Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Visual Web Developer 2008 merupakan tools gratis yang disediakan oleh microsoft untuk melakukan pengembangan aplikasi web. Namun pada release untuk tahun 2008 ini ada satu fitur yang menurut ane sangat menarik, yaitu adanya dukungan intellisense untuk JavaScript. Yup sekali lagi untuk javascript!!!. Jadi sekarang para Web developer yang sering berkutat dengan client side script dapat menggunakan VS untuk melakukan menulis kodenya dalam javascript secara lebih nyaman. Kalo ada yang pernah liat-liat video om Scott Gu di channel 9 dia bilang kalo untuk nambahin fitur ini di VS itu cukup sulit, ya kalo dipikir2x emang kayaknya susah banget sih develop fitur ginian untuk Javascript, mengingat Javasript yang tidak stong typed. Okeh dalam blog kali ini ane pengen nunjukin sekilas gimana sih intellisense di VWD 2008 ini in action.

Yang pertama ingin ane tunjukin adalah kemampuan intellisense untuk menampilkan keterangan dari suatu fungsi berdasarkan dari komentar dalam bentuk XML yang ada didalam fungsi tersebut. Contohnya :

function Pegawai(nama,id)
{
    /// <summary>Konstruktor dari kelas Pegawai</summary>
    /// <param name="nama" type="String">Nama dari Pegawai</param>
    /// <param name="id" type="Number">ID dari Pegawai</param>
    this.nama= nama;
    this.id = id;
}

Sama persis dengan kalo ngasih komentar di C# kan? nah hasil dari penulisan komentar yang berisikan keterangan dari fungsi ini pada intellisense adalah :

image

terlihat bahwa intellisense menampilkan keterangan dari fungsi Pegawai, namun karena kita pun menyediakan keterangan tentang parameter yang dipakai pada fungsi itu maka kita pun dapat melihat keterangan dari setiap parameter pada saat kita mengisi nilai parameter seperti dibawah ini :

image 

Namun sayang penulisan komentar dalam bentuk XML ini tidak otomatis seperti jika kita menggunakan editor untuk C# atau VB. kalo dulu kita tinggal ketik '///' maka kerangka komentar akan langsung disediakan oleh VS maka untuk javascript ini tidak. Kita harus menulis semua Tag XML tersebut (mudah-mudahan di VWD SP1 fitur ini udah ada :D).

Fitur lain yang juga menarik adalah kemampuan VS untuk mendeteksi tipe dari sebuah objek secara otomatis. hmm kalo untuk C# mungkin fitur ini gak heboh2x banget, mengingat C# yang strongly typed. Tapi kalo untuk tipe bahasa scripting seperti Javascipt fitur ini menurut saya fantastik, mengingat sebuah variabel bisa menunjuk ke berbagai macam tipe objek. contohnya pada kode dibawah ini :

<script language="javascript" type="text/javascript">
       var peg = new Pegawai("ronald",1);
       alert(peg.id);
       peg = "ronald";
       alert(peg.length);   
</script>

Pertama-tama variabel peg menunjuk ke objek Pegawai dan intellisense akan menampilkan pilihan properti dan fungsi yang tersedia untuk objek pegawai seperti ini  :

image

Namun ketika variabel peg menunjuk ke objek string maka intellisense akan menampilkan pilihan properti dan fungsi yang tersedia untuk objek string seperti ini :

image 

Fitur terakhir yang nampak dimata ane adalah fitur Reference Directives yang dalam MSDN dibilang kalo fitur ini adalah fitur yang memampukan sebuah file javascript dihubungkan dengan file javascript lainnya. Gunanya buat apa? mmm gunanya adalah jika kita menggunakan fungsi yang ditulis pada file javascipt lain intellisense akan mampu menampilkan fungsi tersebut beserta dengan keterangannya jika ada . Misal kita memiliki sebuah file bernama Pegawai.js yang berisikan definisi kelas Pegawai dan kemudian kita ingin membuat kelas Bos yang merupakan turunan dari kelas pegawai di file berbeda yang bernama Bos.js. Nah agar intellisense menampilkan definisi kelas pegawai ketika kita mengedit file Bos.js maka kita tentunya perlu memberitahukan intellisense file mana yang mengandung definisi kelas pegawai. Caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan baris berikut dibagian atas file Bos.js

/// <reference path="Pegawai.js">

dan ketika kita mengedit file Bos.js intellisense akan menampilkan keterangan dari objek pegawai seperti pada screenshot dibawah ini :

image

Mantab kan fitur intellisense di VWD ini, btw fitur ini murni untuk ngedit javascript di sisi client jadi bisa aja developer yang mengunakan PHP atau JSP  pada server side menggunakan VWD untuk melakukan development javascipt yang digunakan di sisi client (seperti yang sering ane lakukan :D). Okeh segitu aja bahasan ane tentang intellisense di VWD, btw bareng segelintir MSP yang lain ane sekarang udah MCTS untuk kategori .NET 2.0 Web Applications kayak om Papa Darren.

 

cheers......

Share this post: | | | |
Published Monday, January 28, 2008 9:27 AM by ronald
Filed under:

Comments

# re: Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Monday, January 28, 2008 10:13 AM by agung

Ente batak apa betawi ?

:D

# re: Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Monday, January 28, 2008 10:16 AM by ronald

batak bang..

tapi berhubung lagi posting dari tanah betawi pake gaya betawi...

biar nyatu gitu ama kultur setempat...

# re: Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Monday, January 28, 2008 11:24 AM by agung

Hihihihi...

Bisa aje ente. :p

Good post. Fitur intellisense yang di code behind di ulas juga donk. Biar mantab.

:)

# re: Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Monday, January 28, 2008 3:42 PM by Brahmasta

Hehe, keren juga ada intellisense buat javascript. Manteb deh..

# re: Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Monday, January 28, 2008 5:04 PM by anggriawan

oh.. sekarang dukung auto-completion buat JavaScript juga ya..

asiik.. gratis.. :D

bisa nyaingin <a href="www.jetbrains.com/.../a> gak ya.. :D

# re: Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Tuesday, January 29, 2008 6:30 PM by Zakka Fauzan Muhammad

Gile, keren banget fiturnya...

[becanda mode]

Fiturnya bisa dikopi ke aplikasi yang lain gak? Biar gak usah pake Visual Web Developer :P

[/becanda mode]

# re: Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Thursday, January 31, 2008 3:55 PM by pebbie

ckckck..

kok jadinya javascript lebih <em>tedious</em> daripada c yah?

apa komentar deskripsi <em>signature</em>-nya di-<em>generate</em> otomatis?

klo nggak, sangat tidak manusiawi menuliskan tag untuk setiap parameter... lebih baik pakai C yang mendeklarasikan tipe parameter sebelum nama parameter.. :P

:kabur:

# re: Nice Feature in Visual Web Developer 2008 : Intellisense for JavaScript

Monday, February 4, 2008 2:30 PM by ronald

itu kan kalo mau keluar komentarnya di intellesensenya aja peb..

kalo lo gk mau tulis juga gpp

gitu aja kok repot..

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems