RonaldWidha

percaya sama occam razor
See also: Other Geeks@INDC

Kategori dan Tagging

time-warp

Kembali menanggapi tulisan Navinot yang terbaru: Shocking, Nobody Uses Category Anymore! yang membahas tentang bagaimana blog-blog besar seperti RWW dan GigaOm tidak lagi menggunakan kategori.

Old Media dan kategori

Media lama seperti koran dan majalah masih menggunakan kategori. Rubrik teknologi, surat pembaca, berital lokal, bisnis, infotainment dsb. Kenapa? Karena sebuah koran dituntut untuk menceritakan sebuah cerita apa adanya tanpa pengaruh opini atau analisa dari berbagai disiplin yang berbeda. Nanti malah dituduh distorsi dan propaganda.

Bentuk media juga menuntut sistem klasifikasi yang lebih sederhana. Kategori, folder, document set adalah sistem pengklasifikasian yang sarat keterbatasan dunia fisikal. Gimana caranya bikin klasifikasi many-to-many di koran kalo tidak ada hyperlink atau search engine?

Persimpangan dan tagging

Blog banyak mengandung opini dan lebih tepat untuk diklasifikasi sebagai materi editorial. Sebuah editorial yang menarik biasanya berada di persimipangan beberapa disiplin; mengandung pencermatan beberapa perspektif yang berbeda. Alhasil tagging terasa lebih relevan untuk mendukung tipe materi yang seperti ini.

Tagging tidak memaksa memasukkan sebuah blog post ke dalam 1 golongan, tapi justru sebaliknya menjelaskan secara singkat apa yang dikandung oleh sebuah post untuk memudahkan pencarian.

Single Responsibility Principle dan Web vNext

Kalo di dalam programming ada istilah yang namanya Single Responsibility Principle (SRP). Salah satu contoh pengaplikasiannya begini: sebuah method lebih baik tidak mengandung kata ‘And’, karena berarti memiliki lebih dari satu tujuan.

Di ekonomi baru, sebuah perusahaan cenderung konsentrasi kepada sebuah niche. Jangan rakus mau melahap semua, malah kalap kalah di setiap pertarungan. Blog yang baik *mungkin* juga lebih baik tidak mengandung kategori, karena menjadi smell pelanggaran SRP. Konsen satu aja, jangan rakus dan bikin bingung pembacanya.

Share this post: | | | |

Comments

Twitter Trackbacks for Geeks Blog: Kategori dan Tagging #INDC [netindonesia.net] on Topsy.com said:

Pingback from  Twitter Trackbacks for                 Geeks Blog: Kategori dan Tagging  #INDC         [netindonesia.net]        on Topsy.com

# July 24, 2010 11:20 PM