RonaldWidha

percaya sama occam razor
See also: Other Geeks@INDC

Tips untuk website publik: melihat Geeks Library

Baru aja ngebuka website Ronald dan Narenda yang baru: Geeks Library. Dan wow…kontennya lengkap (inventori dari netindonesia.net/geeks), designnya sangat modern (web 2.0-ish), pake istilah Indonesia dan juga dibuat dengan asp.net MVC!

image

Ada beberapa hal yang terpikirkan ketika aku browsing website ini

Urlnya koq susah?

imageNama domain yang rumit memiliki beberapa malasah. Selain sulit untuk diingat, nama domain yang rumit juga sering susah untuk dieja baik dalam percakapan verbal maupun dalam podcast. Pilih domain name yang sederhana, dan berusaha hindari url yang kepanjangan. Lebih penting lagi usahakan korelasi langsung antara judul website dengan url-nya.

Kalo tidak ada pilihan lain, karena legacy support atau benefit Search Engine Optimization, coba deh investasi ke domain lain sekedar untuk vanity url dan redirect ke website aslinya.

Ajak penggunanya untuk berpartisipasi

image

Website seperti blogger atau bahkan geocities membuka jalan demokratisasi informasi yang juga dikenal dengan era Web 2.0. Melalui website seperti friendster dan facebook kita juga bisa melihat bahwa partisipasi pengguna menjalin hubungan kepercayaan dan kesetiaan yang lebih kuat. Para early adopter ini lah yang bakal menjadi sneezer membangun kelompok pengguna yang lebih besar.

Oleh karena itu, kita tidak boleh menganggap remeh pentingnya untuk sebuah website menggelitik dan merangkul partisipasi penggunanya. Fitur komen, rating, share to twitter, pingback/trackback bisa menjadi 3 fitur sederhana yang mudah untuk diimplementasi.

Salah satu hal yang aku sayangkan untuk blog Geeks .Net Indonesia adalah commenting systemnya yang sangat buruk. Mengganti comment system dengan Disqus bakal go a long way. Fitur new comment notification buat empunya blogger dan juga commentor bakal nge-boost interaksi antar membernya.

Optimisasi untuk search engine

imageWebsite seperti Geeks Library yang memuat konten beragam jenis adalah website yang tepat untuk menarik pendatang baru dari search engine. Penggunaan Url, HTML tags untuk struktur dan judul harus dioptimisasikan untuk melakukan itu.

Ini adalah salah satu pitfall yang sering dihadapi oleh developer Asp.Net ketika beralih ke Asp.Net MVC. Di tipikal development Asp.Net, banyak tim tidak memperhatikan url. Url dianggap sebagai resource locator untuk sang programmer. Di Asp.Net MVC, Url menjadi first class citizen. Kita harus menggunakan fleksibilitas ini untuk mengoptimisasi search engine.

Kesimpulan

Ada jg beberapa hal-hal kecil lain yang ingin aku cermati; seperti logo utama kalo di klik tidak membawa pengguna ke halaman utama, mending pake subdomain daripada virtual folder (i.e library.netindonesia.net terlihat lebih cantik), tapi itu semua mungkin masalah yang menyangkut selera individu dan mungkin terlalu sepele untuk dikritik apalagi ini baru release pertama.

Aku punya banyak harapan untuk Geeks Library. Ebook sudah menjadi resource penting untuk para programmer Indonesia untuk belajar dengan membaca atau menulis ebook-ebook baru. Geeks Library tepat mengisi kekosongan di market ini apalagi dengan dukungan parent websitenya yang komunitasnya sudah besar.

Apakah kamu sudah visit Geeks Library?

Share this post: | | | |

Comments

ronald said:

hi ronald,

saran yang sangat menarik untuk Link ASP-nya

akan saya tindak lanjuti di weekend ini yah.

thx berat sarannya yah bos :)

# December 2, 2009 3:02 PM

ronaldwidha said:

Maju terus nald..keren konsepnya.

# December 2, 2009 4:12 PM

kresna said:

hehehe.. sesama ronald saling membantu. :P

# December 2, 2009 8:35 PM

ronaldwidha said:

@kresna sesama dotnetters saling membantu ;)

# December 2, 2009 10:13 PM