Buat Apasih 3G ?

 

Buat saya, guna handphone ada tiga. satu buat terima telpon, sekali-kali buat nelpon, dua buat sms dan ketiga buat lihat jam. Yang lain ? yaa saya gak butuh-butuh amat game, saya tidak bergantung sama time planner meski untuk beberapa peristiwa saya catat dan simpan di hp.Untuk saat ini, semuanya cukuplah. Semuanya sudah membuat saya mengucapkan rasa syukur karena berada di masa di mana teknologi berkembang dengan begitu pesatnya. Kadang saya ikut, kadang saya lari-lari kecil mengejar, kadang saya abaikan. Semuanya sebatas kebutuhan saya aja. Lebih dari itu ? ya sudahlah ...terimakasih.

Sekarang 3G benar-benar datang di Indonesia. Networknya bagaimana, saya mulai mencari  tahu. Tahu-tahu Excel, Natrindo, Hutchison dan Indosat sudah punya network 3G. Hebat ya orang-orang itu kerja. Belajar diam-diam, disain diam-diam, implemen diam-diam, tau-tau kita disuguhkan layanan komunikasi berkecepatan tinggi.Diam-diam duitnya banyak juga,ya :).

Tapi buat apasih layanan komunikasi berkecepatan tinggi ini ? Pakai handphone gitu loh.Ups.. ini kadang-kadang hal yang harus saya rem sebelum berpendapat. Pikiran skeptis !  

Setelah dibantu sama om Google, ternyata di dunia ini,sampai saat ini, ada 432 layanan yang diberikan oleh para provider 3G ! Dari Finland sampai Afrika Selatan, dari Canada sampai Mexico, dari Italia sampai Indonesia.Jenis layanannya macam-macam. Ilustrasinya bisa seperti ini :

1. Ketika kita sedang tunggu giliran masuk ke ruang dokter dengan layanan 3G kita bisa santai mendengarkan musik setelah kita download lagu Samson terbaru.Bosan dengerin lagu kita bisa juga download game seru,pilih-pilih ringback tone atau iseng bikin blog. Pokoknya kelihatannya gaya deh.Pasti pasien-pasien yang lain melirik-lirik sebel.

2. Pernah datang ke customer untuk presentasi, ketika kita buka file ternyata file-nya corrupt ? Coba deh buru-buru telpon teman di kantor untuk kirim file presentasi lewat email. Dengan layanan internet dari 3G, kita gak perlu pinjam-pinjam internetnya customer, kan.Dan presentasi dapat segera dilanjutkan.

3. Deg-degan tinggalin rumah waktu pulang kampung ? Sekarang bisa nggak lagi. Dengan teknologi 3G kita bisa memantau keadaan rumah, bisa mengatur kapan waktu nyalain lampu sekalian matiin lampu kalau sudah siang. Ini yang namanya servis Homewatch yang disediakan oleh Hutchison Hongkong.

4. Pernah pergi ke suatu tempat yang baru, lalu kesasar ? Sering kan ? Kalau sebelum ini biasanya orang pakai GPS (Global Positioning System) atau bawa peta Gunther, sekarang tanpa tambahan alat GPS, cukup dengan hp 3G para pengembara bisa mendapat layanan navigator ataupun pencari lokasi. FREN menamakannya Jalur Pantura, suatu layanan video streaming dan navigasi untuk para pemudik lebaran kemarin.

5.Untuk aplikasi perbankan lebih unik lagi. Kita bisa membayar belanjaan dengan menggunakan terminal 3G. Jadi selain uang cash, kartu debit, kartu kredit, terminal 3G juga bisa dipakai sebagai media untuk membayar.

Layanan 3G sekarang lebih banyak yang bersifat entertain, seperti : music store, audio download, mobile TV,game download, multiplayer gaming, ringtone serta video streaming. Agaknya provider 3G harus lebih kreatif mencari aplikasi lain yang lebih menarik ,terlihat manfaatnya, dan biaya rendah, tentunya. Sesuatu yang menjadikan hidup ini lebih mudah, karena itu sesungguhnya tujuan dari teknologi. 

Lalu 3G sendiri itu apa ? apa yang menjadikan 3G begitu terlihat istimewa ? Kenapa kok tau-tau 3G, yang 1G dan 2G sendiri apa dan kapan adanya? Apa setelah 3G akan mucul 4G lalu 5G dan sebagainya ?

 

Lanjutannya ....

 

Share this post: | | | |

Comments

# eriawan said:

3G itu generasi ketiga GSM, lebih tepatnya. Walaupun istilah ini juga dipake CDMA juga. Begitu istimewa, soalnya bisa video call, bisa internetan dengan kecepatan tinggi sampai 384kbps. Sebelum 3G adanya 2.5G, yaitu dengan kecepatan GPRS yang adanya di handphone GSM. Mendingan sekarang mulai adaptasi 3G aja. Karena vendor2 ponsel sekarang seperti Nokia minimal 80% modelnya bisa 2.5G, 45%-50% udah 3G. eriawan

Monday, December 11, 2006 1:09 PM