Kuliah Pagi Bersama Bill Gates

Kuliah dimulai seharusnya tepat jam 8.00 pagi. Tepat jam 8.00 MC mengumumkan bahwa BG dan RI1 masih sedang meeting (dalam hati.... apa mungkin lagi main catur ya..).  Hadirin pun berhamburan ke luar, entah karena kecewa dengan jadwal ngaret atau karena ingin ke belakang, supaya nanti kuliahnya tidak perlu diinterupsi oleh panggilan alam. Pukul 8.05 acara baru dimulai.

Berikut sedikit rangkuman tidak berurut yang masih teringat:

Hmm….

1. Kalau presentasinya sih… lebih bagus presentasi anak2 imaginecup :D gak ada satupun fitur terbaru powerpoint yang dipakai, apalagi wpf hehe. Satu slide satu gambar, no words. mirip slide2nya Gede Prama. Oh ya.. untuk demo dan presentasi, BG stand alone, tidak perlu dibantu code monkey :D

2. Karena BG orang amrik… seperti biasa di film2 amrik, pasti ada flashback… ceritanya balik ke usia dia 18 thn, ceritanya di nomor berikut,trus di ujung acara flashbacknya dilanjutkan lebih awal lagi ama ibu Mari Elka Pangestu yang bertindak sebagai moderator, beliau mengungkit exposure pertama BG terhadap computer ketika masih berusia 13 thn.

3. Awalnya komputer hanya dimiliki oleh pemerintah dan perusahaan2 besar. BG saat itu telah memikirkan bagaimana supaya komputer bisa dimiliki setiap orang. Lanjutannya...  untuk masa sekarang dan yang akan datang, komputer yang merupakan kombinasi hardware dan software akan digunakan untuk segala hal. Komputer semakin powerful dan semakin murah.

4. Seperti biasa, presentasi MS tidak cukup hanya dengan .ppt, harus ada sesi Demo. Kali ini BG medemokan WorldWide Telescope. Salah satu aplikasi gratis hasil dari MS Research, lengkap dengan dua buah tour, yang pertama dari seorang ahli dibidang astronomi dan satu tour dari seorang anak berusia 6 tahun. Demo yang cukup menarik.

5. RI 1 yang membuka acara, mengungkapkan banyak orang Indonesia di Microsoft Campus di Redmond, dan beliau ingin ‘suatu saat’ mereka2 bisa balik dan membangun Indonesia.

6. BG melalui yayasannya ingin mendorong percepatan di berbagai bidang dengan bantuan TI. Misalnya supaya obat2an baru bisa lebih cepat ditemukan, bibit2 tanaman baru yang lebih unggul bisa ditemukan untuk ketersediaan bahan makanan, exposure teknologi yang lebih awal terhadap anak2, dsb…

7. Terhadap pertanyaan RLP(Renee dari Kompas) yang menanyakan apakah trend opensource akan menjadi pilihan ke depan, BG menjawab bahwa banyak orang melihat keuntungan ekonomis dari sebuah system hanya jangka pendek, kadangkala mereka baru menyadari cost dari pilihan yang gratis tersebut ketika mereka harus menggunakan sebuah aplikasi tertentu yang berjalan di atasnya dan system tersebut ujung2nya ternyata lebih mahal.

 

the second digital decade
Share this post: | | | |
Published Friday, May 9, 2008 6:14 AM by tahir
Filed under: ,

Comments

# re: Kuliah Pagi Bersama Bill Gates

Friday, May 9, 2008 1:29 PM by dj

well, thanks bung tahir, so langkah konkret bg ke indonesia apa ya?,... apa ada beberapa instansi atau beberapa university yang akan diberikan free os atau apa gitu?

# re: Kuliah Pagi Bersama Bill Gates

Friday, May 9, 2008 1:46 PM by tahir

Nope, tidak ada komitmen apapun seperti itu yang disampaikan saat kuliah tadi. Yang jelas disampaikan adalah MIC(Microsoft Innovation Center) di Indonesia akan ditambah jumlahnya, dari sekarang 4 menjadi 5 buah. Yang terbaru akan di buat di UPH.

# re: Kuliah Pagi Bersama Bill Gates

Friday, May 9, 2008 1:47 PM by reyza

terlalu pagi bagi saya (jam 6.30 mesti registrasi), karenanya pas ditawari mau datang, mikir panjang dulu sebelum bilang 'tidak bisa datang'. untung ada siaran langsungnya di TV One.

# re: Kuliah Pagi Bersama Bill Gates

Saturday, May 10, 2008 6:21 PM by zeddy

Point no.1: Di backstage: 2 orang dgn title "Executive Support Group" yg handle presentasi & demo Bill. 1 orang IT support dari MS Indo, 1 orang yg translate/manage 2 orang bule dan 4 anak ITB + bawain laptop Bill Gates (yaitu gw hehehe), 1 orang dari UI yg tugasnya nemenin gw (Fuady), dan 4 anak ITB (Aksara).

Yg di depan itu cuman monitor, mouse, keyboard yg terhubung via KVM bos, jadi kalo om Bill salah klik pun bisa kita klik tombol yg tepat dari belakang. Malu donk kalo VIP salah pencet :)

4 Laptop yg dipake Bill Gates pun dari kita, mungkin setelah ini gw akan pasangin sticker "Touched by the Richest Man in the World - Om Bill " di laptop tsb :)

---

Point no. 5: Hmm, mimpii kali yeee... kalo dr obrolan gw ama Arief Sukoco sih, terakhir dia ke Indo itu 7 tahun yg lalu... wakekekeke. Murahin internet dan naikkin gaji programmer dulu donk, baru ajak orang2 balik ke Indo :)

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems