Trouble-free Vista, two weeks with SP1

Setelah instalasi ServicePack (SP1) dua minggu lalu, masalah yang sebelumnya sering muncul pada notebook saya sudah tidak pernah datang lagi. Masalah tersebut terutama berhubungan dengan insomnia atau gangguan tidur pada vista yang ternyata dialami oleh banyak notebook. Sebelumnya, saya harus memastikan bahwa semua file sudah tersimpan sebelum saya menutup layar notebook, untuk menghindari risiko 'mati dalam tidur' karena tidak ada kepastian bahwa ketika notebook saya hidupkan kembali, vista akan muncul seperti ketika saya menutup layar. Sering terjadi ketika layar dibuka dan notebook dihidupkan dari kondisi tidurnya (sleep), indikator hardisk menyala, tapi layar tetap blank dan tidak ada cara lain untuk lanjut tanpa melakukan hard reset atau power off lebih dulu. Sekarang semua sudah bekerja sebagaimana mestinya, dengan kondisi program sedang berjalan, saya bisa langsung menutup layar dengan tenang tanpa takut kehilangan data, karena sistem power management dan hybrid sleep sudah bekerja dengan baik. Bahkan saya tidak ingat kapan terakhir kali saya mematikan notebook saya. Hybrid sleep adalah kombinasi dari instan-on dan hibernate. Selama power masih cukup, notebook akan sleep dan siap digunakan dan ketika power baterai mulai kritis, notebook akan melakukan hibernate, sehingga tidak perlu ada proses inisialisasi OS dari awal ketika baru dinyalakan. Kondisinya akan sama dengan ketika layar notebook ditutup.

Dari berbagai referensi, problem lain yang sering mengganggu pengguna vista adalah pada saat meng-copy sejumlah besar file dengan explorer, indikator waktu dan proses copy nya membuat user malas menunggu karena prosesnya terlalu lama. Ini salah satu yang diperbaiki oleh SP1.

SP1 didistribusikan dalam sebuah file berukuran sekitar 455MB(455,611,504 byte) dengan nama de_en_es_fr_ja_windows_vista_service_pack_1_x86_72327.exe , ini adalah offline installer yang mendukung beberapa bahasa, sehingga ukurannya sebesar itu. Dengar2 sih, versi onlinenya, cuma perlu download sekitar 60-an MB kalau instalasinya dilakukan melalui windows update, tapi saya kurang tahu apakah sudah tersedia untuk publik atau belum.

sp1install1

Instalasinya memakan waktu sekitar satu jam atau lebih. Sebaiknya instalasi dilakukan sesudah makan, sebelum tidur :D. Saya kurang tahu persis berapa waktu instalasi dan perlu berapa kali restart, karena semuanya automatis sampai selesai ketika saya sedang tidur.

Versi  windows Vista SP1 bisa dicek dengan explorer, help, about. Version 6.0 (Build 6001...

sp1install4

Instalasi Vista SP1 ini sangat disarankan, terutama jika anda menggunakan notebook dan mengalami sindrom 'sleep disorder' atau jika anda banyak menggunakan explorer untuk meng-copy sejumlah besar files. Sedikit warning, bagi anda yang menggunakan versi bajakan dengan BIOS OEM hack, SP1 ini kabarnya akan melumpuhkan hack tsb.

Share this post: | | | |
Published Sunday, March 2, 2008 4:11 AM by tahir

Comments

# re: Trouble-free Vista, two weeks with SP1

Monday, March 3, 2008 6:14 AM by andriyadi

Nice...thanks for sharing...

Saya juga sering ngalamin notebook "tertidur dan gak bangun-bangun lagi" :)

# re: Trouble-free Vista, two weeks with SP1

Sunday, May 25, 2008 3:50 AM by Andre

katanya vista sp1 bisa membuat kerja notebook menjadi ringan ya? sehingga notebook bisa lebih cepat...betulkah itu? trus, gimana caranya update yang aman bagi yang pake vista bajakan? ada informasi baru yang lebih aman? maksudnya terhindar dari 'hack' itu tadi?

# re: Trouble-free Vista, two weeks with SP1

Sunday, May 25, 2008 12:44 PM by tahir

Secara umum, setiap orang punya alasan masing2 untuk upgrade ke sp1. Vista sp1 membuat proses copy file menjadi lebih cepat, baik dari hardisk, network atau cd/dvd. Vista sp1 juga menangani masalah sleep yang sering menjadi problem serius sebelumnya. Kalau masalah sleep masih ada di sp1, coba reset bios computer ke default.

Sp1 bukan hanya menangani masalah yang ada sebelumnya, tapi juga bisa menimbulkan masalah baru, karena ternyata ada juga beberapa program yang justru tidak bisa berjalan di sp1.  Metode update yang paling aman adalah dengan menggunakan offline installer, jadi lebih yakin file2 yang dibutuhkan semuanya sudah tersedia, dan ada proses restart automatis.

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems