Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

Graffiti, installing..theming..enjoying

{Judulnya maksa}

{Installasi}

Kebetulan hari ini menginstall CMS Graffiti untuk keperluan pribadi. Graffiti dapat menggunakan beberapa tipe database yaitu Access, VistaDB, MySQL dan SQL Server, secara default database yang digunakan adalah VistaDB.

Bila kebetulan anda pengguna layanan hosting di Erudeye (promosi dulu ah), yang sudah support ASP.NET sampai versi 3.5 SP1 (walau untuk meninstall Graffiti tidak perlu versi tersebut) dan SQL Server 2008 sebagai database yang disediakan, maka tidak ada salahnya mengganti VistaDB dengan SQL Server.

Caranya sangat mudah, setelah DB dan User untuk mengakses DB dibuat maka buat schema dengan script Graffiti_SQL_Schema.sql dan setelah itu masukkan data user dengan mengeksekusi script Graffiti_SQL_Data.sql.

Modifikasi file Web.config untuk menyesuaikan connection string. Akses domain anda dan pastikan tampilan seperti ini anda dapatkan pada layar komputer.

image

Tetapi saya pastikan anda tidak akan melihat persis seperti gambar di atas, karena data masih kosong, jadi belum ada menu atau posting. Anda dapat memulai mengisi CMS ini dengan ‘menu’ dan posting dengan masuk ke halaman login (http://domain-anda/graffiti/graffiti-admin) dengan user admin dan password yang dapat anda lihat pada file Web.config (seperti yang dilihat pada gambar di bawah ini).

image

Anda dapat memulai mengisi posting dengan memilih menu Write.

image

Atau bermain-main dengan Site Option, mengubah-ubah tampilan dan widget pada menu Presentation, atau mengubah password admin pada menu User Management.

image

{Theme}

Membuat theme pada graffiti adalah hal yang sangat mudah. Anda cukup berjalan ke folder files/themes/, pada folder tersebut dapat dilihat terdapat 1 theme dengan nama default. copy dan paste folder kemudian rename dengan nama yang diinginkan. Tidak ada file *.config yang harus diubah, cukup ubah gambar preview.png dengan screenshot theme anda.

Setelah itu tinggal masuk ke Control Panel > Presentation > Themes, dan pilih theme yang baru saja dibuat.

image

Ingin mengubah tampilan theme? Tinggal pilih Personalize. Maka tampilan seperti berikut akan dapat ditemui.

image

Dapat dilihat file-file yang dapat diedit via Control Panel milih Graffiti ini.

image

De ja vu dengan tampilan seperti di atas ? Bagi penggemar Wordpress, mungkin tampilan di atas sudah tidak asing lagi.

Graffiti menggunakan NVelocity sebagai presentation layer, dapat dilihat pada file-file *.view di atas. 

  • layout.view adalah ‘master page’.
  • index.view adalah layout halaman utama (default.aspx kalau di dunia asp.net).
  • post.view adalah layout untuk semua halaman posting.

Graffiti mempunyai kemampuan untuk meng-override tampilan suatu halaman berdasarkan category dan posting yang diakses. Misalnya dibuat category blog (lihat nilai Link Name pada gambar di bawah ini) maka untuk mengubah tampilan cukup dengan membuat blog.view.  Untuk tampilan setiap posting pada category blog dapat dibuatkan file blog.post.view.

image

Selain berdasarkan category, dapat juga berdasarkan salah satu posting dengan cara buat nama file dengan extension view sesuai dengan Name seperti pada gambar di bawah ini. Pada gambar di bawah Name dari suatu posting adalah contact-us, maka dapat dilihat terdapat contact-us.view untuk meng-override tampilan dari posting tersebut.

image

Ubah-ubah sedikit, maka dalam waktu tidak terlalu lama anda akan mempunyai theme graffiti yang baru.

{Widget}

image

Graffiti cukup banyak menyediakan widget yang dapat langsung digunakan. Pada posting selanjutkan akan dicoba bagaimana membuat untaian2 kode untuk membuat widget sendiri, atau chalk atau bahkan plug-in sebagai extension pada Graffiti.

 

Sampai jumpa

Share this post: | | | |
Posted: Nov 02 2009, 11:47 PM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under: ,

Comments

Cokiki said:

mas...nny doonk....

hosting erudeye itu koq kagak bisa yah gratisannya? ehehehhe

# November 17, 2009 1:16 PM