Haer Talib

Database Application Developer/ MVP Office Access
See also: Other Geeks@INDC

February 2009 - Posts

Training Access Project

Sudah lama saya gak mampir ke sini.Mau nulis lagi bahkan harus cari-cari dulu cara masuknya :)

Saya mau share sedikit tentang program training Microsoft Access yang diselenggarakan oleh RumahAccess Indonesia (www.rumahaccess.com) yang dibantu oleh PT Mitra Integrasi Informatika (MII).

Program training tersebut merupakan cita-cita komunitas Access yang tergabung dalam milis/group terutama belajar-access@yahoogroups.com (milis tentang Access yang paling aktif, karena anggota dari milis yang lain juga tergabung di situ). Beberapa kali kopdar dibicarakan tentang pengadaan training tersebut, bahkan sempat mencuat (dan dilakukan) pendirian RumahAccess Training Center (RATC) yang dikomandani oleh mas Lusky Kurniawan. Namun RATC ini belum berhasil diwujudkan karena (terutama) kendala tempat. Namun dengung mau melakukan training sudah terlanjur keluar, dan agar tidak malu, maka training KUDU dilaksanakan, sesuai rencana, yaitu mulai Januari 2009.

Jika RATC 'masih' dikomandani oleh mas Lusky, dan kenyataannya doi lagi sibuk dengan project2nya, maka pelaksanaan training saya handle. Saya hubungi PT MII untuk sebuah kerjasama, dan setelah meeting dan email2an, maka di awal ini PT MII hanya menyediakan tempat saja, dengan sifat room rental (dengan potongan setelah saya 'tawar' :)

Program training pertama yang bisa saya suguhkan adalah tentang Access Project. Kebetulan saya pernah menulis buku tentang hal ini, dan menggunakannya dalam pekerjaan sehari-hari, plus termasuk topik yang diminati banyak rekan. Saya pun lalu meramu materi agar training bisa dilakukan hanya 2 hari. Jadilah 100 halaman slide PowerPoint.

Saat pendaftaran berakhir, ternyata hanya 4 orang yang melakukan pendaftaran. Dapat dimengerti karena ada biaya yang harus dibayar, dimana biaya ini untuk membayar biaya ruangan, fasilitas, serta makan-minum. Selain itu, waktu training adalah setiap hari Sabtu (karena saya bekerja pada hari Senin-Kamis), serta skill level yang disyaratkan adalah Intermediate.

Alhamdulillah training dapat berjalan dengan baik, dengan segala keterbatasan dan kekurangannya. Peserta yang hadir pun ternyata developer yang memang sudah matang, jadi materi yang saya siapkan untuk 2 hari, bisa dikebut hanya 1,25 hari. Selanjutnya hanya berisi diskusi dan 'bedah program' (kebetulan saya bawa beberapa program saya).

Untuk program training selanjutnya saya memilih topik "Access Security", karena dalam hal ini pun saya pernah menulis bukunya, dan tentang security di Access ini sering menjadi topik bahasan di milis. Mudah2an peserta bisa lebih banyak, soalnya hanya perlu waktu 1 hari, dan biaya tentu lebih murah. Kembali, biaya dari peserta ini dibutuhkan untuk membayar biaya2 yang diperlukan untuk melaksanakan training, jadi kalau tidak mencukupi, ya terpaksa trainingnya juga tidak bisa dilaksanakan. RumahAccess masih belum punya dana sendiri, termasuk saya (masa saya yang ongkosin? hehehe).

Well, mungkin ada rekan2 yang bisa memberikan ide dan masukan?

Thanks.

Share this post: | | | |