WPF 3.5 SP1 New Features : WebBrowser Controls

Published 23 September 08 08:51 PM | ronald

Pada tanggal 11 Agustus 2008 yang lalu .NET 3.5 SP1 telah diluncurkan oleh Microsoft. Tentunya ada banyak sekali penambahan fitur2x yang akan semakin memanjakan developer ketika mengembangkan sebuah aplikasi. Salah satu bagian yang mengalami banyak penambahan fitur adalah pada WPF, saya tertarik untuk membahas mengenai salah satu komponen/kontrol baru yang ditambahkan oleh tim pengembang WPF di Microsoft yaitu WebBrowser.

Mungkin banyak dari rekan geeks yang bertanya demikian? Mengapa penambahan kontrol ini penting? padahal kan di winform sudah ada kontrol serupa dan kita dapat menambahkannya kedalam aplikasi WPF seperti contoh disini. Tim AntarMuka wakil Indonesia di Imagine Cup 2008 pun menggunakan komponen WinForm ini dalam program mereka untuk menampilkan peta dari Virtual Earth. Namun dengan penambahan komponen ini kita tentunya tidak perlu lagi direpotkan dengan proses proses mengembed kontrol winform, cukup dengan dragndrop saja dan kita mendapatkan sebuah komponen webbrowser

contoh kode penggunaan elemen ini adalah :

<WebBrowser Source="http://geeks.netindonesia.net/blogs/ronald/">
</WebBrowser>

kode diatas akan membuka halaman blog ini dan hasilnya sebagai berikut :

image

namun yang perlu disayangkan adalah meskipun komponen ini sudah merupakan kontrol WPF namun nampaknya dia tetap saja memanggil komponen Winform. Karena berdasarkan proses explorasi meskipun elemen ini tidak akan mengakibatkan exception ketika dikenakan animasi tetapi animasi tersebut tidak akan berpengaruh. Komponen ini pun akan selalu menutupi komponen lain. Namun tentu saja dengan adanya komponen ini akan semakin mempermudah proses pengembangan aplikasi WPF mengingat kita dapat mengurangi langkah untuk mengembed komponen winform.

 

cheers

Share this post: | | | |

Comments

No Comments