Caranya? Yang pasti anda mesti mempunyai hak penuh terhadap server dan website untuk mengimplementasikan hal tersebut di atas.

Langkah pertama :

Install ASP.NET Future pada komputer server, tentu saja sebelumnya mesti diinstall ASP.NET AJAX 1.0 Extension. Setelah itu jangan lupa salin file Microsoft.Web.Preview.dll yang berada pada C:\Program Files\Microsoft ASP.NET\ASP.NET Futures July 2007\v1.2.61025\2.0 ke direktori bin milih Community Server.

Langkah berikutnya adalah modifikasi file web.config milih Community Server agar support ASP.NET AJAX 1.0 (langkah ini juga bisa dipakai untuk ASP.NET 3.5 juga).

Tambahkan baris berikut pada file web.config (karena barisnya terlalu panjang untuk ditulis disini maka saya cukup untuk point-point saja apa yang harus ditambahkan, mungkin bisa mencontek pada file web.config web site project yang sudah support ASP.NET AJAX) :

  • Tambahkan baris berikut di setelah baris <configuration>

<configSections>

<sectionGroup name="system.web.extensions"

type="System.Web.Configuration.SystemWebExtensionsSectionGroup,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35">

<sectionGroup name="scripting"

type="System.Web.Configuration.ScriptingSectionGroup,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0,

Culture=neutral, PublicKeyToken=31bf3856ad364e35">

<section name="scriptResourceHandler"

type="System.Web.Configuration.ScriptingScriptResourceHandlerSection,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35" requirePermission="false"/>

<sectionGroup name="webServices"

type="System.Web.Configuration.ScriptingWebServicesSectionGroup,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35">

<section name="jsonSerialization"

type="System.Web.Configuration.ScriptingJsonSerializationSection,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35" requirePermission="false"/>

<section name="profileService"

type="System.Web.Configuration.ScriptingProfileServiceSection,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35" requirePermission="false"/>

<section name="authenticationService"

type="System.Web.Configuration.ScriptingAuthenticationServiceSection,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35" requirePermission="false"/>

</sectionGroup>

</sectionGroup>

</sectionGroup>

</configSections>

. . .

  • Modifikasi <compilation defaultLanguage="c#" debug="false"/> menjadi seperti berikut :

<compilation defaultLanguage="c#" debug="false">

<assemblies>

<add assembly="System.Design, Version=2.0.0.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=B03F5F7F11D50A3A"/>

<add assembly="System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0,

Culture=neutral, PublicKeyToken=31BF3856AD364E35"/>

<add assembly="System.Web.Extensions.Design, Version=1.0.61025.0,

Culture=neutral, PublicKeyToken=31BF3856AD364E35"/>

</assemblies>

</compilation>

  • Tambahkan baris berikut :

<pages . . .

<controls>

<add tagPrefix="asp" namespace="System.Web.UI"

assembly="System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0,

Culture=neutral, PublicKeyToken=31bf3856ad364e35"/>

<add tagPrefix="asp" namespace="System.Web.UI.WebControls"

assembly="System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0,

Culture=neutral, PublicKeyToken=31bf3856ad364e35"/>

. . . .

  • Diantara <httpHandlers> . . . </httpHandlers> tambahkan baris berikut :

<remove verb="*" path="*.asmx"/>

<add verb="*" path="*.asmx" validate="false"

type="System.Web.Script.Services.ScriptHandlerFactory,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35"/>

<add verb="GET,HEAD" path="ScriptResource.axd"

type="System.Web.Handlers.ScriptResourceHandler,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35" validate="false"/>

<add verb="GET,HEAD,POST" path="*.asbx"

type="System.Web.Script.Services.ScriptHandlerFactory,

System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral,

PublicKeyToken=31bf3856ad364e35" validate="false"/>

Ada yang kurang? Semoga tidak ada.

Sekarang kita coba modifikasi salah satu theme blog yang dimiliki oleh Community Server agar tidak menampilkan Windows Media Player lagi seperti pada gambar di atas. Kita akan melakukannya dengan cara kasar :) Misal theme blog yang akan kita modifikasi adalah Blogs/Paperclip.

Modifikasi file post.aspx yang ada pada blog theme tersebut. Cukup tambahkan baris berikut pada method Page_Load

CurrentWeblogPost.VideoWidth = 0;

CurrentWeblogPost.VideoHeight = 0;

Baris di atas akan membuat tempat untuk Windows Media Player berukuran 0x0 sehingga tidak terlihat pada halaman post.aspx (benar-benar cara kasar dan tidak elegan).

Langkah selajutnya adalah menambahkan server control dari <asp:Media pada halaman post.aspx.

Tambahkan baris berikut :

<%@ Register Assembly="Microsoft.Web.Preview" Namespace="Microsoft.Web.Preview.UI.Controls" TagPrefix="asp" %>

. . .

<asp:Content ID="Content1" ContentPlaceHolderID="Main" runat="Server">

<asp:ScriptManager ID="ScriptManager1" runat="server">

</asp:ScriptManager>

<div class="post">

. . .

<CSBlog:WeblogPostData Property="FormattedBody" IncrementViewCount="true" runat="server" />

<asp:Media ID="Media1" runat="server" MediaSkin="Console"></asp:Media>

. . .

Kemudian di dalam method Page_Load tambahkan baris berikut di bawah :

if (CurrentWeblogPost.HasVideo)

{

Media1.Visible = true;

Media1.MediaUrl = CurrentWeblogPost.VideoUrl;

if (CurrentWeblogPost.VideoHeight > 0)

{

Media1.Height = Unit.Pixel(CurrentWeblogPost.VideoHeight);

}

else

{

Media1.Height = Unit.Pixel(400);

}

 

if (CurrentWeblogPost.VideoHeight > 0)

{

Media1.Width = Unit.Pixel(CurrentWeblogPost.VideoWidth);

}

else

{

Media1.Width = Unit.Pixel(400);

}

}

else

{

Media1.Visible = false;

}

 

Bila semua langkah di atas berhasil, hasilnya akan anda lihat seperti di gambar berikut di bawah ini :

Dengan menggunakan Silverlight Media Player, maka selain 'keuntungan' yang telah disebutkan di atas, juga video dapat kita nikmati full screen. Mungkin anda bisa memanfaatkan Community Server untuk membuat seperti You Tube atau mungkin untuk keperluan lain seperti untuk Home Edu juga :)

Share this post: | | | |
Posted: Dec 10 2007, 09:56 PM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under:
Kalimat untuk Kamu Sayangku

 Ada orang yang menghabiskan waktunya berziarah ke Mekah.
Ada orang yang menghabiskan waktunya berjudi di Miraza.
Tapi, aku ingin habiskan waktuku di sisimu, sayangku.
Bicara tentang anjing-anjing kita yang nakal dan lucu
Atau tentang bunga-bunga yang
manis di lembah Mendalawangi.

Ada serdadu-serdadu Amerika yang mati kena bom di Danang.
Ada bayi-bayi yang mati lapar di Biafra.
Tapi aku ingin mati di sisimu, manisku.
Setelah kita bosan hidup dan terus bertanya-tanya.
Tentang tujuan hidup yang tak satu setan pun tahu.

Mari sini, sayangku.
Kalian yang pernah mesra, yang pernah baik dan simpati padaku.
Tegaklah ke langit luas atau awan yang mendung.
Kita tak pernah menanamkan apa-apa,
kita takkan pernah kehilangan apa-apa.

Share this post: | | | |
Posted: Dec 09 2007, 09:56 AM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under:
Urutan yang benar

Ketika ada 3 buku dihadapan, maka perlu dibuat urutan membaca buku tersebut, kira mana urutan pembacaan yang benar?

(ada joomla??)

atau :

(joomla ada lagi?)

(joomla sebagai penengah dan penenang kepala)

atau yang ekstrim seperti dibawah ini ? 

(XNA bukan pilihan, kecuali ada XBox disamping laptop ini)

Back to Otak Project Paradise 

Share this post: | | | |
Posted: Dec 08 2007, 11:09 PM by reyza | with 5 comment(s)
Filed under:
Welcome to the Graffiti CMS Beta!

Hari ini om Scott dari telligent mengirim email bagi semua orang-orang yang telah mendaftarkan diri untuk mengetahui perkembangan CMS 'buatan Telligent, Graffiti CMS.

Untuk mengetahui 'apapun' tentang Graffiti bisa mengunjungi halaman berikut :

Cuma itu? Tentu saja tidak. Kita sudah bisa mendownload file dengan ukuran ±2MB di http://graffiticms.com/graffiti-beta1.zip.

Bila sudah melihat video overview tentang Graffiti CMS, maka bisa sedikit 'menyimpulkan' kalau Graffiti CMS menggunakan engine Blog dari Community Server dengan beberapa kemudahan pengaturan layout tentunya.

Sayang file ini tidak di dapat sebelum MSDN Day kemarin, walau sebelumnya sudah minta ke om Rob dan Scott secara pribadi :)

Sudah mencoba untuk mencobanya? Download dan extrak file graffiti-beta1.zip kemudian tinggal buat virtual direktori (jangan lupa beri hak hak akses full - read,write pada direktori Web Graffiti).  

Sekarang kita tidak usah ambil pusing dulu dengan database, kita gunakan saja database MS Access yang telah digunakan Graffiti secara default.  Berikut antarmuka halaman public Graffiti CMS.

Ingin mengubah content dari Graffiti CMS?  tinggal akses halaman http://[graffiti_cms_url]/graffiti-admin/ maka bisa dilihat halaman Control Panel seperti berikut :

 

Yang menarik pada halaman dashboard Control Panel ini adalah adanya grafik yang interaktif dengan memanfaatkan animasi Flash (kenapa bukan Silverlight ya?). Sepertinya engine report ini yang digunakan juga pada Community Server, tapi berbayar dan tidak ada secara default pada Community Server.

Cukup untuk hari ini, semoga berikutnya bisa di-share lagi hasil explorasi Graffiti CMS. 

Share this post: | | | |
Posted: Dec 06 2007, 08:15 AM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under:
Silverlight 2.0

Setelah Silverlight 1.1, maka di quarter ke satu 2008, bakal 'terlihat' Silverlight 2.0 (seperti apa yang ditulis oleh Om ScottGu). Ada apa di Silverlight 2.0?

Ini yang sudah saya tunggu-tunggu, yaitu Rich Control seperti berikut :

  • Core Form Control : textbox, checkbox, radiobutton dkk.
  • Layout Control : panel, grid dkk.
  • Functionality Control : tab, slider, scroll, progressbar dkk.
  • Data Manipulation Control : DataGrid dkk.

Artinya tidak perlu lagi membuat dan memanipulasi sendiri untuk membuat kontrol-kontrol seperti ini, artinya tidak perlu lagi menggunakan Silverlight Control Toolkit yang ada di CodePlex. Artinya nanti aplikasi web akan lebih menyenangkan bila menggunakan Silverlight (semoga).

Tetapi Q1 2008 masih 'terlalu lama' untuk sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu.

Share this post: | | | |
Posted: Dec 03 2007, 05:05 PM by reyza | with 3 comment(s)
Filed under:
More Posts Next page »