Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

February 2008 - Posts

Control Xaml dan Media pada ASP.NET Future

ASP.NET Future bukan barang baru, karena sejak July 2007 sudah bisa kita temui versi CTP-nya. Pada ASP.NET Future dipastikan sudah banyak yang tahu kalau di dalamnya terdapat control Xaml dan Media, yang keduanya sangat berhubungan dengan Silverlight (versi 1.0). ASP.NET Future dapat dibilang sebagai add-on dari ASP.NET AJAX Extension. Oleh karena itu untuk menggunakan control ini harus dipastikan bawah project web yang digunakan adalah project yang AJAX-enabled. Dan setiap kita akan menggunakan control ini dipastikan pula pada halaman tersebut (master page yang digunakan oleh halaman tersebut) sudah terdapat control ScriptManager (<asp:ScriptManager>).

Bagi yang sudah sering bermain dengan Silverlight pasti sudah mengetahui untuk 'menampilkan' file XAML ini diperlukan beberapa file yang terkain seperti Silverlight.js serta serta mesti melakukan beberapa langkah yang harus dilakukan, seperti membuat area dengan tag <div> pada halaman HTML (bisa file lain seperti ASPX, PHP, atau JSP) kemudian diperlukan mesti membuat fungsi dengan Javascript untuk membuat control Silverlight pada area yang telah dibuat tersebut.

Control Xaml

Dengan control Xaml [ <asp:Xaml> ] dari ASP.NET Future maka langkah-langkah tersebut di atas tidak perlu lagi dilakukan, tetapi ada 'hal' yang mesti kita 'bayar' sebagai ganti 'kemudahan' tersebut (setiap kemudahan selalu ada hal lebih lainnya yang harus di bayar, ini adalah konsep dasar dari kekekalan energi, atau berdasarkan hukum Equivalent Exchange dari ilmu Alchemist : "People cannot gain anything without sacrificing something, You must present something that equal value in order to gain something", atau berdasarkan ucapan Antoine Lavoisier tentang Law of conservation of matter - ngga nyambung nih) yaitu untuk menggunakan control ini halaman ASPX tersebut harus berada pada web project AJAX-enable (seperti yang telah disebutkan di atas).

Setelah ASP.NET Future diinstall, maka dapat dilihat terdapat control tambahan pada Toolbox.

future1

Drap dan drop pada bagian yang diinginkan kemudian tinggal tunjuk letak file XAML yang ingin ditampilkan.

<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
<head runat="server">
<title>Untitled Page</title>
</head>
<body>
<form id="form1" runat="server">
<div>
<asp:ScriptManager ID="ScriptManager1" runat="server">
</asp:ScriptManager>
<asp:Xaml ID="Xaml1" runat="server"
Height="100px"
Width="300px"
XamlUrl="Page.xaml">
</asp:Xaml>
</div>
</form>
</body>
</html>

Bila pada file Page.xaml terdapat event untuk meng-handle ketika tombol sebelah kiri mouse diklik seperti berikut :

<Canvas xmlns="http://schemas.microsoft.com/client/2007" 
xmlns:x="http://schemas.microsoft.com/winfx/2006/xaml"
Width="640"
Height="480"
Background="White"
>
<TextBlock Text="Hello Silverlight" MouseLeftButtonDown="Mouse_Click" />
</Canvas>

Dan fungsi Mouse_Click disimpan didalam file Page.xaml.js dengan isi sebagai berikut :

function Mouse_Click(sender, eventArgs) 
{
alert('Hello Silverlight');
}

Dengan kasus di atas dengan mengklik elemen TextBlock maka dipastikan akan ditampilkan dialog box.

Control Media

Dapat dikatakan dengan menggunakan control ini kita akan mempunyai Silverlight Media Player cukup dengan menulis beberapa baris kode seperti berikut :

<asp:ScriptManager ID="ScriptManager1" runat="server">
</asp:ScriptManager>
<asp:Media ID="Media1" runat="server"
Height="240px"
Width="320px"
MediaSkin="Professional"
MediaUrl="video.wmv">
</asp:Media>

Ada beberapa MediaSkin yang dapat menjadi pilihan, berikut contoh skin untuk control ini.

future2 future3

Pada control ini juga dapat dibuat Chapter yang nanti dapat ditampilkan seperti pada contoh gambar berikut:

future4

Dapat dilihat pada bagian bawah gambar di atas ini, terdapat gambar yang merupakan Chapter pada film yang ditampilkan. Untuk membuat seperti itu maka dapat dilakukan dengan menulis kode seperti berikut ini.

<asp:Media ID="Media1" runat="server" 
Height="240px"
Width="320px"
MediaSkin="Classic"
MediaUrl="video.wmv">
<Chapters>
<asp:MediaChapter TimeIndex="23"
Title="Fantastic 4"
ImageUrl="f4.jpg" />
<asp:MediaChapter TimeIndex="64"
Title="Jumper"
ImageUrl="jumper.jpg" />
<asp:MediaChapter TimeIndex="87"
Title="Cloverfield"
ImageUrl="cloverfield.jpg" />
</Chapters>
</asp:Media>

Done, lumayan untuk mengisi waktu istirahat karena sekarang tidak bisa lagi mendapatkan DVD (bajakan - baik film ataupun software) di Bandung, karena razia besar-besaran yang membuat seluruh penjual baik besar dan kecil menghilang...hmm

Share this post: | | | |
Posted: Feb 27 2008, 09:38 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Silverlight 2.0 Beta 1 at the glance

Menjengkelkan sekali ketika membaca blog-nya Om ScottGu ini (menjengkelkan karena tidak bisa mencoba, cuma bisa membaca apa yang om ScottGu tulis doang) Dia sudah menulis banyak tentang Silverlight 2.0 Beta 1 yang 'mungkin' sebentar lagi akan tayang. Om Scott telah menulis dan mencontohkan pada Silverlight 2.0 sudah ada DataGrid, ListBox, Button, HyperLink atau control untuk Layout seperti Grid Panel (control ini dulu hanya ada pada WPF) dan lain-lain.

Control Data Grid seperti pada gambar ini (di ambil dari blog Om ScottGu).

Sepertinya nanti Silverlight 2.0 Beta 1 akan menjadi barang yang menyenangkan untuk dipelajari, akan menjadi barang yang pantas dicoba untuk diterapkan sebagai aplikasi bisnis berbasis web. Dan bagi para developer yang telah menggunakan WPF, dipastikan akan mudah menggunakan atau malah berpindah hati ke Silverlight 2.0 :) Lihat saja contoh kode di bawah ini, para developer WPF pasti tidak terlalu asing dengannya, inilah yang akan segera dilihat pada Silverlight 2.0 Beta 1.

sl

Kapan Silverlight 2.0 Beta 1 akan keluar? masih menjadi tanda tanya, sudah mencari informasi ke pusat informasi Silverlight tetapi belum ditemukan. Sudah tidak sabar ingin cepat belajar Silverlight 2.0? Kalau untuk ini kita tidak perlu menunggu lama, karena sebentar lain akan ada ebook dari Otak Project yang membahas Silverlight buat pemula seperti saya. Yang akan dibahas pada ebook ini diantaranya :

  • Pengenalan Silverlight 1.0 dan Silverlight 2.0, mulai dari tool-tool yang dapat digunakan (Blend 2 dan Visual Studio 2008), apa saja yang mesti diinstall dan lain-lain.
  • Paparan tentang XAML pada Silverlight, bahasan dari kontrol-kontrol untuk menampilkan teks, media (audio dan video) sampai pembuatan animasi.
  • Pemrograman dasar Silverlight 1.0, disini dibahas penggunaan Javascript sebagai 'bahasa utama' pada Silverlight 1.0.  Juga terdapat bahasan bagaimana menggunakan Visual Studio 2008 untuk mempermudah pemrograman Silverlight 1.0 yang sarat akan Javascript, seperti konfigurasi untuk 'menghidupkan' Intellisense Javascript untuk keperluan tersebut.
  • Pemrograman dasar Silverlight 2.0, ini akan menjadi bekal dasar yang semoga bisa membantu kita melakukan pemrograman pada Silverlight 2.0. Kita akan mengetahui bagaimana melakukan kontrol elemen XAML dari code behind dengan C# (perlu bantuan para developer VB.NET nih agar pada ebook ini juga ada kode VB.NET sebagai pendamping C#). Apalagi? Akan ada juga bahasan tentang 3 framework yang ada pada Silverlight 2.0 seperti Presentation Framework, Data Framework dan Communication Framework.
  • It's all about .NET 3.5 & Silverlight 2.0 :)

Ebook ini tentu jauh dari 'kata sempurna' tetapi semoga pada perjalanannya ebook yang saya tulis bersama teman-teman di Otak Project ini dapat selalu kami update untuk mengikuti perkembangan Silverlight [khususnya Silverlight 2.0].

Share this post: | | | |
Posted: Feb 24 2008, 10:23 AM by reyza | with 2 comment(s)
Filed under: ,
Haruskah buku ini dibaca?

Ada tiga buku yang menarik yang dapat dibaca sambil menunggu tanggal 4 Maret. Buku apa sajakah? tetapi sebelumnya anda mesti tahu dulu apa yang akan terjadi tanggal 4 Maret, bila ingin tahu sebaiknya coba klik di sini.

Berikut buku yang mungkin menarik dibaca :

Kalau ingin bacaan berat dan ada kemungkinan sakit setelah membaca dan resikonya akan ketinggalan acara 4 Maret, maka silakan baca buku berikut :

Heheheh....just joke.

Share this post: | | | |
Posted: Feb 18 2008, 12:27 AM by reyza | with 3 comment(s)
Filed under:
Verified

Akhirnya sudah ter-verifikasi juga account di PayPal, tidak perlu Credit Card (karena memang ngga punya, dan kawatir kalau punya, takut karma saat masih nakal waktu kuliah dulu). Jadi cukup gunakan kartu debit dan hasilnya :

Capture

Yang punya bisnis dengan client luar negeri bakal gampang menerima bayaran, dan yang ingin membeli barang-barang secara online juga gampang. Dan mungkin akan lebih aman bila menggunakan kartu debit, karena ngga bakal sampai ngutang. Kecuali tabungannya yg besar, maka harus hati-hati (ngaku tabungan dikit nih).

Welcome...online transaction.

Share this post: | | | |
Test Code
   1:  /// <reference path="Silverlight.js">
   2:   
   3:  function Page_Loaded(sender, eventArgs) 
   4:  {
   5:      var tb = sender.findName("TextBlock1");
   6:      tb.Text = "Hello Silverlight";
   7:      tb.Foreground = "Red";
   8:      tb.FontSize = "50";
   9:  }
  10:   
  11:  function Media_Opened(sender, eventArgs) 
  12:  {
  13:      alert('Open');
  14:  }
  15:   
  16:  function Media_Ended(sender, eventArgs) 
  17:  {
  18:      sender.stop();
  19:      sender.play();
  20:  }
Share this post: | | | |
VS2008 Hot-Fix

Kabarnya file dengan besar 2,6MB yang dapat di-download di sini, dapat memperbaiki beberapa masalah di VS2008 dan Visual Web Developer. Inti dari perbaikan ini adalah perbaikan masalah performansi yang kadang 'lambat' dalam beberapa proses yang di antaranya adalah :

  • masalah pada View Source kode HTML yang kadang lambat dan kurang responsif, yang biasanya terjadi ketika saat membuat file .aspx yang besar.
  • masalah yang sama juga sering terjadi saat bekerja pada mode Design View.
  • perbaikan masalah saat bekerja dengan pengeditan Javascript, masalah yang terjadi biasanya pewarnaan kode Javascript yang biasanya lambat di render, jadi sering kaget saat kode Javascript dibuka semua teksnya berwarna hitam semua. Perbaikan masalah bekerja dengan jQuery (hmm...saingannya ASP.NET AJAX Library nih), sekarang Intellisense Javascript sudah keluar saat menggunakan library dari jQuery (kereeen huuh..bagi yang sudah main dengan jQuery pasti sangat terbantu sekali).
  • perbaikan saat build Web Site, biasanya terjadi bila file-file yang ada pada direktori Bin terlalu besar.
  • dan 1 perbaikan lagi, tapi lupa :)

PS : sebaiknya gunakan IE untuk mendownload file ini dan siapkan juga Live ID anda.

Share this post: | | | |
Posted: Feb 11 2008, 10:15 AM by reyza | with 3 comment(s)
Filed under:
Pantas untuk dicoba dan dinikmati

Seminggu kemarin banyak hal-hal baru yang datang dan dinikmati, karena memang menarik dan pantas dicoba. Pertama adalah Community Server 2008 Beta 1, semoga versi releasenya tidak jauh dengan saat launch Windows Server 2008 dan Visual Studio 2008, tetapi dapat dipastikan teknologi Community Server 2008 tidak akan meloncat menjadi ASP.NET 3.5, terlalu riskan. Karena masih baru dan belum banyak tempat hosting yang support .NET 3.5, kecuali http://erudey.net miliknya Om Rudy tentunya (Om Rudy, jangan lupa tambahin space-nya ya...hehehe, btw kok sekarang Om Rudy jarang online di YM, lagi banyak yang ingin ditanyakan).

Apa yang baru pada CS2008 Beta 1 ini? Dimulai dari halaman depan. Tidak ada yg signifikan kecuali ada area baru untuk menampilkan aktivitas terbaru pada situs.

cs2008_1

Pada Blog, kalau dilihat pada halaman public dan secara kasat mata, pasti tidak ada perbedaan yang terlihat. Tetapi apabila diterawang dengan bantuan hak sebagai admin maka dapat dilihat fasilitas baru yaitu "Blog Sidebar Widget". Seperti widget yang dimiliki oleh Graffiti. Masih dicari kemungkinan membuat widget sendiri dan mendaftarkannya pada CS2008 Beta 1.

cs2008_2

Dua menu baru yang ada pada CS2008 Beta 1 adalah : Media dan Groups. Media nampaknya adalah gabungan antara menu Photo dan Download.

cs2008_3

Kemana Photo Gallery? kemana slide show ala Flash pada Photo Gallery. Pada Media ini merupakan feature Download yang mengalami penambahan fungsi seperti fasilitas otomatis memeriksa file yang di-upload. Bila file yang di-upload adalah gambar maka akan langsung ditampilkan, yang menarik adalah ketika yang di-upload adalah file video, maka juga langsung ditampilkan. Lumayan nih bisa digunakan sebagai sarana membuat webcast :)

cs2008_4 cs2008_5

(ada foto si imut Nicole Keith, kontak saya di Telligent untuk masalah lisensi dan partnership, gimana ngga betah ngobrol sama dia coba..ngobrol sama 'Mahluk Tuhan Paling Sexy...hehehe...Mulan Jameela banget ya)

Selanjutnya adalah Groups, mengelompokkan use yagn terdaftar dalam suatu group, yang nantinya dapat saling berbagi informasi disini. Sebagai contoh group Developers CS. Banyak bapak-bapak CS dunia disini seperti Om Nick dan Om Dave Burke.

cs_04

Fasilitas yang lainnya adalah fasilitas Social Network, ini bisa terlihat dari fasilitas request untuk 'menambah teman' dan terdapat pula proses approval dari request tersebut oleh user lain, Friendster banget :) Ini dia yang dicari.

cs2008_6

Perubahan yang sangat mencolok adalah pada Control Panel, siap2 saja untuk kebingungan dengan menu baru dari CS2008 Beta 1 ini. Tidak ada lagi menu disamping kiri, semua menu dibuat dalam bentuk tab.

cs2008_7

Sekarang tinggal masalah harga lisensi, bakal jadi berapa duit nih.

Share this post: | | | |
Posted: Feb 09 2008, 11:23 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Time waits for none

Time waits for none.

Makanya sampai sekarang tidak ada cerita tentang penjelajah waktu walau banyak para peneliti melakukan eksperimen untuk mencoba kemungkinan itu terjadi. Entah kenapa sampai saat ini belum terjadi, apakah tinggal masalah waktu saja sampai 'persamaan' itu berhasil dibuktikan? atau memang perjalanan antar dimensi waktu itu tidak mungkin dilakukan?

apakah dengan adanya perjalanan waktu maka kehidupan akan lebih baik? pasti dikepala akan berputar beberapa harapan dan pertanyaan, yang paling dominan adalah kemungkinan untuk memperbaiki kesalahan masa lalu. Harapan klasik bukan?

Tetapi ada sebuah obrolan, memang bila perjalanan waktu itu terjadi, maka saya atau anda akan kembali ke masa disaat melakukan kesalahan dan akan memperbaikinya. Tetapi tahukan kita, saat 'perbaikan' itu dilakukan ada kemungkinan saya atau anda telah melakukan 'kerusakan' kepada orang lain. Kenapa? Sebagai contoh bisa mulai mencari film dengan judul The Girl Who Leapt Through TIME.

  tokiwotitlewz4

Setelah film ini, yang menarik lagi adalah Iryu Medical Team Dragon, jepang memang gila kalau membuat sesuatu yang biasa menjadi 'luar biasa' termasuk film serial ini. Banyak hal-hal yang biasa disulap para Jepun itu menjadi hal yang luar biasa dan akhirnya enak dinikmati serta menghibur. Serial ini memang diambil dari manga dengan judul serupa, cerita tentang team medik yang biasa bertugas untuk operasi bedah jantung. Banyak pengentahuan akan kesehatan dan bedah jantung di film ini, juga banyak visualisasi dan istilah2 medis juga.  Visualisasinya biasanya ditampilkan dalam bentuk animasi 3 dimensi, keren :)

iryu7bh

Yang terakhir adalah Chuck, serial juga. Karena Heroes, 24 dan Avatar lagi libur tayang, dan kebetulan dapat salinan file berjudul Chuck. Cerita tentang main frame CIA yang dibobol oleh agen ganda mereka, semua data rahasia di-copy dan di-enkripsi dalam bentuk gambar. Enkripsi yang unik karena enkripsi itu dapat membuat siapa yang melihatnya langsung merekam ke otak (kalau mampu). Setelah berhasil membobol dan meledakan mainframe, sang agen ganda gagal melarikan diri karena tertembak, tetapi sebelum mati masih sempat mengirim data rahasia itu ke 'orang yang beruntung', Chuck.

Chuck membuka file tersebut, melihat gambar-gambar yang disajikan dalam video, dan ... semua rahasia negara ada dikepala Chuck.

Hmm...seharusnya cara enkripsi data seperti ini memang ada dan sudah ditemukan saat masih kuliah dulu, jadi semua mata kuliah seperti Fisika Kuantum, Fisika Modern, Fisika Inti bisa dipake dalam enkripsi ini dan tinggal 'menonton' saja, dan booom semuanya sudah ada dikepala ini.

Tapi apa kepala ini mampu? :)

Share this post: | | | |
Posted: Feb 09 2008, 09:08 PM by reyza | with no comments
Filed under:
Groups, Widgets, Message Stream and FaceBook looks like

Below is a brief list of what you’ll find in ME:

  • Groups. We’ve added support for private and public groups that support their own membership, blog, forum, gallery, and pages. You can now easily create mini-communities for friends or for your team.
  • Web Services APIs. Community Server 2008 includes a complete Web Services layer for working with Community Server. This makes it even easier to share data from within Community Server with other applications or tools. The Web Services implementation is a RESTful implementation and we also include a client library to include within applications that need to talk to Community Server.
  • Friends. We’ve completely overhauled the friends functionality to make it easier to both manage and add friends. You’ll find the friends behavior much more like FaceBook’s friend functionality.
  • Media Gallery. We’ve merged the Photo/File Galleries into a single Media Gallery application. The Media Gallery includes viewers for rendering images, audio, video making it even easier to share content in your community.
  • Message Streams. New to Community Server is a message stream application that enables multi-user conversations (formerly private messages), social streams (similar to FaceBook), profile comments, and more.
  • Enterprise File Storage. We’ve completely overhauled file storage so all files are in a Centralized File Store (includes both a File System and Amazon S3 provider).
  • Widgets. Community Server now support shareable widgets in all sidebars.
  • Simplified Permissions. We’ve tried to simplify the rich permissions functionality that Community Server has always been known for. All the previous permissions capabilities still exist, but we’ve added some tools to make it even easier to manage and apply permissions.
  • User Experience. We’ve started to introduce some new user experiences in both the Control Panel and other aspects of the site. When Community Server 2008 ships you’ll find a much friendly and beautiful experience for both running and managing your community.

ME is Community Server 2008 Beta 1.

Do you want to try? Please visit these URLs below :

Share this post: | | | |
Posted: Feb 06 2008, 10:49 AM by reyza | with no comments
Filed under:
Membuat Visual Studio Berteriak

Teriakan ini hanya di-trigger oleh 4 event yang yaitu seperti yang terlihat pada gambar. Mungkin para developer ingin ada 'teriakan' saat solution or project gagal di-build, atau sebaliknya (sukses di-build).  Mungkin teriakan saat saat solution/project gagal di-build diisi dengan lantunan lagu 'Kucing Garong', atau teriakan 'Makhluk Tuhan Paling Sexy' dari Mulan Jameela saat solution/project sukses di-build. Maka tinggal, ke Control Panel, Hardware and Sound, Sound maka akan ditayangkan window seperti pada gambar di bawah.

Capture

Trik ini juga bisa dipakai oleh para Project Manager atau Team Leader dari para developer .NET sebagai 'signal' apa yang dilakukan oleh para developer (dengan catatan mesti ada speaker dengan volume penuh pada setiap komputer milik developer), jadi agar ketahuan developer telah melakukan proses build berapa kali, dan lebih banyak mana antara teriakan error atau sukses saat build :)

Tapi dijamin para developer pasti tidak nyaman kalau pekerjaan mereka di awasi, apalagi sampai digunakan cara seperti ini :)

Share this post: | | | |
Posted: Feb 04 2008, 12:08 PM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under: