Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

A short story how to publish Windows Store App

Bukan berita baru lagi kalau Windows Store sudah tersedia untuk Indonesia. Jadi developer Indonesia dapat mempublish Windows Store App agar bisa diunduh oleh pengguna sistem operasi Windows 8.  Tetapi memang tidak semua developer Indonesia bisa mendaftarkan dirinya karena suatu kendala, yaitu karena tidak memiliki kartu kredit.  Tapi tentu saja hal itu jangan menjadi halangan untuk berkarya dan membangun Windows Store App. Seperti sebuah kalimat bijak : “Dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan” :) Caranya bisa dengan meminjam kartu kredit, atau numpang ke teman yang sudah terdaftar di Windows Store.

Hal itu juga yang dilakukan oleh teman saya Adib Toriq , kebetulan sudah memiliki app Drug Guide untuk Windows Phone 7, sebuah aplikasi data obat-obatan yang berbayar dan mendapat tanggapan yang bagus di store. Walau aplikasi tersebut dipublish via Yalla. Dan saat ini aplikasi tersebut sudah dihapus dari store, karena pertimbangan untuk berhenti menggunakan Yalla sebagai perantara. Karena tanggapan positif itulah maka dibuat aplikasi serupa untuk Windows Store.

image

Setelah seminggu melakukan proses convert dari aplikasi Windows Phone 7 ke Windos Store App, akhirnya Senin tanggal 8 Oktober 2012 akhirnya aplikasi dipublish dengan saya sebagai perantara :) Berbekal account yang sudah terdaftar (acccount gratis karena berlangganan MSDN, langganan MSDN pun gratis karena anugerah sebagai MVP … hihihi) maka dicobalah untuk membantu untuk mempublishkan aplikasi Drug Guide Pro ini, nama Drug Guide sudah ada yang menggunakan, jadi kita gunakan nama yang lebih mentereng yaitu dengan embel-embel Pro. Tidak salah memang penggunaan nama tersebut karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbayar.

Ok….di atas hanya cerita pengantar saja. Kita akan mulai masuk inti dari blog ini, yaitu berbagi cerita menit-menit saat aplikasi Drug Guide Pro dipublish ke store.

Setelah aplikasi selesan dikembangkan, ditesting dan yakin siap untuk dipublish maka langkah pertama yang dilakukan adalah membuat App Packages dengan cara klik kanan pada project, kemudian pilih Store > Create App Packages.

image

Selanjutnya akan ditampilkan jendela seperti berikut ini :

image

Pilih Yes pada checkbox kemudian klik tombol Sign In, maka akan ditampilkan form sign in seperti berikut ini :

image

Masukkan live ID yang digunakan sebagai akun pada Windows Store. Setelah proses sign in berhasil maka daftar nama aplikasi yang telah kita daftarkan pada Windows Store.  Hmm.. sekarang baru mengerti kenapa ada fasilitas “daftarin nama aplikasi” terlebih dahulu, ternyata ini toh fungsinya :)

image

Pilih nama aplikasi yang sesuai, kemudian pilih Next. Jika checkbox pada Automatically increment dicentang maka saat setiap kali melakukan pembuatan package maka secara otomatis nilainya akan dinaikkan. Jadi jika pertama kali gagal melakukan proses pembuatan package maka sudah dianggap versi 1.0.0.1, kemudian ketika proses pembuatan package diulang maka versi package akan menjadi 1.0.0.2.

image

Untuk checkbox Architecture sebenarnya cukup pilih Neutral saja bila memang aplikasi yang dibangun tidak menggunakan hal-hal gaib :) Karena saat nanti upload package ke store cukup upload hasil package untuk Any CPU saja (karena memang tidak ada hal-hal gaib). Selanjutnya klik tombol Create.  Secara otomatis maka akan dilakukan proses pengecekan file-file yang akan dijadikan package. Salah satunya pemeriksaan ukuran file gambar-gambar. Jika ditemui ada yang tidak sesuai maka secara otomatis akan ditampilkan pesan error seperti berikut.

image

Lumayan kan, pemeriksaan seperti ini sudah terintegrasi pada VS 2012 tanpa perlu instal-instal lagi :) Jika semua requirement telah dipenuhi maka akan dapat dilihat pesan seperti berikut ini.

image

Selanjutnya klik tombol Launch Windows App Certification Kit untuk proses pemeriksaan dan validasi lebih lanjut. Dan berikut pesan yang akan dapat kita lihat jika semua berjalan lancar.

image

Selanjutnya proses publish akan dilanjutkan di web Store Portal, yaitu mengisi form berikut ini.

image

Setelah sampai pada bagian Packages, maka kita upload file .appxupload hasil dari proses create package yang telah dilakukan di atas.

image

Setelah proses upload berhasil maka akan ditampilkan pesan berikut ini, kemudian klik tombol Save.

image

Setelah semua form diisi maka tinggal kita akan dapati status seperti berikut ini :

image

Adapun proses-proses yang harus dilewati adalah sebagai berikut :

image

Sekian kira-kira cerita singkat dari proses publish kemaren, semoga bermanfaat bagi developer Windows Store App.

Share this post: | | | |

Comments

wirasetiawan29 said:

Bagi para Developer yang lagi build Apps dan ingin submit aplikasi atau gamenya ke Store dan mengalami

# October 14, 2012 8:46 PM