RonaldWidha

percaya sama occam razor
See also: Other Geeks@INDC

June 2009 - Posts

capek sama “The item you've requested isn't currently available in the Indonesia Store”?

Dengan segala keterbatasannya, iTunes terpaksa menjadi mp3 library manager pilihan banyak orang. Dan yang paling nyebelin adalah gimana iTunes Indonesia belum mendukung opdcast. Gimana caranya untuk tetep make iTunes buat podcast?

Buka iTunes. Pilih advanced – Subscribe Podcast

itunes-podcast-1

dan masukin rss podcast kesukaan kamu.

itunes-podcast-2

Dalam hal ini mungkin http://feeds.feedburner.com/TemanMacet ?

Share this post: | | | |
Beraneka Ragam Podcast Indonesia

Blog ini kayaknya rada terabaikan setelah 2 posting pertama. Abis bingung juga mo nulis apa. Apalagi gimana caranya di-diferensiasi-kan sama blog utama www.ronaldwidha.net. Dengan domain geeks .net Indonesia, wajib isinya harus geeky donk?

Kebetulan aku diundang mewakili podcast yang aku asuh; Teman Macet di Pasar Malem, podcast-nya Bagus Chris Prakoso dan Aulia Masna. Kita membahas gimana situasi market di Indonesia untu perpodcast-an. Diskusinya cukup menarik tapi ada rasa ganjalan sedikit untuk engga ada kesempatan untuk ngangkat bbrp hal di diskusi tersebut.

Ide Dulu atau Media Dulu?

Tipikal permasalahan ayam dulu atau telur yang keluar duluan. Teman-teman podcaster lain melihat podcasting sebagai celah untuk berkreatifitas. Sedangkan prinsip teman macet berbeda dari kawan-kawan podcaster yang lain di Pasar Malem; berbuah dari keinginan untuk silahturahmi dengan para praktisi IT di Indonesia yang lain, dan podcast ini hanya menjadi sekedar efek samping.

Membesarkan Podcast di Indonesia

Media podcast rupanya masih cenderung asing di publik Indonesia. Tantangan yang besar untuk TemanMacet bisa hidup di iklim bandwidth Indonesia yang cenderung tidak bisa diandalkan. Tapi ternyata banyak yang subscribe ke feed TemanMacet dan setiap minggunya komunitas pendengarnya semakin besar. Apakah berarti aku ingin membesarkan media podcast di Indonesia? Jujur tidak. podcast ini menjadi media pilihan saya karena keterbatasan yang ada. Tapi bila ada media yang lebih baik di masa depan, aku tidak akan ragu beralih. Mungkin saja kan di akhir taun saya akan mengirimkan Wave daripada posting di blog seperti ini? siapa tau? ;)

Saya Anak Indonesia

Engga mudah bangga menjadi orang Indonesia di negara asing. Terutama di mana ketika ras sering dikaitkan dengan status sosial. Tapi setelah menggali komunitas teknologi di Indonesia, saya bisa dengan mudah bangga menjadi bagian dari kita semua. Kualitasnya terbukti dari penghuni portal ini. Dari post-post yang technically challenging, sampai puluhan ebook dan code yang kita hasilkan bersama.

linknya di sini:
pasar malem episode 12 (part 1)
pasar malem episode 12 (part 2)

Apakah podcast menjadi media pilihan kamu?

Share this post: | | | |