Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

February 2009 - Posts

Update Tech Event :Fast & Furious Web Application Development

Berikut ini keadaan laptop saya selama 1 minggu sebelumnya, perlu penopang hidup dari luar untuk dapat berjalan normal.

01

Sang laptop butuh monitor external agar dapat digunakan. Biasanya bila ada hal ini terjadi pasti ada banyak kerjaan yang harus diselesaikan. Dari penyiapan demo, menyelesaian task dan lain-lain.

Salah satunya yang harus disiapkan ada demo sederhana untuk acara Update Technology bareng MUGI dan Himakom, FMIPA, Unlam. Acara ini dihadiri oleh 200 lebih peserta dari beberapa perguruan tinggi, SMU dan juga praktisi IT lokal yang ada di Banjarbaru dan Banjarmasin, bahkan acara ini juga diikuti oleh seorang ibu rumah tangga yang juga ingin update pengetahuan.

02

{momen langka nih}

Ada 3 materi yang disampaikan di Event ini, yaitu :

  • Windows 7 oleh Pak Suherman, beliau adalah praktisi IT dan kepala divisi Developer di Perusahaan Air Minum Daerah Banjarmasin. Di tempat beliau bekerja telah menggunakan ASP.NET 3.5 & SQL Server 2008 untuk sistem yang mereka buat.
  • Lisensi oleh Pak David dari MUGI. Ternyata topik ini juga menarik bagi para peserta, terbukti banyaknya pertanyaan yang dilontarkan saat sesi ini. Sayang tidak ada materi soal MSDNAA dan CASA, pasti akan lebih menarik lagi. Walaupun saya mencoba memberikan sedikit informasi soal MSDNAA dan CASA.
  • Web Application Development with ASP.NET 3.5 oleh saya sendiri :)

Beberapa hal-hal simple yang saya demokan adalah :

  • Pengenalan ASP.NET.
  • Pengenalan ASP.NET AJAX.
  • Dynamic Data.

Menyenangkan ternyata banyak juga pengguna ASP.NET disini. Berikut beberapa foto yang memperlihatkan keramaian acara ini.

03 04

{Pak Herman & Pak David}

05 07

{Peserta & Panitia}

I'm in Action

08

09

10

Satu task selesai dilakukan, masih ada beberapa pekerjaan lagi yang harus diselesaikan dengan laptop ini. Untung Apel Digigit telah datang, walau masih idiot menggunakannya :)

Apalagi setelah ini? Ingin mencoba membuat event untuk para scientist & guru disini yang materinya lebih ke teknologi yang berhubungan dengan dunia mereka, seperti materi F# dan juga seperti yang telah Andri Yadi tulis disini.

Have a nice weekend to everyone :)

Share this post: | | | |
New Job Role : Tour Guide++

Selama seminggu kemaren saya mencoba kerjaan baru yaitu sebagai Tour Guide++, jangan berkonotasi buruk dulu dengan tanda "++" atau dibaca "plus-plus". Tidak semua yang "plus-plus" jelek, contohnya adalah C++ :-) Kenapa disebut Tour Guide++, karena selain menego tempat-tempat para "client" berkunjung, menjadi orang yang menerangkan apa yang mereka lihat saat diperjalanan entah itu yang bersifat informasi bangunan, jalanan, wisata juga hal-hal teknis seperti teknologi-teknologi terbaru (opo iki) dan yang terakhir adalah sebagai tukang foto karbitan.

"Client" saya kali ini adalah kelompok mahasiswa dari Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Lambung Mangkurat.

PT Microsoft Indonesia

Tour pertama saya dan "client" adalah ke PT Microsoft Indonesia. Mereka bertemu dengan para team DPE untuk update teknologi (Seperti Wely dan FU) dan para punggawa MS lainnya yang biasa terlibat dengan bidang academic seperti Pak Julius yang mau memberikan informasi penting seperti MSDNAA dan juga sudah membakar semangat para "client" untuk berkompetisi di Imagine Cup.

01 02 03

Wely, Julius & Fu in Action

Selagi "client" terlena dengan mereka bertiga, saya terlena meeting tentang CASA dan MSDNAA dengan dua wanita, yaitu Sheila & Mbak Lucy.

04 

Sheila with Smile (jangan tanya gimana bisa dapat foto ini) :P

Setelah acara para "client" dengan para punggawa MS selesai, maka selanjutnya acara narsis di lantai 18 dan 19.

05 06 

Terima buat Mbak Indri yang telah membantu sehingga kunjungan ini bisa terlaksana, tidak lupa terima kasih buat Wely yang telah mengenalkan dengan Mbak Indri.

Apa goal dari kunjungan ini, yang pasti bukan racun teknologi dari salah satu vendor tertentu, tetapi untuk memberikan semangat kepada mereka bahwa ada Imagine Cup, ini dapat memberi mereka tujuan baru untuk belajar, untuk bersaing, untuk mencoba ikut berteriak kepada dunia bahwa Indonesia itu ada.

CHIP Magazine

Selanjutnya adalah kunjungan ke CHIP Magazine.

0708

Kunjungan kali ini mempunyai tujuan kalau tukang IT tidak hanya harus jadi tukang coding atau tukang tarik kabel UTP, tapi juga bisa duduk-duduk menulis artikel untuk sebuah majalah.

Terima kasih buat Pak Andre yang telah menerima para client dengan hangat, mbak Tika (sekretaris CHIP) dan patner saya selama 10 tahun (sejak jaman majalan Mikrodata, Computer Easy sampai CHIP) yaitu Nunung yang telah membantu untuk sehingga bisa kenal dengan mbak Tika dan pak Andre sehingga kunjungan ini bisa terlaksana.

Bina Nusantara University

Selanjutnya adalah kunjungan ke Binus University, kunjungan ini terjadi berkat bantuan Wely yang memperkenalkan dengan Mbak Ika (PR Binus University).

Datang ke Binus University pagi-pagi, sekitar jam 9 pagi. Langsung disambut oleh para Pak Freddy dan Binusian lainnya. Kami langsung diajak untuk menikmati kopi panas dengan cream, sangat cocok dengan cuaca pagi yang hujan saat itu.

09 10

Akhirnya bersama Pak Freddy diajak berkeliling kampus Binus, dari perpustakaan, lab serta tempat pasca sarjana. Sempat berkenalan dengan Ibu Linda. Selain itu sempat diskusi dengan Pak Samuel yang bercerita soal riset Computer Vision.

Dilanjutkan dengan acara makan siang dan akhirnya dapat juga berkunjung ke auditorium Binus...mantabs.

Menyenangkan diterima dengan sangaaaaaaaaaaat baik di Binus University. Menyenangkan bisa kenal dengan orang-orang hebat dan mahasiswa-mahasiswa brilian. SUPER!!!!

Teknik Informatika ITB

Selanjutnya perjalangan Teknik Informatika ITB, disambut oleh Pak Bayu dan Pak Rinaldi Munir (dosen saya saat masih ngetem di Universitas Pasundan).

11 12

Diskusi para "client" dengan dosen IF ITB dan mahasiswanya soal kurikulum. Selain itu juga berkeliling melihat lab-lab yang ada di IF ITB dan tidak lupa para "client" bermain game PonPoron di MIC ITB.

Cuma itu? Sayangnya tidak. Saat kunjungan ke Bandung ini bertepatan dengan acara tahunan teman-teman dari Australia, Depok, Bogor dan Jakarta yang tergabung di dalam XHTMLized dan X-Team yaitu Webruary. Pertemuan dengan Dave dan Tung untuk membicarakan rencana mereka untuk mengembangkan bisnis mereka di bidang teknologi web, kebetulan saat ini saya dan beserta beberapa teman menjadi team yang berperan untuk meng-handle proyek-proyek yang berbau .NET seperti Community Server, Sharepoint atau yang lainnya. Pertemuan dengan Dave dan Tung juga bertujuan untuk mencari talent-talent baru yang bisa mereka rekrut untuk bergabung dalam XHTMLized dan X-Team, maka diperkenalkanlah mereka dengan Bos Ronald dan Umi (siap2 dapat traktirkan dari Umi nih, jangan lupa hotdog booth ya Bu!).

Dave dan Tung juga sempat berdialog dengan para "client" tentang web teknologi dan cerita peranan mereka sebagai Adobe Ambasador.

(maaf tidak sempat foto-foto, lagi sibuk buka tutup kamus dan konsentrasi pendengaran karena kerepotan mengartikan bahasa Inggris).

Makan Malam bersama Mugi Bandung

Mugi Bandung selalu makan-makan? Tentu dong :) Kali ini adalah acara makan malam bareng Mugi Bandung dengan para "client".

16 15

Goal pertemuan ini adalah :

  • komunitas itu penting untuk bisa saling berbagi, saling mengisi, saling mengajari, saling membantu.
  • sharing para dedengkot Mugi Bandung tentang dunia kerja dan persiapan yang harus dilakukan selagi masih dalam status mahasiswa.
  • lebih baik jadi master di IT Pro daripada menjadi vokalis The Titans....hehehe....thx buat Bobby yang telah menyempatkan diri di acara ini.

Terima kasih buat MUGI-ers Bandung yang tidak bisa disebutkan namanya satu per satu yang telah memberikan pengetahuan dan inspirasi kepada mereka. Semoga ini bisa menjadi semangat baru buat mereka. (ga bisa disebutkan karena males nyebutinnya .. hehehe)

PT Dycode

Terakhir adalah kunjungan ke PT DyCode, kenapa kesini? Tujuannya adalah untuk memperlihatkan bahwa ada perusahaan yang dibangun oleh orang-orang muda dengan produk-produk yang tidak hanya dikenal di negeri ini juga di luar negeri ini. Semoga ini bisa memberika inspirasi kepada para "client" untuk bisa melakukan hal yang sama dan memberikan keberanian.

13 14

Dri, lo sudah mandi belum sih? hehehe

Terima kasih atas sambutan para DyCoder untuk kunjungan ini, sayang saat itu tidak ada Nina dan Vita :P

 

Terima kasih semua....Seperti kata seorang teman, negeri ini perludarah baru, spirit baru agar apa yang telah dilakukan oleh yang tua-tua ini ada penerusnya, Semoga ....

Share this post: | | | |