LIN{UX,Q} : It's time for a refreshment(1)

Weekend kemarin, sempat beli majalah infolinux 02/08 karena ada lampiran dvd yang isinya fedora core 8. Dari space 250gb di notebook saya, masih ada 30gb yang belum diformat, cocok untuk rumah fedora. Ketika hendak menjalankan dvd, ternyata dvdnya tidak bisa terbaca, dari explorer pun tidak terbaca, wah kalau bukan kepingan dvdnya yang defect, dvd readernya yang rusak, atau kombinasi keduanya.  Sebelum dibalikin, saya coba dulu di pc lain, ternyata dvd tersebut bisa dibaca di desktop dan dari sana dibuatin duplicate ke kepingan dvd yang baru. Dvd yang baru yang merupakan hasil copyan ini bisa dibaca di notebook saya dengan baik. Jadilah booting dvd, langsung masuk instalasi fedora, buat partisi root, /home dan swap. Instalasi berjalan lancar dan sama sekali tidak merusak vista, dengan grub, notebook saya automatis jadi dualboot, tentu saja saya set vista sebagai default. fedora2

Ini adalah notebook kedua saya yang di dalamnya ada rumah linux. Pertama kali install linux di notebook adalah Mandrake 5 yang berjalan di Dell inspiron dengan processor pentium II 133MHz, itu 10 tahun lalu, dukungan X-windowsnya sudah bagus, pcmcia modemnya juga bisa digunakan untuk dialup ke internet dengan wvdial. Notebook2 saya berikutnya tidak pernah lagi ada rumah linux, linux cuma numpang kost di dalam virtual machine dan diakses hanya dengan ssh.

Setelah instalasi, tantangan pertama adalah bagaimana mencapai dunia luar. Karena ini adalah notebook modern, alat komunikasinya pun tidak lagi hanya wired ethernet, infrared, atau pcmcia modem seperti 10 tahun lalu, tetapi sudah harus bisa wifi, bluetooth dan 3G HSDPA modem.

Fitur bluetooth yang ada di fedora 8 langsung aktif ketika switch bluetooth dinyalakan dan setelah pairing, bisa langsung browsing ke file2 yang ada di handphone. Sayang belum bisa langsung dialup internet lewat bluetooth tsb seperti yang umum kita jumpai pada bluesoleil, widcomm, atau yang sudah builtin di windows.

Fedora 8 sudah mendukung Fitur 3G HSDPA dengan baik, setidaknya huawei e220 yang saya gunakan dikenali dan diaktifkan oleh kernel begitu modem dipasang, cuma sebelum menggunakannya, configurasi dialup harus diconfigure secara manual melalui menu system, admin, network atau dari prompt system-config-network. Tidak perlu manual load kernel modul atau buat ppp dan chat script segala macam. fedora1

Supaya bisa nongkrong di mall yang ada hotspot, support wifi adalah sebuah keharusan. Bagaimana di fedora 8? Notebook saya dilengkapi intel3945 untuk komunikasi nirkabel. Sayangnya ada bugs di NetworkManager yang disertakan pada distro standard Fedora 8, sehingga wifinya tidak bisa diaktifkan. Setelah saya update NetworkManager ke versi terakhir, wifi pun bisa berfungsi dengan baik.

Ini adalah refreshing pertama weekend ini. LINUX, Fedora 8 Connectivity Experience.

Kita lanjutkan ke refreshment kedua yang berhubugan dengan dunia lain pada artikel berikut.

Share this post: | | | |
Published Monday, February 11, 2008 1:29 PM by tahir

Comments

# re: LIN{UX,Q} : It's time for a refreshment(1)

Monday, February 11, 2008 11:05 PM by bsrd

Wah pa tahir,

Saya juga baru refresh instal linux di laptop.

Seminggu lalu baru instal Ubuntu 7.04, dpt dari seorang temen.

Bedanya ini diinstal di laptop kakak ipar, karena beliau ga punya windows legal.

Ga terlalu banyak koprek, skarang lebih enak instalnya, cuman beberapa kali format partisi, tapi akhirnya instalasi beres, sampai bisa langsung berselancar lewat jaringan.

Btw, defaultnya fedora juga Gnome ya?

# re: LIN{UX,Q} : It's time for a refreshment(1)

Tuesday, February 12, 2008 10:29 AM by tahir

iya, defaultnya gnome

# re: LIN{UX,Q} : It's time for a refreshment(1)

Tuesday, February 26, 2008 5:00 PM by ps

Pa Tahir, sy kebetulan baru install fedora 8, dan kebingungan untuk setting wifinya, kalo ada waktu mohon dijelaskan step by step untuk mengaktifkan wifi nya.

Trims

# re: LIN{UX,Q} : It's time for a refreshment(1)

Monday, March 3, 2008 6:47 AM by tahir

Download dan install rpm terakhir dari NetworkManager.

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems