Photosynth : another great apps from Microsoft Research

Photosynth adalah sebuah aplikasi riset di Microsoft Research. Sebenarnya riset ini udah berjalan cukup lama dan berasal dari Photo Tourism. Saya pertama kali liat membaca tentang riset ini ketika mencari-cari ide untuk ikut Imagine Cup 2007. Namun ketika itu hasil dari riset ini belum bisa dicoba. Dalam halaman web-nya hanya ditunjukkan video tentang ide dari riset ini dah contoh hasilnya. Jadi ketika itu saya tidak dapat mengekplorasi/menggunakan teknologi ini sebagai bagian dari aplikasi yang akan saya ikutkan di Imagine Cup 2007.

Namun kemarin ketika saya sedang browsing-browsing, saya menemukan bahwa ternyata aplikasi Photosynth telah memiliki versi CTP. Tanpa basa-basi saya langsung menuju ke TKP disini dan mengunduh installernya. Ternyata Photosynth harus dijalankan lewat browser dan ternyata ada satu lagi masalah. Ternyata dia belum mendukung Firefox 3.0, ya wajar lah mengingat Firefox 3.0 baru dirilis minggu ini. Jadi ya terpaksa saya menjalankannya lewat Internet Explorer 7.0.

Mungkin banyak yang udah penasaran tentang apa itu Photosynth dan bagaimana Photosynth in action. Oke saya akan mulai mendeskripsikan PhotoSynth, PhotoSynth adalah sebuah cara baru dalam penyajian sebuah koleksi foto. Dengan menggunakan Photosynth maka koleksi foto2x anda akan disajikan dalam model 3 Dimensi. maksud dari 3 Dimensi adalah foto anda akan benar-benar disajikan dalam 3 Dimensi sesuai dengan model 3 Dimensi dari tempat anda mengambil foto. Contohnya adalah seperti gambar dibawah ini :

image

image

 image

okeh gambar diatas adalah contoh dari PhotoSynth "in action". Kita dapat liat bahwa koleksi foto akan disajikan dalam nuansa 3 dimensi. Gambar pertama adalah gambar sebuah menara sedangkan gambar kedua adalah gambar dari tembok yang ada di sebelah kanan dari menara tersebut. Sehingga ketika kita berpindah dari foto menara ke foto tembok ada sebuah animasi bernuansa 3 Dimensi yang ditampilkan (anda dapat lihat pada gambar 2).

Bosan dengan tampilan 3 dimensinya? anda pun masih dapat membrowse koleksi foto dalam 2 dimensi seperti gambar dibawah ini :

image

Cukup menarik bukan? jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang teknologi dibelakangnya mungkin anda dapat membaca paper ini. Dari yang saya tangkap adalah bahwa Photosynth ini melakukan serangkaian algoritma terhadap sebuah foto untuk mencari sudut-sudut dalam sebuah foto untuk kemudian dicocokan dengan model 3D yang ada. Pada edisi CTP ini kita belum dapat menggunakan foto yang kita foto sendiri, alasannya adalah karena waktu yang diperlukan untuk memproses setiap image cukup lama. Ya memang kalau udah baca papernya pasti kita akan mengerti mengapa lama :D. teknologi Sea Dragon yang ada dalam  Deep Zoom seperti yang dibahas oleh bapak Zeddy pun turut digunakan dalam PhotoSynth.

he3x... teknologi riset yang cukup menarik, saya gak sabar untuk melihat bagaimana hasil dari teknologi ini ketika sudah mulai memasuki tahap produksi. Jadi mungkin nanti teknologi ini akan dapat digunakan oleh om roy suryo untuk menampilkan koleksi foto artis/anggota DPR - nya dalam 3 dimensi sehungga menambah keakuratan analisisnya.

 

cheers...

Share this post: | | | |
Published Friday, June 27, 2008 9:02 AM by ronald
Filed under: ,

Comments

# re: Photosynth : another great apps from Microsoft Research

Friday, June 27, 2008 9:18 AM by reyza

Mas, kok nama saya disebut2 ya :)

# re: Photosynth : another great apps from Microsoft Research

Friday, June 27, 2008 10:37 AM by ronald

@reyza..

gua nyebut nama roy suryo ko...

ente suka GR deh...

# re: Photosynth : another great apps from Microsoft Research

Friday, June 27, 2008 1:53 PM by reyza

@ronald

hehehe...sorry bos, tadinya gw nulis nama yg komentar adalah RS...tp ngga logout dulu..hehehe.

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems