Kresna's Blog

Just trying to learn and learn
See also: Other Geeks@INDC

April 2011 - Posts

Add MenuItem to ApplicationBar in Expression Blend 4

 

Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan secara singkat mengenai trik untuk menampilkan dan menambahkan icon pada ApplicationBar di windows phone 7. Kali ini akan dibahas mengenai cara pada expression blend untuk menambahkan MenuItem di ApplicationBar. Karena secara default MenuItem pada ApplicationBar itu tidak ada.

Jika belum menambahkan ApplicationBar pada project windows phone, maka ikuti langkah saya sebelumnya. Jika ApplicationBar sudah ada maka, klik kanan pada Object ApplicationBar, pilih Add ApplicationBarMenuItem.

image

 

Akan muncul MenuItem di bawah Icon applicationBar, seperti gambar di bawah ini.

image

 

Pada property inspector, hanya terdapat property text yang dapat kita ubah. Ubah text tersebut sesuai keiinginan dan tambahkan beberapa menu item lagi untuk melihat perubahannya ketika aplikasi dijalankan.

image

 

Untuk setiap MenuItem, dapat diberikan eventHandler sendiri – sendiri. Pilih Events tab jika ingin membuat eventHandler, dalam hal ini yang tersedia hanyalah Click.

image

 

Silahkan buat apa yang diinginkan ketika menuItem tersebut di click

image

 

Tekan F5 untuk melihat hasilnya. Mudah bukan? Smile

Share this post: | | | |
Add Application Bar in WP7 using Expression Blend 4

 

Tips & trik kali ini akan membahas bagaimana kita membuat aplication bar pada aplikasi Windows Phone 7 dengan menggunakan Expression Blend 4. Langsung saja kita coba buat project Windows Phone baru pada Blend.

Pada MainPage.xaml, klik kanan di root yaitu [PhoneApplicationPage], pilih Add Application Bar.

image

 

Hasilnya Blend akan otomatis menambahkan [ApplicationBar] dan MenuItems di panel Objects and Timeline, dan meletakan object tersebut berada di bawah halaman pada windows phone.

image

 

Untuk menambahkan sebuah icon pada application bar, klik kanan pada object [ApplicationBar], pilih Add ApplicationBarIconButton.

image

 

Akan muncul icon seperti gambar di bawah ini.

image

 

Untuk mengganti gambar icon tersebut, pilih icon yang ingin digunakan pada property IconUri. Secara default Windows Phone SDK sudah menyediakan beberapa gambar icon untuk digunakan, contohnya adalah seperti gambar di bawah ini.

image

 

Untuk mengganti text dari Icon tersebut adalah ubah property Text yang terletak di bawah property IconUri.

image

 

Tekan F5 untuk melihat hasilnya. Text pada icon akan muncul jika titik – titik yang ada di sebelah kanan application bar ditekan. Mudah bukan? Smile

Share this post: | | | |
Page Navigation in WP7 using Expression Blend

 

Pada postingan ini akan membahas trik sederhana dalam membuat aplikasi di Windows Phone 7 dengan menggunakan Expression Blend 4 yaitu, membuat navigasi antar halaman dengan menggunakan expression blend. Oke, langsung saja kita mulai.

Buat sebuah Windows Phone project baru pada Blend, kemudian bikin sebuah button, beri saja dengan nama “Page 1”.

image

 

Kemudian tambahkan sebuah halaman xaml baru dengan cara, klik kanan pada project kita, pilih Add new item seperti gambar di bawah ini.

image

 

Pilih Windows Phone Page dan beri nama xaml tersebut (contoh: page1.xaml), kemudian tekan Ok

image

 

Kita ganti PageTitle pada halaman page1.xaml menjadi “Page 1”. kemudian kembali lagi ke halaman MainPage.xaml, klik kanan pada button yang bertuliskan '”Page 1”, pilih Navigate to, pilih page1.

image

 

Tekan F5 untuk melihat hasilnya. Mudah bukan? Smile

Postingan berikutnya akan dibahas lagi mengenai trik – trik mudah dalam expression blend untuk membuat aplikasi di Windows Phone 7.

Share this post: | | | |