Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

July 2009 - Posts

Silverlight 3 : Deep Zoom Composer’s New Features

Sejak kemunculan Silverlight 3 RTW beberapa hari yang lalu, hari ini semua yang berhubungan dengan Silverlight 3 RTW sudah lengkap diunduh.01

Yang saya install pertama kali adalah Silverlight3_Tools.exe, tool Silverlight untuk Visual Studio 2008, seperti biasa ada trik yang harus dilakukan agar saat proses installasi tidak perlu ada langkah untuk mengunduh lagi Silverlight_Developer.exe.  Triknya, install Silverlight3_Tools.exe dan setelah jendela installasi muncul, jangan klik “LANJUTKAN” (english : NEXT), tetapi buka Windows Explorer dan ketikkan %TEMP% pada address bar maka dapat dilihat folder “Silverlight 3.0 Tools”, copy file Silverlight_Developer.exe ke folder ini. Setelah itu batalkan proses install Silverlight3_Tools.exe kemudian lakukan kembali proses installasi Silverlight3_Tools.exe, maka dapat dipastikan pada proses installasi tidak akan ada proses pengunduhan Silverlight_Developer.exe.

Setelah proses installasi selesai maka dapat dilihat ada 3 item yang telah diinstall.

02

Sebelum dipaparkan fitur-fitur baru pada Deep Zoom Composer, kita lihat-lihat dulu apa yang terjadi pada Visual Studio 2008 setelah Silverlight3_Tools.exe diinstall.  Pada saat create Silverlight Project maka dapat dilihat jendela New Silverlight Application seperti berikut ini.

03

Dapat dilihat ada 3 project yang dapat digunakan sebagai host aplikasi Silverlight yaitu ASP.NET Web Application Project, ASP.NET Web Site dan ASP.NET MVC Web Project.  Dari ketiga project tersebut hanya dengan memilih ASP.NET Web Application Project & ASP.NET MVC Web Project yang dapat menggunakan .NET RIA Service.

Seperti yang telah dapat dibaca dibanyak blog tentang Silverlight Tool untuk Visual Studio, hal yang sama juga saya  lihat yaitu dihilangkannya “Design Mode” ketika kita sedang bekerja dengan file XAML. Denger-dengar (tm), fitur ini sengaja dihilangkan agar Silverlight 3.0 RTW tidak terlambat tayang. Kekurangan fitur ini pada VS2008 juga sudah tertutupi dengan kemunculan Blend 3 Preview yang sekarang lebih terlihat “Developer”, karena pada tool ini sudah banyak diberikan fitur-fitur yang menyenangkan hati para developer.

Paparan berikutnya akan dikembalikan sesuai dengan judul pada posting ini. Kenapa Deep Zoom Composer lagi ? Karena tool ini banyak mengalami perubahan dan penambahan fitur.

{Deep Zoom atau Seadragon Ajax}

Terdapat 1 tambahan output dari Deep Zoom Composer, yaitu Seadragon Ajax. Fitur Seadragon Ajax mirip dengan fitur yang dimiliki oleh Silverlight Deep Zoom kecuali tidak menggunakan Silverlight runtime pada web browser untuk melihat content ini. Seadragon Ajax ini cocok sekali bagi mereka yang ingin menikmati content seperti Deep Zoom tetapi tidak dapat menginstall Silverlight pada komputernya.

04

{Tootip}

Gambar-gambar yang akan ditampilkan oleh Silverlight Deep Zoop dapat diberikan Tooltip, sehingga ketika mouse pengarah kesatu gambar akan ditampilkan keterangan dari gambar tersebut.

{Output Deep Zoom Composer}

Silverlight Deep Zoom yang dihasilkan oleh Deep Zoom Composer yang semakin beragam. Terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

05

Pilihan sebelum proses export, dapat dipilih Export as a collection dimana akan diberikan output :

  • Deep Zoom Classic + Source, antarmuka tanpa navigasi.
  • Default, antamuka pada output tipe ini adalah antamuka terbaru.  Dengan menu-menu fitur-fitur terbaru dari Silverlight Deep Zoom seperti pada gambar berikut ini. Gambar di bawah ini adalah antarmuka terbaru dari Silverlight Deep Zoom.
    06
  • Tag Browser, tampilan dari tipe output ini dapat dilihat di sini.

{External & Internal Links}

Gambar-gambar yang akan ditampilkan dapat diberikan link sehingga dapat diklik. Caranya sangat mudah (nenek yang bukan MVP juga tahu cara menambahkan link ini), pada proses Compose, klik kanan pada gambar dan pilih Add External Link atau Add Internal Link. Terserah yang diinginkan.

07

{Slide Show}

Slide Show adalah fitur terbaru dari Silverlight Deep Zoom.  Slide Show adalah menampilkan gambar-gambar secara otomatis dengan animasi yang menarik. Coba dan rasakan sendiri. Untuk menjalankan fitur Slide Show ini, cukup dengan menekan tombol “Play” yang ada pada bagian Pojok Kanan ataS.

08

{Menu}

Fitur yang lain adalah membuat menu yang memudahkan user untuk menunju gambar yang ingin dilihat. Caranya cukup dengan memilih tab menu disamping kiri dan pilih tombol refresh agar Deep Zoom Composer mendata gambar-gambar yang telah ditambahkan dan mengolah menu berdasarkan nama file. Menu dapat diatur dengan mudah dengan cara menggunakan tombol-tombol yang telah disediakan.

09

Hasil menu dapat dilihat pada gambar berikut ini.

10

{Fullscreen Deep Zoom}

Silverlight Deep Zoom versi ini juga menyediakan tombol full-screen mode. Tombol tersebut tersedia pada bagian atas sebelah kanan.

Sekian … Selamat menikmati akhir pekan.

Share this post: | | | |
Posted: Jul 11 2009, 10:28 PM by reyza | with 4 comment(s)
Filed under: