Setting up a new dev notebook: 2. Enable Intel virtualization on Vaio Z series

Saya membutuhkan notebook kerja yang mendukung virtualization, lingkungan virtual perlu untuk testing aplikasi di berbagai platform, untuk instalasi driver scanner dari berbagai merk dan model dimana drivernya tidak selalu bisa dipasang bersamaan pada satu komputer, saya juga membutuhkan lingkungan virtual untuk simulasi server dan infrastruktur dari customer. Untuk kebutuhan ini saya lebih banyak menggunakan VMware.

Seperti dicantumkan pada situs Sony, Vaio seri Z tidak mendukung virtualization. Bagaimana sony menon-aktifkan fitur ini? Kalau pada notebook yang mendukung virtualisasi, biasanya ada opsi untuk mengaktifkan dukungan prosessor untuk virtualization yaitu dengan mengaktifkan fitur intel-vt melalui menu advanced di bios. Setting seperti ini tidak ada di Vaio, karena memang tidak diaktifkan oleh Sony. Lihatlah, hanya ada menu Main, Security, Boot dan Exit.

noadvanced

Dengan bantuan program kecil yang booting sebelum bios, konfigurasi user interface dari bios bisa diubah sehingga menu advanced yang tadinya tersembunyi bisa ditampilkan, dan melalui advanced menu tersebut fitur intel-vt bisa diaktifkan. Jika anda pemilik vaio dengan bios InsydeH20, anda bisa mencoba proses berikut untuk mengaktifkan fitur intel-vt:

1. download program EFI di sini, lalu copy pada folder \EFI\BOOT\ di usbflash yang sebelumnya diformat fat32, tidak perlu bootable dan tidak perlu kosong.

2. Colokkan usb berisi file tersebut pada vaio anda lalu restart, dan kalau tidak ada masalah akan tampil layar seperti ini: pesan file not found dicuekin aja.

efiset

ya, program kecil tersebut diambil dari project grub yang ditambahkan command baru untuk mengubah parameter maupun tampilan menu bios.

3. set parameter untuk mengaktifkan advanced menu dengan mengetik command ini pada grub rescue prompt:

ketikkan setup_var 0x25a 0x1

lalu tekan enter

seperti pada gambar di atas. Parameter ini mengakibatkan advanced menu(0x25a) menjadi aktif (0x1).

4. Setelah itu cabut usbflashnya dan tekan ctrl alt del untuk restart, dan tekan F2 pada saat booting untuk masuk ke bios setting. Ada dua menu tambahan, yaitu Advanced:

withadvanced

dan Power:

withpower

selanjutnya tinggal mengubah setting intel-vt dari disable menjadi enable pada menu Advanced.

5. Fitur intel-vt menjadi aktif di vaio anda.

Untuk konfirmasi apakah intel-vt telah aktif, anda perlu tools Processor ID Utility dari intel yang bisa di download di sini, beberapa tampilannya seperti ini:

procid

intelvt

otherfeature

 

Catatan: saya tidak bertanggung jawab atas segala akibat negatif jika anda mengikuti step-step di atas.

Share this post: | | | |
Published Saturday, October 3, 2009 10:03 PM by tahir

Comments

No Comments
Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems