Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

December 2009 - Posts

Mengenali file dengan extension “tidak terkenal” pada Visual Studio

Karena akhir-akhir ini sering bermain dengan Graffiti CMS (yang sudah open source : http://graffiticms.codeplex.com/), maka tidak bisa dihindarkan untuk bermain dengan file ber-extension *.view. File ini hanya HTML ‘biasa’ yang menjadi layer viewer pada Graffiti CMS, memang file tersebut dapat dibuka oleh teks editor yang ada termasuk Visual Studio, akan tetapi mata akan melihat teks flat, tanpa warna dan tanpa intellisense seperti gambar di bawah ini.

image

Akan lebih baik bila file-file *.view dapat lebih hidup, berwarna dan ditemani oleh bantuan intellisense. Untuk mendapatkan itu semua cukup dengan memberikan sentuhan kepada Visual Studio agar mengenali extension *.view.

Caranya pilih Tool > Option pada menu, pilih bagian Text Editor > File Extension.

image

Sekarang tinggal daftarkan extension yang diinginkan, dalam kasus ini dipilih HTML Editor. Hasilnya…..

image

Note :

Posting ini hanya sebagai media catatan agar tidak lupa :)

Share this post: | | | |
Menyiapkan IIS7 sebagai rumah astoria pada Windows Server 2008

Pada posting sebelumnya di sini, telah dicatat konfigurasi IIS7 sebagai rumah astoria pada Windows Vista atau Windows 7.  Pada posting ini akan dicatat (agar tidak lupa) konfigurasi IIS7 pada Windows Server 2008 agar dapat digunakan sebagai rumah astoria.

Pertama, dengan memilih Control Panel > Programs > Turn Windows features on or off maka akan dibuka jendela Server Manager seperti gambar di bawah ini.

kucing1

Kemudian pilih Add Features pada bagian Features Summary,

image

Selanjutnya akan dapat dilihat jendela seperti berikut ini.

kucing2

Pada .NET Framework 3.0 Features (Installed) > WCF Activation cek pada bagian HTTP Activation. Kemudian klik Next. Maka dapat dilihat proses installasi seperti di bawah ini.

kucing3

Setelah proses installasi berhasil, maka dapat dilihat terdapat tambahan item baru pada Handler Mappings yang ada pada IIS Manager.

kucing4

IIS7 pada Windows Server 2008 siap digunakan.

Share this post: | | | |