Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

Windows 8 : Si Hijau yang ramping

ISO Windows 8 edisi developer telah dapat diunduh dan diinstall pada mesin yang diinginkan (http://msdn.microsoft.com/en-us/windows/home/).  Ada beberapa edisi yang bisa kita unduh, sesuai dengan keperluan, dan yang lebih penting adalah sesuai dengan bandwidth yang ada miliki :)

Ada 3 'versi' ISO yang dapat kita download sesuai dengan ukurannya :

  • 4,8GB, Windows Developer Preview 64-bit yang didalamnya telah berisi developer tool. Adapun developer tool tersebut adalah Visual Studio 2011 Express Edition yang didalamnya 'hanya' berisi template untuk pengembangan app di Windows 8.
  • 3,6GB, Windows Developer Preview 64-bit tanpa tool developer.
  • 2,8GB, Windows Developer Preview 32-bit.

Nah silakan dipilih sesuai keperluan anda, terlebih lagi bandwidth anda di http://msdn.microsoft.com/en-us/windows/home/ :)

Disini akan digunakan Windows Developer Preview 64-bit with developer tool, maklum bandwidth lagi bersahabat.  Untuk installasi sengaja dilakuan di atas VM, dan kebetulan VM yang dipilih adalah VMware Fusion 4 di atas mesin Mac gw :) Awalnya ingin menggunakan Parallel Desktop, tapi ada sedikit kegagalan 'masalah lisensi' :) Proses installasi berjalan lancar dan cepat, tidak sampai menghabiskan waktu 15 menit (ingin bilang sekitar 10menit, tapi kawatir di anggap lebay). Ini kesan pertama yang baik, kalau sebelumnya bersama Windows 7, waktu installnya lumayan lama 20-30 menit.

Kali ini akan diceritakan pengalaman setelah berkenalan dengan Windows 8 selama beberapa hari secara default, tanpa custom konfigurasi.

{Antarmuka}
Berikut adalah antarmuka Windows 8 saat desktop dilock.

Screen shot 2011-09-18 at 11.26.23 PM

Untuk unlock cukup dengan mengeser layar ke atas, pengalaman seperti bersama Windows Phone 7 dan saat layar lock terbuka kita akan bertemu dengan form login warna hijau. Warna yang menyejukkan. Pada layar ini terdapat daftar user yang dapat dipilih sebagai user untuk login.  Dan pada sisi kanan bawah terdapat tombol untuk melakukan shutdown dan restart.

Screen shot 2011-09-19 at 12.43.39 AM

Setelah login berhasil maka mata kita akan bertemu dengan antarmuka Metro, ala Windows Phone 7 :)

Screen shot 2011-09-18 at 10.44.42 PM

Tidak ada tombol logo "Windows" lagi di sisi kiri bawah, walau keberadaannya tidak benar-benar menghilang.  Ada dua tipe aplikasi yang mempunyai antarmuka yang berbeda, maksudnya ada tipe aplikasi yang saat jalan mempunyai antarmuka seperti pada Windows Phone 7 dan bergaya Metro. Selain itu juga ada juga aplikasi yang ketika jalan seperti layaknya antarmuka yang sering kita temu pada versi Windows sebelumnya.

Sebagai contoh bila dijalankan Internet Explorer dari layar Metro, maka akan prilaku dan antarmuka seperti aplikasi pada Windows Phone 7, kalau tidak percaya bisa lihat pada gambar berikut :) Tidak ada tab untuk membuka halaman baru seperti pada Internet Explorer yang sering kita temui, seperti pada gambar di bawah ini. 

Screen shot 2011-09-18 at 10.52.37 PM

Internet Explorer di bawah ini dijalankan dari shortcut yang terdapat pada Desktop.

Screen shot 2011-09-18 at 10.47.59 PM

Antarmuka Desktop akan membuat kita terkenang pada antarmuka Windows 7 atau sebelumnya, seperti gambar di atas. Ada tombol "Windows" pada sisi kiri bawah, tapi fungsinya akan berbeda dengan tombol yang sebelumnya telah kita kenal. Kalau tombol itu diklik kita akan diantarkan pada halaman Metro utama. 

Sebagai informasi Internet Explorer yang terdapat pada Windows 8 adalah Internet Explorer 10, jadi wajar saat membuka Flickr, masih belum dianggap sebagai Internet Explorer :)

Pada

{Tipe Aplikasi}
Seperti yang telah disebutkan di atas, ada dua tipe aplikasi (ini masih menurut penerawangan penulis). Aplikasi Metro (ala Windows Phone 7) kalau dijalankan  prilakunya memang berbeda dari segi life cycle.  Aplikasinya hidup "hanya saat ada dilayar saja", tp kalau kita berganti layar maka kehidupannya akan berhenti.  Aplikasi ini juga tidak akan terlihat saat kita menekan tombol "ALT+Tab" untuk berpindah ke aplikasi yang sedang jalan.  

Untuk aplikasi non Aplikasi Metro, maka ketika dijalankan akan berpindah ke desktop dan aplikasi tersebut akan dapat dilihat saat tombol "ALT+Tab" ditekan.  Berikut adalah beberapa shortcut aplikasi tipe ini yang dapat kita temui pada layar utama Metro. Berikut adalah beberapa aplikasi yang akan berpindah ke desktop saat dijalankan (kecuali Store, Control Panel dan //build/).

#ralat

Setelah dicoba lagi, ternyata aplikasi Metro style ini sifatnya tidak seperti yang telah ditulis di atas. Sifat dan life cycle aplikasi metro style ini juga seperti app pada umumnya. Artinya baik app metro style atau yang bukan dapat dilihat di daftar multitasking saat tombol ALT+Tab ditekan. Dan aplikasi metro style tetap dapat hidup walau dia sudah tidak ditampilkan dilayar, dan dengan memilih aplikasi tersebut di daftar saat tombol ALT+Tab maka aplikasi tersebut akan ditampilkan kembali :)

 

Screen shot 2011-09-18 at 11.55.38 PM  Screen shot 2011-09-19 at 12.20.00 AM

{Aplikasi}
Pada Windows 8, kita akan mendapatkan aplikasi Metro yang biasa kita gunakan sehari-hari. Seperti aplikasi untuk social network seperti Socialite untuk koneksi ke Facebook atau Tweet@rama untuk koneksi ke Twitter. Juga ada picstream untuk koneksi ke Flickr. Berikut adlah antarmuka dari Socialite.

Screen shot 2011-09-19 at 12.23.47 AM

Selain itu jug terdapat game atau aplikasi entertainment yang lain seperti berikut ini.

Screen shot 2011-09-19 at 12.37.35 AM

Screen shot 2011-09-19 at 12.37.11 AM

Ada beberapa aplikasi yang menarik, salah satunya adalah memories, your life book, aplikasi untuk mengelola/album gambar/video. Pada platform lain pasti sudah perah bertemu aplikasi sejenis :)

Screen shot 2011-09-19 at 12.39.32 AM

Screen shot 2011-09-19 at 12.40.54 AM

Sepertinya sekian dulu laporan pandangan mata hasil pertemuan dengan Windows 8. Selamat mencoba dan selamat berakhir pekan.

Share this post: | | | |
Posted: Sep 18 2011, 01:22 PM by reyza | with 1 comment(s)
Filed under:

Comments

hariez said:

menarik juga Mas :)

# October 16, 2011 1:12 PM