Haer Talib

Database Application Developer/ MVP Office Access
See also: Other Geeks@INDC

April 2009 - Posts

MyStore - Aplikasi POS dengan Access 2007

Lagi-lagi, setelah sekian lama absen dari Geeks Indonesia, saya harus cari-cari cara untuk melihat forum Access yang saya buat di sini dan blog saya sendiri :)

Saya sih tidak ingin menyalahkan layout atau disain situs ini, tapi terus terang, saya *pun* harus kesana-kemari dulu baru bisa menemukan yang dicari. Gimana mereka yang baru ke sini atau yang kurang familiar dengan portal seperti ini ya? Ujung-ujungnya akan klik sesuatu yang mudah diklik, menjanjikan -terutama utk download- atau berkomentar... dasar situs geeks!

Sudahlah. Saya kebetulan mampir dan teringat janji saya untuk eksplorasi Access 2007 dengan cara membuat sebuah aplikasi "jadi" dengan si "mpok" yang denok itu (Access 2007). (weh.. mpok kok denok ya... betawi jawa mode nih :).

Setelah sekian lama (lagi2 sekian lama), saya memang *hampir* berhasil membuat sebuah aplikasi utuh dengan Access 2007. Aplikasi tersebut belum seluruhnya selesai, masih ada beberapa trivia yang perlu dibuat, dipermak lagi, atau bahkan dieliminir? Tadi malam saya selesai membuat manual atau petunjuk pemakaiannya, eh belum selesai semua sih, masih perlu nambah sana-sini agar komplit, lalu dibuat PDF dan CHM-nya. Ternyata butuh waktu yang sangat lama karena saya hanya bisa mengerjakannya (sebagian besar) pada weekend, padahal hari libur itu dipakai juga untuk keluarga dan sosial. Begitulah.

Tapi saya cukup puas juga dan berkesimpulan, Access 2007 OK juga untuk membuat aplikasi. Saya sih tetap menggunakan Access 2003 untuk develop aplikasi di kantor, karena sebagian besar user masih pakai Office 2003 (meskipun kantor menggunakan software assurance (?) sehingga punya lisensi juga untuk 2007). Namun 2007 lebih cantik, walau masih ada beberapa hal aneh dan tidak se-stabil 2003.

Aplikasi yang saya buat adalah POS (Point of Sale) alias program kasir / penjualan untuk toko eceran... nah ini targetnya toko pribadi yang hanya (cukup) menggunakan sebuah komputer untuk memasukkan data penjualan, membuat laporan, sampai mengurusi stock. Toko2 seperti itu banyak di mall dan plaza, pakai komputer desktop atau laptop.Program dan database bisa dibawa pulang, bahkan cukup ditaruh di flash disk, colok di toko colok di rumah, bahkan bisa colok dimana-mana :)

Untuk kali ini saya kasih dulu beberapa screen capture yg saya buat untuk bikin manual/help nya.

Softwarenya sendiri nanti bersifat shareware, gratis untuk sekian record master barang, lalu registrasi dengan biaya progresif sesuai jumlah record barang yang diinginkan. Software bisa didownload di www.rumahaccess.com.

 

 

 

 

 

 


Share this post: | | | |